Manfaat Buah Srikaya

Oleh /

Buah Srikaya adalah salat satu buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Manfaat Buah Srikaya bagi kesehatan memang sangat banyak, sehingga tak heran jika banyak yang memilih mengkonsumsi Buah Srikaya sebagai pendukung kesehatan. Buah Srikaya ternyata masih berhubungan dengan buah sirsak.

Setiap Buah Srikaya mempunyai 15 hingga 40 biji, tergantung besarnya. Buah Srikaya sangat kaya dalam hal kemampuan pengobatan, nutrisi, dan terapi sehingga banyak orang mencari buah ini. di artikel ini, anda akan menemukan kandungan gizi serta berbagai manfaat srikaya yang membuatnya begitu populer.

Kandungan Gizi Srikaya

Srikaya adalah suatu sumber mineral dan vitamin yang amat baik, dan itu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Beberapa kandungan dalam srikaya adalah:

  • Mangan
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Folat
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Tiamina
  • Zink
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Fosfor
  • Asam pantotenat

Berbagai Manfaat Kesehatan Buah Srikaya

1. Menjaga kesehatan ibu hamil

Srikaya mengandung folat atau asam folat dalam jumlah yang banyak. Asam folat merupakan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil serta janinnya. Bahkan disarankan bagi wanita yang sedang mencoba untuk hamil untuk mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup, karena vitamin ini bisa membantu mencegah cacat dalam perkembangan atau kelahiran bayi.

Ibu menyusui juga disarankan untuk mengkonsumsi Buah Srikaya karena bisa membantu dalam proses produksi ASI

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Srikaya adalah sumber yang baik dari vitamin B6, dan vitamin B6 sangat berguna untuk mencegah akumulasi homosistein dalam darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa darah yang banyak mengandung asam amino akan meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner. Jumlah magnesium yang banyak ditemukan pada srikaya pun membantu merawat otot jantung dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

3. Bermanfaat bagi kulit

Srikaya adalah sumber yang baik dari zat gizi dan vitamin penting seperti vitamin A, C, B, serta berbagai antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat awet muda. Konsumsi srikaya secara teratur sangat efektif untuk mencegah penuaan dini, mencegah terbakar sinar matahari, dan bisa membantu dalam rejuvenasi sel kulit.

Buah ini juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah zat yang menjaga elastisitas kulit. Kolagen juga mengurangi kumpulan melanin yang bisa menyebabkan pigmentasi serta noda hitam.

4. Mencegah asma

Srikaya adalah sumber antioksidan serta vitamin C yang baik, sehingga bisa membantu mengurangi risiko serangan asma. Individu yang menderita asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak srikaya dalam asupan makanan mereka.

5. Mengatur kadar gula darah

Buah Srikaya mengandung serat pangan dalam jumlah besar, sehingga sangat efektif untuk meminimalisir gejala dari diabetes tipe 2. Buah ini juga bisa mengurangi proses penyerapan gula dalam tubuh.

6. Mengatur tekanan darah

Kadar kalium yang ada dalam srikaya membuat buah ini sangat efektif untuk mengatur tekanan darah.

7. Meningkatkan energi

Srikaya adalah sumber tiamina yang sangat baik, sehingga bisa membantu mengkonversi gula menjadi energi yang bisa digunakan tubuh anda. Srikaya adalah sumber energi, juga merupakan buah yang bisa memerangi rasa lelah, letih, dan lemah.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Srikaya mengandung banyak kalsium dan magnesium yang sangat penting bagi kesehatan tulang, mempertahankan kekuatan tulang, juga meningkatkan kepadatan tulang

9. Mengatur tingkat kolesterol

Kandungan niasin yang tinggi dalam Buah Srikaya sangat penting untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi bagi anda yang memiliki masalah dengan tingkat kolesterol, sangat disarankan untuk mengkonsumsi Buah Srikaya secara teratur.

10. Mencegah terjadinya kanker

Buah Srikaya mengandung alkaloid serta asetogenin yang sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel tumor serta bisa mengurangi risiko timbulnya kanker. Selain buahnya, kulit pohon srikaya mengandung senyawa tannin serta astringen yang sudah terbukti efektif dalam mengobati serta mencegah perkembangan sel tumor dan kanker.

11. Mengobati sakit gigi

Kulit Buah Srikaya telah terbukti sangat efektif untuk mengobati berbagai sakit pada mulut dan gigi. Cukup haluskan sejumlah kulit Buah Srikaya, campur dengan air, lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit untuk meringankannya.

12. Mencegah anemia

Srikaya adalah sumber zat besi yang baik, yang berarti buah ajaib ini bisa membantu mencegah dan mengatasi anemia, suatu penyakit karena kekurangan sel darah merah.

13. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Srikaya adalah sumber vitamin C dan riboflavin yang baik, sehingga bisa membantu mencegah beberapa masalah mata seperti degenerasi makular, penglihatan yang buruk, rabun senja, serta menjaga kemampuan penglihatan anda.

14. Melancarkan pencernaan

Srikaya bisa membantu sistem pencernaan mencerna makanan yang masuk ke tubuh anda, karena kandungan serat pangannya yang tinggi. Buah ini juga bisa membantu menghilangkan toksin (racun) pada usus anda, sehingga proses pencernaan bisa berjalan dengan lebih lancar. Buah Srikaya juga membantu mengurangi risiko penyakit sembelit, maag, serta sakit perut secara umum.

15. Mengobati infeksi

Buah Srikaya bisa digunakan untuk mengobati infeksi kulit atau penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan abses karena kandungan vitamin C yang tinggi. Rebusan daunĀ  srikaya juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi secara umum seperti pilek, demam, dan disentri.

16. Mempunyai sifat detoks

Srikaya sangat kaya akan antioksidan dan serat larut dalam air yang membuatnya sangat efektif digunakan sebagai laksatif. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Buah Srikaya secara teratur bisa membantu menghilangkan toksin yang berbahaya dalam tubuh, sehingga tubuh anda akan lebih sehat dan kuat.

17. Membasmi kutu rambut

Bubuk dari srikaya muda yang dikeringkan bisa dicampurkan dengan minyak kelapa atau air untuk membuat sebuah pasta yang berfungsi untuk membasmi kutu rambut. Diamkan pasta ini pada kulit kepala anda selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya. Ulangi prosedur ini setiap hari hingga kepala anda sudah bersih dari kutu

18. Ideal sebagai bahan perawatan rambut

Minyak dari Buah Srikaya bisa dioleskan secara langsung pada kulit kepala untuk menjaganya tetap lembab sehingga terlihat mengkilap dan menawan. Buah Srikaya juga bisa mencegah peradangan pada kulit kepala, mencegah kerontokan rambut, menstimuasi pertumbuhan rambut, mencegah ketombe, mencegah rambut beruban sebelum waktunya, mencegah ketombe, serta memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut.

Manfaat Buah Srikaya ini ada karena kandungan vitamin C, tembaga, dan zat besi yang ada di dalamnya.

19. Mendukung wanita pada masa menstruasi

Daun srikaya bisa diseduh dan diminum oleh wanita pada masa haid untuk melancarkannya. Mineral dan zat gizi penting seperti zat besi, tembaga, dan lain lain yang ditemukan dalam buah ini juga sangat penting saat menstruasi karena dibutuhkan untuk mengganti minerval serta zat gizi yang hilang.

20. Membantu penyembuhan luka

Daun srikaya bisa diperas dan dioleskan kepada luka untuk membantu penyembuhan serta mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam luka itu. Buah Srikaya yang masih muda juga bisa diaplikasikan pada kulit untuk menyembuhkan gigitan dan sengatan serangga.

21. Dimanfaatkan untuk kuliner

Karena rasanya yang sangat manis, Buah Srikaya bisa dimakan dalam bentuk segar maupun digunakan untuk membuat santapan lain seperti minuman, es krim, bubuk vla, permen, dan makanan penutup.

22. Mencegah serangan asma

Manfaat Buah Srikaya yang bisa dirasakan oleh penderita sakit asma adalah mencegah serangan asma terjadi pada saat yang tak diinginkan. Kandungan vitamin B6 pada srikaya akan mencegah serangan asma dan meminimalisir peradangan pada bronkus.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *