Manfaat Buah Strawberry

Oleh /

Buah strawberry merupakan buah yang kaya akan manfaat. Manfaat buah strawberry sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Maka dari itu, buah ini banyak dicari untuk dikonsumsi. Buah strawberry dapat dikonsumsi dengan dijadikan jus buah, selai, salad, ataupun dapat dimakan langsung. Buah strawberry dapat dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah strawberry biasanya tumbuh di dataran tinggi dan bersuhu tinggi. Meskipun demikian, bukan berarti buah strawberry sulit ditemukan di daerah dengan dataran rendah. Saat ini, Anda tidak perlu pergi ke dataran tinggi untuk mendapatkan buah strawberry, Anda dapat menemukannya di supermarket atau toko buah terdekat.

Kandungan Kimia

1. Kaya akan vitamin

Buah strawberry kaya akan vitamin. Vitamin yang terkandung di dalam buah strawberry diantaranya vitamin A, B (B2, B3, B5, B6), C, dan K. Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk mata. Selain itu, vitamin A juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Vitamin A dipercaya dapat mengatasi jerawat, dan menjaga elastisitas kulit agar tidak mudah keriput.

Vitamin C yang terdapat di dalam satu buah strawberry juga lebih banyak dibandingkan satu buah jeruk, karena buah strawberry mengandung 94 miligram vitamin C atau 1,5 dari kebutuhan vitamin C harian yang biasa dikonsumsi.

2. Antioksidan

Banyak buah yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kulit. Akan tetapi, buah yang paling banyak mengandung antioksidan adalah buah strawberry. Antioksidan yang terkandung dalam strawberry dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, sebagai antiinflamasi, dan bagus untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

3. Kalori

Buah srawberry sangat bagus dijadikan sebagai menu diet, karena delapan buah strawberry sama dengan satu gelas yang hanya mengandung kalori tanpa terdapat kolesterol atau lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh.

4. Serat

Di dalam buah strawberry terkandung serat yang bagus untuk tubuh. Satu gelas jus strawberry mengandung sekitar empat gram serat. Serat tersebut sangat baik untuk membantu menurunkan berat kadar lemak, kolesterol, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Kalsium

Buah strawberry mengandung 23, 24 gram kalsium. Kalsium sangat baik untuk membantu pembentukan tulang, mencegah osteoporosis, menormalkan tekanan darah, dan baik untuk membantu mengaktifan saraf.

Manfaat Buah Strawberry

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah strawberry salah satunya adalah menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terkandung di dalamnya, yaitu vitamin A. Vitamin A memang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat mencegah radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit pada mata.

2. Mencegah Kanker

Zat antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terdapat di dalam strawberry adalah vitamin C, folat, antosianin, kuersetin, dan kaempferol. Antioksidan tersebut berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan muncul dan berkembangnya sel kanker dan tumor.

3. Mencegah Arthritis atau Radang Sendi

Penyakit arthritis atau radang sendi disebabkan oleh adanya degenerasi jaringan dan otot, pengeringan cairan, dan akumulasi racun serta radikal bebas. Antioksidan yang terkandung di dalam strawberry dapat menangkal radikal bebas tersebut secara alami. Antioksidan juga dapat mendetoksifikasi tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit.

Selain itu, zat antiinflamasi yang terdapat di dalam buah strawberry juga dapat mencegah terjadinya radang sendi. Zat antiinflamasi tersebut berfungsi untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat radang sendi dan asam urat.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Buah strawberry mengandung banyak sekali vitamin-vitamin, terutama vitamin C. Vitamin C dikenal dapat memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menangkal berbagai penyakit. Vitamin C berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel darah putih. Sel darah putih berperan sebagai penangkal berbagai macam virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu penyebab utama menurunnya fungsi otak adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat ,menyebabkan penuaan dini pada otak  beserta saraf yang bekerja di dalamnya. Di dalam buah strawberry terkandung antioksidan dan vitamin C yang dapat melawan radikal bebas. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga berfungsi menetralkan efek oksidan dan meremajakan sistem yang dapat meningkatkan fungsi otak.

6. Menjaga dan Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam buah strawberry dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh. Buah strawberry mengandung serat yang sangat tinggi dan rendah akan kalori, sehingga sangat baik untuk menjaga pencernaan. Selain baik untuk menjaga dan melancarkan pencernaan, serat yang terkandung di dalam strawberry juga dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas serta kandungan serat yang tinggi namun rendah akan kalori merupakan paket kesehatan yang bagus untuk menjaga jantung tetap sehat. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengurangi kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan vitamin B yang terdapat di dalam strawberry juga dapat memperkuat otot jantung, sehingga jantung dapat bekerja lebih baik. strawberyy sendiri mengandung banyak sekali vitamin B, yaitu B2, B3, B5, B6.

8. Mencerahkan Wajah yang Kusam

Manfaat buah strawberry tidak hanya untuk kesehatan, strawberry juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tak heran apabila banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan strawberry sebagai bahan utamanya. Strawberry sangat bagus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit.

Anda dapat menggosokkan buah strawberry yang sudah dibelah menjadi dua pada wajah setiap malam. Selain itu, Anda juga dapat memarutnya terlebih dahulu kemudian menjadikannya sebagai masker. Apabila tak ingin repot, Anda juga dapat memakannya secara langsung untuk mendapatkan kulit yang cerah dan anti kusam.

9. Mencegah Jerawat

Buah strawberry memiliki fungsi yang tak kalah baik dari lemon untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit. Kandungan minyak yang berlebihan pada wajah dapat menimbulkan timbulnya jerawat. Vitamin C serta kandungan asam yang terdapat di dalam strawberry dapat mengontrol kelebihan minyak pada wajah.  Anda dapat menggunakannya sebagai masker untuk mendapatkan wajah bersih yang bebas jerawat.

10. Mengatasi Kerutan Halus pada Wajah

Munculnya kerutan halus pada wajah disebabkan oleh adanya radikal bebas yang terserap oleh kulit wajah. Strawberry memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya kerutan halus pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dapat meregenerasi kulit sehingga dapat dijadikan anti aging secara alami.

11. Memutihkan Gigi

Mengkonsumsi buah strawberry secara rutin dipercaya dapat memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dapat merontokkan plak pada gigi yang menyebabkan gigi berwarna kuning. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang langsung, diperlukan waktu yang mengkonsumsi strawberry secara rutin untuk mendapatkan gigi yang putih.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *