Manfaat Buncis

Oleh /

Mungkin anda sudah sering mengkonsumsi Buncis, tetapi apakah anda sadar akan manfaat Buncis yang begitu banyak? Manfaat kesehatan dari Buncis termasuk mengurangi penyakit jantung dan kanker usus besar, serta membantu mengontrol penyakit kencing manis. Buncis juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan radikal bebas.

Jenis sayuran yang banyak mengandung zat gizi ini sudah terbukti dapat membawa keuntungan bagi mata dan tulang anda, juga membantu sistem pencernaan anda. Buncis juga sudah terbukti dapat mengurangi kemungkinan cacat lahir. Selain itu, Buncis juga baik dikonsumsi dalam program diet karena sangat rendah kalori.

Kandungan Gizi Buncis per 100 Gram

  1. 28 kalori
  2. 55 g lemak
  3. 66 g karbohidrat
  4. 6 g serat
  5. 94 g gula
  6. 42 g protein
  7. 17 milligram kalsium
  8. 2 mg zat besi
  9. 18 mg magnesium
  10. 30 mg fosfor
  11. 130 mg potassium
  12. 24 mikrogram (mcg) vitamin A
  13. 5 mcg vitamin K
  14. 32 mcg folat

Berbagai Macam Manfaat Buncis

Buncis bisa memberikan anda sangat banyak zat gizi, selain mempunyai kelebihan yaitu bisa digunakan di berbagai macam masakan. Mari melihat beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi Buncis.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Buncis bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena mengandung flavonoid dalam jumlah yang tinggi. Flavonoid adalah jenis antioksidan polifenolik yang umum ditemukan dalam buah dan sayur.

Buncis sendiri mengandung flavonoid dalam jumlah besar serta mempunyai efek anti peradangan. Subjek tes dengan tingkat flavonoid yang tinggi dalam tubuh mereka mendapatkan hasil anti-trombotik, mencegah pembekuan darah pada arteri dan vena.

Penyakit kardiovaskuler, serangan jantung, dan serangan stroke paling banyak disebabkan oleh aktivitas trombotik, yang berarti konsumsi Buncis dalam jumlah yang cukup bisa mencegah terjadinya berbagai kondisi yang berbahaya ini.

2. Mencegah kanker usus besar

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi Buncis sangat bermanfaat untuk mencegah polip penyebab kanker yang bisa menjadi kanker usus besar. Banyak juga yang menghubungkan konsumsi Buncis dengan pencegahan kanker, walau masih belum banyak pembuktian dari hal itu.

Namun baru-baru ini ada beberapa bukti bahwa meningkatkan konsumsi Buncis bisa mengurangi timbulnya adenoma penyebab kanker serta kanker pada usus besar.

Kedua, kandungan serat yang tinggi pada Buncis bisa mempengaruhi sistem pencernaan anda secara positiff. Banyak macam serat bisa memperlancar proses pencernaan serta melancarkan BAB karena mengurangi tekanan dalam saluran pencernaan. Beberapa penelitian telah menunjukkan hasil positif yang ada karena peningkatan konsumsi Buncis.

3. Mengontrol diabetes

Sayuran yang penuh gizi ini telah terbukti dapat membantu dalam mengatur dan meringankan gejala diabetes pada banyak pasien. Pada pasien dengan diabetes, konsumsi Buncis akan secara signifikan menurunkan gula darah. Diabetes bisa jadi sangat merepotkan bagi penderitanya karena harus mempertahankan gula darah pada ambang batas aman.

Pengatur diabetes yang alami sangat jarang ditemukan, maka manfaat Buncis yang satu ini merupakan berita baik bagi banyak orang.

4. Meningkatkan imunitas

Adanya banyak antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada Buncis sudah terkenal sejak lama, namun setelah lebih banyak penelitian dilakukan, semakin jelas bahwa ada banyak lagi sifat antioksidan yang dibawa oleh Buncis selain yang sudah diketahui.

Antioksidan adalah senyawa yang berguna dalam tubuh kita untuk menghilangkan radikal bebas serta mencegah radikal bebas menyebabkan penyakit atau kerusakan jaringan dalam tubuh kita.

Buncis adalah sumber flavonoid dan karotenoid yang baik. Flavonoid mengandung antioksidan dasar seperti quercetin dan kaempferol, tetapi juga yang lebih berguna seperti katekin dan epikatekin. Katekin telah terbukti dapat meringankan gejala stroke. Selain itu, katekin yang ditemukan dalam Buncis mengandung antioksidan lain seperti beta karoten dan lutein.

5. Menjaga kesehatan mata

Beberapa jenis karotenoid yang ditemukan dalam Buncis bisa mencegah degenerasi macular, yaitu penurunan fungsi mata dan penglihatan secara keseluruhan. Lutein dan zeaxanthin fokus bekerja pada bagian makula pada mata, dan memainkan peran penting dalam mencegah tekanan berlebih pada mata.

Inilah salah satu manfaat mengkonsumsi Buncis  menjaga tingkat karotenoid dalam tubuh anda tetap cukup untuk mencegah penyakit mata.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium yang juga ditemukan dalam Buncis adalah zat penting yang mencegah penurunan fungsi tulang dan osteoporosis. Buncis juga mengandung vitamin K, A, dan silikon. Kekurangan senyawa-senyawa tersebut bisa menyebabkan pengeroposan dan pelemahan otak.

Silikon juga merupakan mineral yang paling banyak kita dengar, namun jarang bisa menemukannya dalam jumlah yang cukup dalam makanan. Salah satu sumber makanan yang banyak mengandung silikon adalah Buncis, maka sangat disarankan mengkonsumsi Buncis untuk membantu regenerasi tulang dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

 7. Mengobati masalah pencernaan

Buncis sangat kaya akan serat, suatu senyawa yang sangat berguna dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi cukup banyak serat dalam makanan kita, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, maupun maag bisa diatasi. Penyakit pencernaan beragam dari yang paling ringan hingga yang mematikan, dan salah satu pencegahannya adalah dengan cara mengkonsumsi cukup serat.

Dalam 100 gram Buncis, anda akan mendapatkan sekitar 15 persen kebutuhan serat harian. Buncis memang salah satu sayuran yang paling baik dalam menjaga kesehatan pencernaan.

8. Asupan nutrisi selama kehamilan

Buncis adalah sumber asam folat yang baik. Asam folat memainkan peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh, namun tak ada yang lebih penting dari melindungi perkembangan janin dalam kandungan.

Kecukupan asam folat dalam tubuh ibu hamil sangat penting bagi pertumbuhan janin yang normal dan sehat, khususnya dalam mencegah kelainan perkembangan saraf. Mengkonsumsi Buncis adalah cara paling enak dan mudah untuk menjaga tingkat asam folat tetap tinggi, serta menjamin kesehatan janin.

Efek Samping Buncis

Manfaat Buncis memang sangat dominan dibandingkan dengan efek sampingnya. Efek samping Buncis pun sangat jarang terdengar. Namun bisa jadi anda sensitif terhadap salah satu efek ini, maka sebaiknya hindari juga konsumsi Buncis yang terlalu banyak. Meskipun demikian, kasus efek samping dari Buncis sangat jarang ditemukan sehingga anda tak perlu takut mengkonsumsinya.

1. Asam fitat

Asam fitat ditemukan dalam Buncis, dan zat ini bisa menyebabkan kekurangan gizi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Asam fitat bisa berikatan dengan kalsium, zink, dan berbagai mineral penting lainnya sehingga tak bisa diserap oleh tubuh.

Meskipun kandungan asam fitat dalam Buncis sangat rendah, namun jika anda memiliki suatu kondisi yang menyebabkan kekurangan mineral, tambahan asam fitat dalam makanan anda bukanlah pilihan yang tepat. Untuk mengurangi kadar fitat dalam Buncis, masaklah hingga matang sebelum mengkonsumsinya.

2. Lektin

Lektin adalah protein pengikat karbohidrat yang banyak ditemukan pada Buncis, dan zat ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada sistem pencernaan. Buncis sendiri mengandung lektin dalam jumlah yang lebih rendah dari bahan makanan yang lain, namun tetap saja terkandung cukup banyak lektin dalam Buncis terlalu banyak konsumsi lektin bisa menyebabkan banyak penyakit pencernaan.

Bahkan protein bisa mengikat sistem pencernaan. Seperti asam fitat, memasak Buncis dengan suhu tinggi dan merendamnya di air bisa mengurangi kandungan lektin dan membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

3. Alergi

Seperti halnya makanan lain, beberapa orang bisa jadi alergi terhadap Buncis dan kacang-kacangan lainnya. Jika anda mempunyai alergi terhadap kacang, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengatasi alergi makanan anda.


Tinggalkan Komentar