Manfaat Bunga Krisan

Oleh /

Sejauh ini telah banyak di temukan tumbuhan herbal yang memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Salah satunya adalah bunga krisan yang tentu bisa dengan mudah di temui di sekitar Anda. Dalam hal ini, manfaat bunga krisan bagi kesehatan tidak dapat di sembunyikan lagi. Sudah banyak yang membuktikan betapa manjurnya khasiat bunga tersebut.

Dalam proses konsumsi, pada umumnya bunga krisan di buat dalam bentuk teh, sehingga di sebut teh krisan. Namun, untuk masalah manfaat, tentu saja masih tetap sama. Dan ulasan lebih lanjut mengenai manfaat bunga krisan bisa Anda simak di bawah ini.

Apa Saja Kandungan Dalam Bunga Krisan

Manfaat dari setiap tumbuhan herbal, tentu saja datang dari berbagai kandungan penting yang dimilikinya. Begitu juga dengan bunga krisan ini. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum membahas manfaatnya Anda mengetahui berbagai kandungan di dalamnya sebagaimana dalam daftar di bawah ini.

1. Kaya akan berbagai vitamin B

Bunga krisan yang biasa di konsumsi dalam bentuk teh krisan ini mengandun banyak sekali unsur Vitamin B. Diantaranya seperti jenis kolin, folacin, dan niacin. Folin bermanfaat dalam proses metabolisme, niacin bermanfaat untuk sistem saraf dan saluran pencernaan serta masih banyak lagi. Sedangkan Folacin bermanfaat untuk mendukung perkembangan sel serta  replikasinya

2. Banyak mengandung vitamin C

Tidak hanya vitamin B, ternyata bunga yang satu ini juga kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri pastinya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya kesehatan dan kecantikan yang berhubungan dengan kulit. bahkan, dalam hal ini tidak hanya sebatas menghindarkan penyakit kulit, bunga krisan juga bisa membentengi dari penyakit mata, hingga yang berhubungan dengan flu.

3. Memiliki kandungan tinggi B-karoten

Kandungan B-karoten memang sangat banyak di temukan pada tumbuhan berwarna kuning serta orange, termasuk bunga krisan ini. kandungan yang satu ini ternyata juga sangatlah bemanfaat untuk kulit maupun mata karena merupakan bagian Vitamin A. Kandungan tersebut dapat membantu penyakit kulit menjadi lebih ringan. Selain itu bisa berperan juga untuk mencegah kebutaan.

4. Kaya akan mineral

Kandungan selanjutnya  yang juga sangat di butuhkan tubuh adalah mineral. Mineral memang memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk kesehatan. Sedangkan kandungan mineral yang ada dalam bungan krisan ini diantaranya seperti kalsium, besi, magnesium dan kalium. Masing-masing unsur tersebut akan memiliki fungsinya sendiri-sendiri untuk tubuh kesehatan Anda.

5. Ada banyak kandungan bermanfaat lainnya

Di samping empat kadungan bunga krisan yang telah di sebutkan di atas sebenarnya masih ada beberapa kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat. Diantaranya seperti kandungan glikosida, adenin, hingga berbagai asam amino dengan banyak variannya.

Daftar Manfaat Penting Bunga Krisan Untuk Kesehatan

Jika Anda sudah penasaran dengan manfaat bunga krisan bagi kesehatan, jangan khawatir karena daftar di bawah ini akan menjawab rasa penasaran Anda. Bunga krisan ini memang memiliki sejuta manfaat penting dalam berbagai bidang kesehatan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membantu perawatan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan harus di rawat dengan baik. Dalam hal ini perawatan jantung memang tidak mudah. Selain dengan olahraga untuk memperlancar fungsinya, Anda juga membutuhkan perawatan nutrisi dari dalam. Dan teh bunga krisan ini akan menjadi solusi tepat bagi Anda dalam perawatan kesehatan jantung dari dalam tersebut.

2. Melindungi infeksi dari bakteri

Tanpa di sadari, kapan pun Anda bisa terinfeksi oleh bakteri yang memang telah menyebar di mana-mana. Setiap lingkungan yang Anda pijaki, tentu selalu ada bakterinya. Dalam hal ini untuk mencegah terinfeksi dari bakteri, Anda bisa memanfaatkan teh bunga krisan. Hal ini di dukung dengan kandungan antimikroba yang di milikinya sehingga akan sangat efektif membantu kesembuhan Anda.

3. Menyehatkan mata dan telinga

Kesehatan mata dan telinga merupakan dua aspek dalam ranah kesehatan yang perlu di perhatikan. Nah, dalam hal ini salah satu manfaat bunga krisan bagi kesehatan adalah untuk menjaga fungsi keduanya. Hal ini bisa terjadi sebagaimana di sebutkan sebelumnya, karena bunga krisan mengandung yang namanya Vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata khususnya.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kestabilan maupun peningkatan fungsi otak juga harus menjadi perhatian penting bagi Anda. Dalam hal ini, untuk meningkatkan funsi otak, bunga krisan untuk di konsumsi sangat berperan dan bisa Anda jadikan andalan terbaik. Hal ini di sebabkan karena tumbuhan tersebut memiliki manfaat sebagai stimulan. Selain itu, adanya kandungan niacin akan bermanfaat untuk kesehatan saraf Anda.

5. Membantu seimbangkan kadar kolesterol

Kolesterol yang terlalu tinggi tentu saja juga tidaklah sehat. Jika berlebihan, tentu akan mendatangkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, pastikan bahwa kadar kolesterol Anda seimbang dan bunga krisan adalah salah satu jawaban dalam hal ini. Bunga ini memang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah, termasuk masalah kadar kolesterol dalam alirannya.

6. Bermanfaat dalam proses detoksifikasi racun dalam hati

Sebagaimana jantung, hati juga merupakan salah satu organ vital yang sangat penting untuk tubuh Anda. Hati sendiri sangat bermanfaat dan fungsinya sangat di butuhkan. Sedangkan manfaat bunga krisan di dalamnya adalah untuk membantu proses detoksifikasi atau menetralkan racun yang ada di hati. Nah, dengan hati yang sehat, maka tubuh Anda pun juga akan semakin sehat.

7. Membantu meringankan stress dan sakit kepala

Anda sedang mengalami stress atau gangguan sakit kepala? Jika demikian, maka teh bunga krisan bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. ketika Anda sakit kepala, teh krisan bisa membantu mendinginkan dna menghilangkan rasa sakit tersebut. Selain itu, kandungan herbalnya akan membantu merilekskan pikiran Anda ketika sedang mengalami stress berlebih.

8. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar tentu saja menjadi impian semua orang. peredaran darah yang baik pun akan membuat berbagai organ tubuh juga berfungsi dengan baik. Dalam hal ini manfaat bunga krisan bagi kesehatan selanjutnya adalah dalam memperlancar peredaran darah. Manfaatnya yang satu ini sudah banyak di buktikan, terutama di berbagai tempat pengobatan herbal.

9. Menangani masalah batuk

Anda sering mengalami masalah batuk? Jangan khawatir karena jika persediaan bunga krisan Anda banyak, setiap kali batuk datang mengatasinya sangat mudah. Cara pengobatannya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu merebus bunga kering dnegan dua gelas air hingga mendidih. Selanjutnya, biarkan selama 15 menit kemudian di minum.

10. Meringankan gangguan pernapasan

Tidak hanya batuk, bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan, mengkonsumsi bunga ini juga akan cukup meringankan. Karena itulah, bunga krisan sangat di sarankan bagi mereka yang sering terganggu pernapasannya. Dan jika Anda salah satunya, silahkan di coba.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *