Manfaat Bunga Rosella

Oleh /

Manfaat Bunga Rosella atau Agua de Jamaica bagi kesehatan sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan dan kekebalan yang terganggu, serat membantu mengatasi peradangan. Selain itu, Bunga Rosella juga bisa mengurangi risiko menderita kanker.

Bagi anda yang ingin menjalankan program diet,Bunga Rosella juga bisa meningkatkan metabolisme yang berarti penurunan berat badan akan terbantu. Bunga Rosella juga kaya akan vitamin C, mineral, serta antioksidan sehingga bisa membantu pengobatan hipertensi dan kecemasan.

Kandungan Gizi dalam 100 gram Bunga Rosella

  • Kalsium – 246 mg
  • Zat besi – 1.68 mg
  • Vitamin C – 13 mg
  • Magnesium – 58 mg
  • Karbohidrat – 13 gram
  • Fosfor – 42 mg
  • Potassium – 240 mg
  • Vitamin B2 – 0.03 mg
  • Vitamin A – 16 µg

Berbagai Kegunaan Bunga Rosella

1. Mengatur tekanan darah

Sebuah laporan dari AHA (American Heart Association) yang dipublikasikan pada bulan November 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi teh Bunga Rosella bisa menurunkan tekanan darah pada orang dengan risiko hipertensi atau mereka yang telah terkena hipertensi.

Laporan ini juga menyatakan bahwa sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat menderita tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Odigie IP juga menyatakan bahwa Bunga Rosella memiliki sifat anti hipertensi dan melindungi jantung, sehingga sangat bermanfaat untuk orang yang sudah terkena hipertensi maupun mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskuler.

Karena sifat anti peradangannya, teh Bunga Rosella bisa mengurangi tekanan darah hingga 10 poin, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Tufts di Boston. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal ini, anda harus mengkonsumsi paling tidak tiga gelas teh Bunga Rosella setiap hari selama beberapa minggu. Selain itu, Bunga Rosella juga mempunyai sifat diuretik yang memperlancar buang air kecil dan menurunkan tekanan darah secara bersamaan.

2. Menurunkan kolesterol

Bunga Rosella juga bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh anda, sehingga anda semakin terhindar dari penyakit jantung dan juga pembuluh darah anda terlindungi dari kerusakan. Sifat hipolipidemik dan hipoglikemik dari Bunga Rosella bisa bermanfaat untuk anda yang memiliki masalah dengan kadar gula darah seperti diabetes.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa pasien dengan diabetes tipe 2 bisa mendapat manfaat Bunga Rosella seperti penurunan tingkat kolesterol, trigliserida, dan LDL sehingga penyakit mereka bisa lebih terkontrol.

3. Melindungi hati

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sifat antioksidan dari Bunga Rosella juga membantu dalam mengobati berbagai penyakit hati. Antioksidan melindungi tubuh anda dari penyakit karena bisa menetralisir radikal bebas yang terdapat dalam jaringan serta sel tubuh. Karena itu, bisa dikatakan bahwa konsumsi teh Bunga Rosella secara teratur bisa memperpanjang usia anda dengan cara memperbaiki kesehatan anda secara keseluruhan.

4. Anti kanker

Teh Bunga Rosella mengandung asam protokatekuat yang memiliki sifat anti tumor dan antioksidan. Departemen dan institut biokimia dari sekolah tinggi Chung Shan di Taichung, Taiwan menemukan bahwa Bunga Rosella bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan cara memicu apoptosis, yaitu kematian sel yang terprogram.

5. Anti radang dan anti bakteri

Bunga Rosella kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C. ini adalah zat penting yang dibutuhkan tubuh anda untuk memacu dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh. Teh Bunga Rosella sangat terkenal akan sifat anti radang dan anti bakterinya.

Karena itu, salah satu kegunaan Bunga Rosella yang bisa anda rasakan adalah melindungi anda dari pilek dan batuk. Selain itu, teh Bunga Rosella juga bisa meringankan ketidaknyamanan saat sakit demam, karena memiliki efek menyejukkan.

6. Meringankan nyeri haid

Manfaat Bunga Rosella yang bisa dirasakan oleh para wanita adalah meringankan kram dan nyeri haid. Selain itu, Bunga Rosella juga bisa memperbaiki keseimbangan hormon, sehingga mengurangi berbagai gejala PMS seperti perubahan suasana hati, depresi, dan nafsu makan berlebih.

7. Bahan antidepresan

Bunga Rosella mengandung vitamin dan mineral seperti flavonoid yang memiliki sifat antidepresan. Mengkonsumsi teh Bunga Rosella bisa membantu anda lebih tenang, dan juga bisa mengurangi kecemasan dan depresi karena menghasilkan sensasi rileks pada pikiran dan tubuh.

8. Melancarkan pencernaan

Banyak orang yang meminum teh Bunga Rosella untuk melancarkan sistem pencernaan, serta membuat buang air kecil maupun BAB menjadi lebih teratur. Karena mampunyai sifat diuretik, Bunga Rosella juga bisa digunakan untuk mengobati sembelit sehingga juga membantu penurunan berat badan, memperbaiki kesehatan sistem pencernaan, serta mencegah kanker usus besar.

9. Melepaskan dahaga

Selain untuk pengobatan, teh dari Bunga Rosella juga bisa digunakan sebagai minuman olahraga yang sangat bermanfaat untuk mehilangkan rasa haus. Untuk hal ini, teh Bunga Rosella biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Banyak orang maupun olahragawan yang mengkonsumsinya secara rutin karena kemampuannya menyejukkan tubuh dengan sangat cepat.

10. Menurunkan berat badan

Teh Bunga Rosella sangat membantu dalam penurunan berat badan. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat bisa membuat berat badan anda cepat naik, namun banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi teh Bunga Rosella bisa mengurangi penyerapan pati dan glukosa dalam tubuh sehingga membantu mencegah bertambahnya berat badan. Karena manfaat yang satu ini, banyak produk suplemen diet yang menggunakan Bunga Rosella sebagai salah satu bahannya.

11. Minuman di cuaca panas maupun dingin

Anda bisa mengkonsumsi teh Bunga Rosella kapan saja, baik saat cuaca panas maupun dingin. Jika anda ingin menghangatkan tubuh di cuaca dingin, seduhlah Bunga Rosella dan langsung minum. Anda juga bisa menambahkan es jika mau meminumnya saat cuaca panas. Menyiapkan teh Bunga Rosella sangat cepat dan mudah, sehingga anda bisa mendapatkan minuman yang sehat dan menyegarkan kapan saja.

12. Rasa yang nikmat

Teh Bunga Rosella memiliki rasa yang mirip dengan jus kranberi. Rasanya bisa dibilang asam, sehingga boleh saja menambahkan madu atau gula dalam jumlah yang tak berlebihan. Selain itu, anda juga bisa menambahkan beberapa bumbu lain seperti kayu manis, cengkeh, pala, atau jahe tergantung selera anda.

Efek Samping dari Bunga Rosella

Meskipun Bunga Rosella sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa membantu menurunkan berat badan, ada beberapa efek samping yang harus Anda waspadai.

1. Tekanan darah terlalu rendah

Manfaat Bunga Rosella bagi tekanan darah yaitu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Maka dari itu, tidak disarankan bagi orang dengan tekanan darah yang sudah rendah untuk meminum teh Bunga Rosella karena bisa menyebabkan kondisi tekanan darah terlalu rendah yang disebut hipotensi. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing, pingsan, bahkan kerusakan pada otak.

2. Berisiko bagi kehamilan dan kesuburan

Teh Bunga Rosella tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil, terutama karena efek emenagogiknya yang bisa memicu terjadinya menstruasi. Untuk anda yang sedang menjalani terapi hormon atau mengkonsumsi pil KB, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminum jenis teh ini.

3. Menimbulkan halusinasi

Sebagian orang mungkin merasa “melayang” atau mengalami halusinasi setelah meminum teh Bunga Rosella. Karena itu, sebaiknya ketahui bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap teh Bunga Rosella. Jangan pernah mencoba mengemudi atau melakukan aktivitas lainnya yang berisiko setelah meminum teh Bunga Rosella jika anda termasuk sensitif terhadap efeknya. Sebaiknya pula anda mempertimbangkan pengobatan lain jika efek ini berlanjut.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *