Manfaat Cacing Tanah

Oleh /

Cacing tanah adalah salah satu hewan yang bentuknya menyerupai seperti tabung dan kaya akan manfaat serta khasiatnya bagi tubuh manusia. Dengan melihat kondisi cacing tanah secara visual pasti banyak diantaranya yang merasa geli dan jijik. Padahal, setelah ditelusuri cacing merupakan salah satu sumber energi yang sangat tinggi karena kaya akan kandungan asam aminonya.

Salah satu cacing tanah yang kaya akan kandungan gizinya adalah lumbricus rubellus. Yang mana mengandung 76% protein. Selain itu, dalam suatu penelitian juga menyebutkan bahwa manfaat cacing tanah diantaranya dapat memerangi bakteri patogen terutama bakteri penyebab diare atau yang biasa disebut dengan Eschericia coli.

Kandungan Nutrisi Dalam Cacing Tanah

Cacing tanah memiliki beragam kandungan nutrisi yang tentunya diperlukan oleh tubuh. Bahkan dalam 100 gram daging cacing tanah mengandung beragam nutrisi. Dan seperti apa nutrisinya dapat anda simak pada penjelasan berikut.

  1. Abu 1.5%
  2. Lemak 45%
  3. Karbohidrat 17%
  4. Lisin 5,16%
  5. Treonin 3,28%
  6. Glycine 3,5%
  7. Asam glutamate 8,98%
  8. Protein 76%

Manfaat Cacing Tanah bagi Kesehatan

Setelah anda mengetahui tentang kandungan nilai gizi pada cacing tanah, berikut ini merupakan manfaat cacing tanah bagi kesehatan tubuh yang tentunya belum anda ketahui.

1. Menyembuhkan Luka

Cacing tanah juga mempunyai manfaat bagi tubuh terutama dalam mempercepat dalam menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan kandungan protein dalam cacing ini dipercaya dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak dengan cepat.

Selain itu cacing tanah juga memiliki kandungan asam arakidonat yang mana berguna untuk mempercepat tumbuhnya sel-sel baru pada tubuh. Kondisi itu tentunya sangat baik untuk proses penyembuhan luka yang memerlukan pergantian sel mati menjadi sel-sel yang baru.

2. Obat Demam

Telah banyak yang membuktikan bahwa hewan ini juga mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan demam yang tinggi. Selain itu, obat penurun demam dari cacing tanah ini dikenal lebih manjur dalam menyembuhkan demam dibandingkan dengan meminum obat-obat penurun panas yang beredar dipasaran.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan mengkonsumsi cacing tanah ini tentunya akan bermanfaat bagi tubuh anda yaitu membantu tubuh dalam melancarkan proses peredaran dalam darah. Karena cacing mempunyai salah satu kandungan zat yang berguna untuk menyingkirkan lemak jahat yag bersemayam didalam darah sehingga akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar kembali.

4. Menyembuhkan Tifus

Selain menurunkan demam, manfaat cacing tanah yang lainnya adalah dapat menyembuhkan penyakit tifus. Tifus merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri salmonella. Dimana membuat banyak orang mencari dan ingin memiliki cacing tanah ini untuk menyembuhkan tifus.

Bahkan, ada juga obat dari cacing tanah yang diproduksi dalam bentuk sebuah kapsul yang mana berguna untuk memudahkan para peminumnya. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam cacing tanah memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melawan bakteri penyebab sakit tifus.

5. Mengatasi Konstipasi

Bagi anda yang masih awam dengan istilah konstipasi pastinya bertanya-tanya ya dengan arti dari istilah tersebut. Konstipasi adalah salah satu masalah pada buang air besar dimana feses menjadi lebih keras dari sebelumnya. Sehingga, akan mengakibatkan terjadinya luka-luka sekitar anus dan juga memicunya ambien.

Untuk mengatasinya anda sebenarnya bisa mengkonsumsi berbagai macam jus herbal dan juga mengkonsumsi buah-buahan. Untuk lebih praktisnya anda bisa menggunakan cacing tanah ini. Alasannya karena cacing tanah mengandung suatu nutrisi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Bila pencernaan dalam tubuh lancar, maka proses penyerapan makanan dalam tubuh akan berlangsung dengan normal sehingga buang air besar anda menjadi lebih lancar.

6. Mengontrol Gula Darah

Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit gula darah seperti diabetes. Maka, cobalah untuk mengkonsumsi daging dari cacing tanah ini. Karena daging cacing tanah ini sangat baik bagi para penderita diabetes. Dikarenakan dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh anda dengan baik.

7. Meningkatkan Kekebalan

Cacing tanah mengandung protein yang mana berbeda dengan protein yang terkandung di dalam tubuh manusia. Biasanya, protein pada tubuh manusia memiliki sifat antibiotic dan protein pada tubuh cacing tanah ini memiliki sifat antimikroba.

Antibiotik ini berguna untuk melawan tubuh dari serangan bakteri dan virus di dalam tubuh seorang manusia dengan cara merusak jaringan-jaringan tubuhnya. Sementara mikroba berguna untuk membunuh bakteri serta virus tanpa merusak jaringa pada tubuhnya.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi daging cacing tanah akan membantu memperkuat kekebalan dalam tubuh. Alasannya karena kandungan dalam cacing ini membantu memerangi bakteri dan virus yang berbahaya dalam tubuh

8. Menambah Energi

Cacing tanah juga terdapat kandungan taunin loh, yang berarti senyawa yang membantu penguraian lemak dalam tubuh menjadi energi. Oleh sebab itu, selain berguna untuk memberikan tambahan energi, dengan mengkonsumsi cacing tanah juga akan mempercepat proses penurunan lemak saat menjalankan program diet.

9. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh orang tertentu. Cacing tanah yang biasa digunakan sebagai salah satu obat tradisional dapat menyembuhkan penyakit ini.

Cacing tanah mempunyai sifat antimikroba, yaitu membunuh berbagai serangan bakteri tanpa menghancurkan jaringan-jaringan dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi cacing tanah ini dapat mengatasi penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri E. coli ini.

10. Menambah Nafsu Makan

Entah itu disadari oleh anda atau tidak cacing tanah sebenarnya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Terdapat juga suatu kandungan enzim yang membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Dimana membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik dan terjaga fungsinya sehingga akan memberikan dorongan pola makan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Cacing Tanah bagi Kecantikan

Selain mempunyai khasiat pada bidang kesehatan, cacing tanah juga bermanfaat bagi kecantikan juga loh. Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

1. Mengatasi Berbagai Masalah Kecantikan

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan elastisitas kulit dan penuaan dini, anda bisa mencoba menggunakan cacing tanah ini. Dimana biasanya diproduksi dalam bentuk kosmetik sebagai salah satu dari bahan alami pembuatan produk-produk kecantikan. Karena ekstrak cacing akan mengatasi masalah kecantikan seperti kulit yang berkerut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagaimana yang telah anda ketahui, cacing tanah terdapat kandungan minyak yang tinggi sehingga sangat bagus dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan pada kulit. Tentunya, dengan mengkonsumsinya secara teratur. Maka, anda akan mempunyai kulit yang sehat dan juga terhindar dari penuaan dini dan keriput pada wajah.

Cara Menggunakan Cacing Tanah untuk Kecantikan

Saat ini cacing tanah dikenal sebagai salah satu produk kecantikan yang tersebar ke seluruh penjuru negeri. Produk-produk kecantikan dengan menggunakan bahan dasar cacing ini dapat berbentuk masker atau toner. Namun, bila anda ingin membuatnya sendiri anda cukup membutuhkan serbuk dari cacing tanah dengan campuran air yang sedikit.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lainnya yang tentunya memiliki efek yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, seperti madu, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Efek Samping dari Cacing Tanah

Walaupun cacing tanah dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cacing tanah juga mempunyai efek samping yang akan terjadi bila anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Sebagai contohnya dengan pemberian ekstrak cacing pada orang yang menderita penyakit chron, maka alih-alih bukan menurunkan penyakit ini malah akan berfungsi sebaiknya yaitu meningkatkan resiko infeksi pada saluran pencernaan.