Manfaat Cuka Apel

Oleh /

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan serat yang tinggi. Ia terbuat dari hasil fermentasi buah apel segar. Cuka apel memiliki banyak manfaat dan banyak mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

 Kandungan Cuka Apel

Cuka apel mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk memelihara kesehatan anda:

  • Asam amino
  • Kalium, berfungsi membantu proses metabolisme di dalam tubuh.
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata serta  berperan sebagai antioksidan. Vitamin B berfungsi dalam pembentuk energi ATP dan dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C di dalamnya dapat berfungsi sebagai antioksidan.
  • Beta karoten, berperan sebagai antioksidan dan berfungsi mengatasi kanker.
  • Zat asam pada cuka apel dapat membantu melancarkan pencernaan.
  • Enzim dan pectin. Enzim berperan membantu dalam proses pencernaan makanan.
  • Kaya akan serat. Serat sangat bagus untuk membantu memelihara kesehatan.
  • Senyawa fitokimia yang berfungsi menjaga sistem imun
  • Asam hidroklorit yang berfungsi melancarkan pencernaan

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Selain dapat bermanfaat untuk kesehatan, cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan wajah anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi cuka apel.

1. Sebagai antimikroba

Adanya kandungan asam asetat menjadikan cuka apel dapat berfungsi membantu menghilangkan bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, cuka apel dapat digunakan untuk pengawet makanan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi cuak apel dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, cuka apel juga dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat mencegah penumpukan kalori di dalam tubuh. Hal ini sangat bagus untuk program diet.

3. Membantu mengatasi kanker

Dengan mengkonsumsi cuka apel dapat membantu melawan sel kanker dan menghambat pembentukan sel tumor. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung senyawa metabolit sekunder seperti quercetin.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

Cuka Apel memilik manfaat untuk mengatasi menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi cuka apel dapat membantu menstabilkan tekanan darah sehingga aliran darah di tubuh lancar. Hal ini dikarenakan apabila tekanan darah anda tinggi dapat memicu gejala seperti stroke, terserang penyakit pembuluh darah arteri, gangguan ginjal, serangan jantung, mudah marah dan lain – lain.

5. Meredakan penyakit reumatik

Penyakit reumatik disebabkan oleh adanya endapan zat asam pada sekitar sendi. Kondisi tersebut dapat mengganggu kekuatan tulang. Di dalam cuka apel mengandung magnesium yang berfungsi sebagai perekat antara kalsium dan fosfor pada tulang. Hal ini dapat membantu anda mencegah terjadinya gejala penyakit osteoporosis.

6. Sebagai Toner

Cuka apel dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Selain itu, juga dapat memperkecil pori – pori dan memperlancar aliran darah. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengatasi radang kulit akibat jerawat. Cara menggunakannya –pun sangat mudah, yaitu dengan mengusap bagian yang terkena jerawat dengan cuka apel.

7. Mengatasi jerawat

Cuka apel mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai antibakteri dan antiseptik. Selain itu, dengan cuka apel dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat, membersihkan pori – pori dari debu dan minyak serta membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat mencegah jerawat datang kembali.

8. Mencegah dan mengatasi kolesterol

Dengan mengkonsumsi cuka apel dapat membantu menghilangkan lemak dan kolesterol berlebih di dalam tubuh anda. Ha ini berfungsi membersihkan dinding pembuluh darah sehingga akan memperlancar pembuluh darah.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *