Manfaat Daun Balakacida

Oleh /

Daun Balakacida adalah Daun yang sering dianggap sebagai Tanaman hama. Namun, banyak penelitian yang membuktikan bahwa daun tersebut ternyata dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit dan membantu memelihara kesehatan tubuh anda. Kini daun tersebut banyak dicari karena dapat membantu mengatasi berbagai penyakit.

Tanaman ini meskipun memiliki banyak manfaat namun, ternyata tanaman ini juga dapat merusak tanaman budidaya. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga sering kali tanaman tersebut hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan. Namun kini, tanaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat untuk obat.

Kandungan Nutrisi Daun Balakacida

Daun balakacida memiliki banyak khasiat yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh anda. Tanaman yang dianggap sebagai hama ini ternyata banyak manfaatnya dalam dunia kesehatan. Hal ini dikarenakan daun tersebut mengandung berbagai nutrisi dan senyawa seperti berikut ini:

  • Senyawa fenol
  • Alkaloid
  • Triterenoid
  • Tannin
  • Flavonoid
  • Limonen

Manfaat Daun Balakacida

Daun balakacida dapat dimanfaatkan dalam  berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Daun Balakacida:

1. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin sehingga dapat meningkatkan kandungan gula dalam darah. Namun, kini dengan mengkonsumsi daun balakacida ini dapat membantu mengatur gula dalam darah. Tanpa adanya hormon tersebut menjadikan tubuh kita tidak dapat mengkonversi glukosa menjadi energi.

2. Mengatasi Vertigo

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala pusing baik ringan maupun berat. Anda harus segera tanggap apabila mendapati gejala tersebut. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kematian.

Salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun balakacida. Bahkan selain dapat digunakan untuk mengatasi vertigo, daun tersebut juga dapat membantu mengatasi sakit kepala, pusing dan migrain.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memiliki berbagai peran penting di dalam tubuh anda, yaitu sebagai pemompa  darah. Penyakit tersebut dapat disebabkan oleh pola makan  yang tidak teratur, banyak mengkonsumsi lemak serta kurang meminum air putih dan jarang melakukan olahraga. Untuk mencegah dan mengatasinya anda dapat mengkonsumsi daun balakacida.

4. Obat Jerawat

Salah satu cara yang efektif untuk mengobati jerawat dengan daun balakacida sangatlah mudah. Anda dapat menumbuk daun balakacida sampai halus, lalu tempelkan daun yang telah ditumbuk tersebut ke bagian wajah yang terkena jerawat.

5. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki peran penting dalam proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi daun balakacida dapat membantu memelihara kesehatan lambung anda.

6. Mengobati kista

Kista merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian organ reproduksi. Penyakit tersebut terjadi karena pengaruh dari obat tertentu, obesitas, faktor genetik dan lain – lain. Namun anda jangan khawatir karena anda dapat mengatasinya dengan daun balakacida.

7. Mencegah Kanker

Kini daun balakacida juga dapat berfungsi untuk mengatasi kanker payudara dan kanker serviks. Hal ini dikarenakan daun Balakacida dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker.

8. Mengobati luka

Cara untuk mengobatii luka adalah dengan memanfaatkan batang atau daunnya. Cara mengobati luka dengan batang adalah dengan mengoleskan cairan yang ada pada di batang ke bagian yang terkena luka. Sedangkan pengobatan menggunakan daunnya adalah dengan menumbuk daun hingga halus lalu ditempelkan pada bagian yang terluka.

9. Membantu mengatasi hipertensi

Daun Balakacida dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah anda.

10.  Sebagai obat magh

Daun Balakacida ternyata juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi penyakit magh. Caranya adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *