manfaat daun binahong

Manfaat Daun Binahong

Oleh /

Nama tanaman atau daun binahong mungkin masih sedikit terasa asing disebagian masyarakat Indonesia. Padahal bisa saja tanaman menjalar yang satu ini tumbuh di sekitar rumah Anda. Bentuk dari daun ini sendiri mirip sekali dengan bentuk love, sehingga terkadang memberikan kesan romantis.

Tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman yang berumur panjang dan memiliki tangkai yang cukup pendek. Daunnya memiliki ujung yang runcing dan pangkalnya berlekuk dan tentu saja bisa dimakan. Fakta lain yang juga perlu Anda tahu mengenai daun ini ialah ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak sehingga seringkali digunakan sebagai tanaman obat. Namun sayangnya memang masih sedikit orang yang menyadari manfaat daun binahong ini.

Nah, agar Anda bisa lebih mengetahuinya, ini lho beberapa manfaat daun binahong yang sangat penting bagi tubuh.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

1. Bisa Mengobati Penyakit Maag

Penyakit yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit sejuta umat di Indonesia. Meskipun sudah ada cukup banyak obat untuk sakit maag saat ini, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan tradisional terlebih dahulu.
Cara menggunakan daun binahong untuk sakit ini juga cukup mudah, yakni dengan merebus sekitar 7 daun dengan 3 gelas air. Jika sudah matang, Anda tinggal meminumnya 3 kali dalam satu hari.

2. Bisa Mengobati Kanker

Jika maag menjadi penyakit sejuta umat, kanker merupakan penyakit yang lebih elit dan jauh lebih membahayakan. Untungnya, kandungan antioksidan yang sangat banyak pada daun ini dan kandungan baik lainnya bisa membantu Anda dalam melawan kanker.

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong untuk penyakit ini, Anda tinggal merebus sekitar 30 gram daun binahong dengan air mendidih sebanyak 1 liter. Rebus hingga airnya berkurang, dan terakhir tinggal mengonsumsinya 3 kali sehari.

3. Bisa Mengobati Luka

Kandungan baik lainnya yang ada pada daun binahong ialah asam arkobat dan minyak atsiri, kedua kandungan tadi sangat bermanfaat untuk mengobati luka, karena bisa berperan sebagai antiseptik alami. Caranya juga cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun ini hingga halus dan langsung mengoleskannya pada bagian tubuh yang sedang terluka.

4. Bisa Mengobati Sakit Paru-paru

Manfaat daun binahong keempat yang juga masih sering tidak disadari ialah bisa mengobati sakit paru-paru. Cara memanfaatkan daun binahong untuk sakit paru-paru juga tidak jauh berbeda dengan cara-cara yang sebelumnya. Yakni dengan merebus daun ini sebanyak 10 lembar dengan air.
Tunggu hingga mendidih dan airnya sedikit berkurang. Agar sakit paru-paru bisa lebih cepat tersembuhkan, Anda sebaiknya mengonsumsi ramuan ini setiap hari dengan rutin.

5. Bisa Melancarkan Haid

Urusan haid yang tidak lancar memang sering kali menghantui para wanita. Bukan hanya karena Anda tidak bisa memprediksi kapan haid akan lancar, namun juga biasanya hal ini bisa membuat Anda merasakan sakit dan nyeri yang cukup parah ketika haid datang.

Untuk bisa menghindarinya, Anda bisa memanfaatkan air rebusan dari daun binahong sebanyak 3 lembar dan air sebanyak 2 gelas, namun tunggu dulu air rebusan ini hanya tinggal 1 gelas saja. Minum air rebusan ini dua kali dalam satu hari.

6. Bisa Mengobati Jerawat

Masalah lain yang juga seakan tiada habisnya untuk para wanita ialah masalah jerawat. Namun kini tidak lagi jika Anda sudah tahu manfaat daun binahong yang satu ini dan rajin menggunakannya. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan menumbuk sekitar 5 lembar daun hingga halus, lalu mengaplikasikannya pada wajah Anda.

Nah, sebelumnya Anda tidak menyangka bukan bahwa manfaat daun binahong ini cukup banyak dan langsung bisa Anda praktikkan setelah ini? Tentu saja jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik dan cepat, Anda harus menggunakannya dengan rutin dan telaten. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *