manfaat-daun-katuk

Manfaat Daun Katuk

Mendengar nama “Daun Katuk” tentu bagi kita sudah tidak asing lagi sebab seperti yang kita ketahui daun katuk selalu identik dengan wanita, baik wanita yang sedang hamil maupun sedang menyusui. Daun katuk sering direkomendasikan kepada mereka agar mengonsumsi daun katuk secara rutin dengan manfaat sebagai pelancar ASI (Air Susu Ibu) yang merupakan makanan pokok sang bayi. Selain berguna bagi para ibu, daun katuk juga sering digunakan untuk bahan untuk membuat lauk baik di sayur maupun ditumis.

Daun katuk atau sering juga disebut sauropus androgynus merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di asia tenggara. Tumbuhan ini termasuk dalam suku menir-meniran (phyllantheae), dan masih berkerabat dengan tumbuhan menteng, buni, dan cermai. Tumbuhan ini juga termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae.

Daun katuk memiliki banyak kandungan zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Nutrisi yang terdapat di dalam daun katuk antara lain adalah vitamin A B, dan C, lemak, protein, kalsium, zat besi dan fosfor. Peneliti menduga bahwa kandungan kimia yang dikandung katuk, yaitu sterol yang mempunyai sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI sehingga menjadi lebih banyak. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun katuk, diantaranya:

1. Melancarkan ASI

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh daun katuk seperti,  minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya, dipercaya sangat efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui

2. Mengatasi Gejala Anemia

Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Tidak hanya itu kandungan zat besi pada daun katuk dan cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia.

3. Mencegah Osteoporosis

Dengan kandungan kalsium hingga 2,8 besi kalsium sangat baik untuk mencegah osteoporosis, dan cocok untuk dikonsumsi oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.

4. Vitalitas Pria

Daun katuk memilikikandungan at aktif yang mampu merangsang sintesis hormone steroid seperti progesterone, dan testoteron sehingga bermanfaat untuk membangkitkan vitalitas seksual, mamacu kualitas dan kuantitas sperma.

5. Mengatasi Hipertensi

Memiliki kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Maka dari itu ntuuk mengatasinya sangat dianjurkan agar mengkonsumsi daun katuk agar tekanan darah menjadi stabil.

6. Untuk Kesehatan Mata

Daun katuk adalah sumber vitamin A yang bagus untuk penyakit mata, pertumbuhan sel, meningkatkan ketahanan tubuh, kesehatan reproduk$i serta menjaga kesehatan kulit.

Cara Mengolah Daun Katuk:

Memasak daun katuk tidak jauh berbeda dengan mengolah sayur-sayuran hijau lainnya. Banyak yang berpendapat bahwa rasa yang dimiliki oleh daun katuk tak senak dan senikmat rasa sayuran hijau lainnya, seperti bayam, kangkung, dan sawi. Walaupun tidak ada hal yang berbeda dalam pengolahannya akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengolah daun katuk, yaitu pada saat memasak daun katuk sebaiknya jangan terlalu lama.

Jika, dimasak terlalu lama maka kualitas daun katuk akan menurun. Hal ini dikarenakan nutrisi didalamnya akan mengalir keluar ketika dimasak. Menanggapi hal tersebut disarankan untuk menambah santan saat mengolah sebab cara ini cukup baik untuk meningkatkan manfaat daun katuk karena provitamin A di dalamnya akan bereaksi menjadi vitamin A.

Jika Anda tidak ingin terlalu repot mengolah daun katuk, Anda dapat mencoba mengkonsumsi kapsul daun katuk sebagai alternatif yang lebih praktis.


Hi :) Butuh rekomendasi produk kesehatan dan kecantikan? Yuk konsultasi dengan kami dengan cara hubungi kontak dibawah ini.

Artikel Lainnya