Manfaat Daun Kenikir

Manfaat Daun Kenikir

Oleh /

Kenikir atau ulam raja adalah jenis tanaman dari Amerika Latin yang berhasil tumbuh subur di dataran Indonesia. Tanaman satu ini sangat diistimewakan banyak orang karena memiliki banyak kandungan yang berguna untuk tubuh, diantaranya adalah kandungan kalsium, flavonoid, saponin, tokoferol, polifenol, terpenoid dan mineral maupun beberapa zat lainnya.

Dari dulu sampai sekarang manfaat daun kenikir memang dikenal sangat banyak bagi kesehatan. Tumbuhan satu ini bisa menjadi alternatif pengobatan yang alami dalam mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut? Mari simak lebih lanjut ulasannya.

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

1. Membuat ASI Semakin Lancar

Kelancaran ASI bagi ibu menyusui memang memiliki peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Pasalnya, bayi akan mendapatkan asupan nutrisi dari ASI yang diberikan oleh ibunya.

Namun sangat disayangkan, meski ASI adalah hal yang paling penting, ternyata tidak semua ibu yang sudah menyusui bisa menghasilkan jumlah ASI yang berlimpah. Terkadang ada yang kesulitan untuk mengeluarkannya dan harus menggunakan alat pompa terlebih dahulu.

Manfaat daun kenikir yang pertama adalah membuat ASI semakin lancar. Bagi para ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk minum air rebusan daun kenikir. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan daun kenikir yang sudah dihaluskan pada bagian payudara dan puting.

Namun ada hal yang perlu diingat yaitu sebelum Anda akan menyusui bayi Anda, jangan pernah lupa untuk membersihkan payu dara yang sudah daun kenikir menggunakan handuk basah.

2. Menghambat Pertumbuhan Dari Sel Kanker

Kandungan flavonoid dan saponin merupakan senyawa yang berguna untuk menghancurkan sel kanker. Bukan menjadi hal yang mustahil untuk sembuh ketika para penderita kanker mau mengonsumsi rebusan dari daun kenikir secara rutin karena kandungan tersebut mampu membunuh dan menghentikan penyebaran sel kanker.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal para penderita kanker juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen dari ekstrak kenikir agar pertumbuhan sel kanker tidak semakin menjalar dan menyebar ke semua bagian tubuh.

3. Sebagai Obat Maag

Manfaat daun kenikir ternyata bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit maag. Daun kenikir mengandung berbagai macam senyawa yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Senyawa tersebut adalah tokoferol, hidroksieugenol dan polifenol.

Senyawa alami tersebut pun memiliki fungsi untuk mengobati luka di lambung yang pada umumnya sering dialami oleh para penderita penyakit tukak lambung. Orang yang sakit maag dapat mengonsumsi daun kenikir secara sebagai lalapan atau ditumis menjadi lauk.

4. Memperbaiki Fungsi Jantung

Masih tentang penyakit yang cukup serius, manfaat daun kenikir juga bisa digunakan untuk memperkuat fungsi dari jantung seseorang yang lemah. Senyawa flavonoid dalam daun kenikir memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dipercaya bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak, termasuk juga sel yang ada pada jantung.

Aliran darah pada jantung akan semakin lancar berkat bantuan dari senyawa flavonoid, jika aliran darah pada jantung semakin lancar maka otot yang ada pada jantung juga secara otomatis akan semakin kuat. Anda bisa memperbaiki fungsi jantung menggunakan daun kenikir dengan meminum rebusannya sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Kandungan zat protein nabati yang ada pada daun kenikir memiliki fungsi untuk memberikan kontribusi pada proses pembentukan fagosit yang berperan aktif adalah memperkuat sistem imun dalam tubuh dan membantu metabolisme tubuh secara optimal.

Kini Anda bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan lebih mudah dengan manfaat daun kenikir. Selain biayanya yang tergolong cukup terjangkau, pengobatan menggunakan daun kenikir terbukti tidak akan membahayakan kesehatan organ yang ada di dalam tubuh.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *