daun salam

Manfaat Daun Salam

Oleh /

Daun salam termasuk salah satu jenis daun yang terbilang sering dipaka oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu dalam masakan mereka. Menambahkan daun salam pada masakan akan membuat aroma masakan tersebut tercium lebih harum dan rasanya pun menjadi lebih nikmat.

Daun ini bisa ditambahkan pada banyak jenis makanan utamanya masakan daging dimana daun salam bisa menghilangkan bau amis dari daging tersebut dengan sempurna. Namun, tahukah Anda jika daun salam termasuk salah satu tumbuhan herbal? Memang, banyak masyarakat yang kurang tahu terhadap manfaat daun salam terutama untuk kesehatan secara umum.

Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat dari daun salam bagi kesehatan memang dapat dikatakan sebagai suatu kewajaran karena mereka memakai daun ini lebih untuk memasak. Akan tetapi, kini sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa daun salam mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, daun salam juga berpotensi untuk menangkal efek buruk dari penyakit kronis.

Berikut ini beberapa kegunaan daun salam untuk kesehatan yang harus Anda tahu. Selamat membaca!

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama dari daun salam adalah melancarkan pencernaan. Kandungan mineral dan vitamin di dalam daun salam bisa menutrisi usus halus sehingga masalah yang terjadi di saluran pencernaan seperti sembelit, diaret atau lainnya bisa diatasi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah pada pencernaan, maka Anda hanya perlu merebus 5 lembar daun salam bersih dan menambahkannya dengan sedikit garam. Minum rebusan air daun salam tersebut setiap hari minimal 2 kali.

2. Mengatasi Masalah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah momok bagi kesehatan tubuh. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak hanya akan membuat seseorang menjadi pusing, namun efek yang paling buruk adalah pecahnya kelenjar otak hingga menyebabkan kematian. Namun, tanpa pernah disangka, daun salam bisa diandalkan untuk masalah yang satu ini.

Ya, salah satu manfaat daun salam adalah dapat menjaga tekanan darah agar stabil. Kandungan antioksidan dalam daun salam berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga suplai darah ke tubuh senantiasa stabil. Untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, maka anda dapat meminum air rebusan daun salam hangat setidaknya sekali setiap hari.

3. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Kegunaan lain dari daun salam adalah dapat mengatasi asam urat. Perlu diketahui bahwa asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya kristal asam yang menumpuk di daerah sendi-sendi tubuh. Penyakit ini cenderung diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut. Jika penyakit ini menyerang, maka penderita akan merasa sakit yang luar biasa pada bagian persendian dan ruang gerak mereka akan sangat terganggu.

Oleh karena efek dari penyakit ini begitu serius, maka asam urat haruslah segera diatasi. Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa menggunakan daun salam sebagai salah satu obat alami. Ya, salah satu manfaat daun salam adalah bisa membantu menurunkan jumlah asam urat yang ada di dalam tubuh sehingga gangguan tubuh sebagaimana di atas tidak akan terjadi pada anda. Anda bisa meminum air rebusan daun salam yang dicampur madu untuk pencegahan.

4. Menyehatkan Mata

Selain beberapa poin di atas, manfaat daun salam lainnya adalah menyehatkan mata. Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada mata, seperti mata lelah, mata memerah dan lainnya. Meskipun beberapa orang menganggap gangguan mata tersebut wajar, namun tetap saja akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh.

Dalam hal ini, Anda bisa mengusapkan rebusan air daun salam di bagian mata untuk mengatasi beragam masalah tersebut dan menjaga mata tetap sehat.

Dari beberapa poin di atas, Anda dapat melihat bahwa ada cukup banyak manfaat daun salam yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Dengan adanya fakta terkait manfaat tersebut, daun salam dapat dijadikan obat herbal rumahan yang aman serta terjangkau. Sediakan daun salam di rumah untuk persediaan. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *