Manfaat Daun Sambung Nyawa

Manfaat Daun Sambung Nyawa

Oleh /

Sambung nyawa adalah salah satu tumbuhan herbal yang sering kali digunakan sebagai lalapan oleh orang Indonesia. Tanaman dengan nama latin Gynura Procumbens ini merupakan tanaman asli Indonesia yang kerap digunakan sebagai obat dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat daun sambung nyawa memang sudah lama dipakai nenek moyang dalam mengobati beberapa penyakit kronis, salah satunya kanker. Secara tradisional daun sambung nyawa akan diubah menjadi beberapa obat herbal yang ampuh, tapi di era modern seperti saat ini mulai dikembangkan menjadi bentuk kapsul yang akan mempermudah konsumen untuk meminumnya.

Berbagai macam penyakit cukup serius seperti ginjal dan juga disentri bisa disembuhkan dengan beberapa kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan senyawa tersebut diantaranya adalah antimicrobial, anti-inflammatory, antihypertensive dan anticarcirogenic. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat daun sambung nyawa untuk meyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

1. Diabetes

Manfaat daun sambung nyawa yang pertama yaitu untuk membantu para penderita penyakit diabetes agar penyakit yang sedang diderita bisa disembuhkan. Konsumsi daun ini secara rutin untuk lalapan setiap harinya.

Pertama Anda perlu menyiapkan daun sambung nyawa yang segar sebanyak 7 lembar, kemudian cuci hingga bersih di bawah air yang mengalir agar debu, bakteri dan kotoran hilang. Usahakan untuk melakukan cara ini sebelum makan sehingga bisa digunakan sebagai lalapan nasi di waktu makan pagi dan malam hari.

2. Tumor dan Kanker

Penyakit berat lainnya yang bisa disembuhkan dengan daun sambung nyawa adalah tumor dan juga kanker. Agar hasil yang lebih maksimal, selain dijadikan lalapan nasi Anda juga harus rutin mengonsumsi ramuan dengan resep di bawah ini:

  • Siapkan bahah (4 gram daun sambung nyawa segar, 7 gram bagian akar tanaman daruju, 3 gram daun benalu)
  • Cuci bersih semua bahan dan masukan ke dalam wadah
  • Tambahkan air mendidih sebanyak 120 mili liter
  • Tumbuk semuanya hingga halus dan tercampur
  • Biarkan dingin
  • Saring ramuan dan pisahkan dari ampas

Manfaat daun sambung nyawa ini bisa Anda rasakan lebih maksimal dengan mengonsumsinya secara rutin 2 kali dalam sehari dengan jangka waktu paling sedikit 30 hari atau satu bulan.

Selain itu Anda juga perlu mendukungnya dengan menghindari beberapa jnis makanan seperti durian, nanas, ikan asin, sawi putih, tape, kangkung, cabai, toge, nangka es, vetzin, serta limun

3. Liver

Manfaat daun sambung nyawa yang selanjutnya adalah untuk obat tradisional penyakit liver. Langkah yang digunakan juga cukup berbeda dengan beberapa cara sebelumnya, karena selain digunakan sebagai lalapan nasi daun sambung nyawa juga bisa dibuat jus untuk para penderita liver. Meskipun sudah mengonsumsi jus dan lalapan secara rutin para penderita liver juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak lemak.

4. Ambeien

Daun sambung nyawa bisa digunakan untuk obat penyakit ambeien. Anda bisa menyiapkan 3 hingga 5 daun sambung nyawa segar untuk lalapan nasi setiap makan. Selain itu untuk mendukungnya Anda juga bisa mengolah daun sambung nyawa menjadi jus segar yang bisa dikonsumsi 1 kali dalam sehari.

5. Kolesterol

Masih digunakan untuk lalapan nasi, daun sambung nyawa juga bisa digunakan untuk membuang kolesterol jahat di dalam tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsi 3 helai daun sambung nyawa sebagai lalapan setiap kali makan secara teratur.

Tidak lagi ada alasan bagi Anda untuk menunda menjaga kesehatan tubuh. Sebab hanya dengan mengonsumisnya sebagai lalapan saja Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat daun sambung nyawa untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti di atas.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *