Manfaat Daun Seledri

Oleh /

Tanaman yang kerap dijadikan sebagai bumbu masakan ini awalnya ada di Indonesia diperkenalkan oleh Belanda. Tumbuhan dengan nama latin Apium Graveolens merupakan tanaman kecil dengan tinggi tidak lebih dari 1 meter. Batangnya cukup pendek, buahnya kecil dengan warna coklat gelap. Sedangkan daunnya bertangkai pendek dan tersusun gemuk.

Di Eropa, pemanfaatan seledri hampir digunakan di seluruh bagiannya, mulai dari umbi, buah, tangkai dan daunnya. Namun di Indonesia sendiri, yang sering digunakan adalah daunnya.

Tapi tahukah Anda? Selain untuk masakan juga dapat Anda konsumsi sebagai tanaman obat yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

1. Menurunkan darah tinggi

Dengan zat flavonoid dan nutrisi yang tinggi, manfaat daun seledri dipercaya dapat menurunkan tekanan darah yang sedang meningkat. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mengonsumsi daun seledri guna menstabilkan tekanan darah dan mencegahnya naik kembali.

Cara menggunakannya juga mudah, yakni:

  • Ambil 20 tangkai daun seledri dan cuci bersih
  • Kemudian haluskan seledri tersebut dengan ditambahkan sedikit air
  • Lalu peras dan saring seledrinya
  • Minumlah air perasan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 2 sdm.

2. Menurunkan Kolesterol

Daun seledri yang kaya akan nutrisi mampu memecah kolesterol. Sehingga kolesterol tidak akan menyumbat aliran darah serta dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam jumlah yang banyak.

3. Mengobati Rematik

Manfaat daun seledri dengan kandungan anti radang, anti bakteri, vitamin dan mineral yang lengkap, mampu meredakan rasa nyeri bagi penderita rematik. Selain itu, kandungan tersebut mampu mengurangi zat purin dalam persendian yang memicu kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

4. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besinya yang tinggi, membuat daun seledri mampu mencegah serta menyembuhkan anemia. Manfaat daun seledri tersebut terutama berlaku bagi wanita dalam masa menstruasi dan wanita yang tengah hamil.

5. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Kandungan nutrisi yang kaya pada daun seledri mampu memperbaiki kinerja ginjal. Selain itu, dapat membantu ginjal agar lebih mudah dalam mengendalikan, menyaring, dan mengeluarkan racun yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat dan radikal bebas yang berbahaya.

6. Mencegah Kanker

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu dapat mengatasi kanker. Kandungan senyawa kumarin fitokimia dan asam fenolat dalam daun seledri, diklaim mampu mecegah, memblokir, serta menghancurkan aktivitas dari sel abnormal yang memicu munculnya sel kanker.

7. Mengatasi Mata Kering

Selain mengatasi mata kering, kandungan nutrisi dan vitamin A pada daun seledri juga mampu menyehatkan jaringan retina serta kornea mata. Dimana hal tersebut mampu mempertahankan ketajaman penglihatan mata Anda dan mencegah dari serangan radikal bebas.

8. Mengatasi Asma

Selain mencegah asma, manfaat daun seledri juga mampu untuk menyembuhkan asma. Kandungan nutrisi yang tinggi pada daun seledri berfungsi agar asma tidak mudah kambuh saat berada di lingkungan berdebu dan berpolusi. Adapun cara mengolahnya sangat praktis, yaitu :

  • Ambil 3 tangkai daun seledri dan 9 daun kapuk/randu
  • Kemudian cuci bersih dan haluskan
  • Tambahkan gula aren, garam secukupnya, dan ½ gelas air
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  • Lalu saringlah dan minum sebelum sarapan

9. Mengatasi Obesitas

Seluruh nutrisi pada daun seledri diklaim mampu menekan rasa lapar. Dengan hal tersebut mampu mengontrol nafsu makan yang berlebihan sehingga sangat membantu seseorang yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki masalah pada kecantikan, jangan khawatir. Karena manfaat daun seledri selain mengatasi berbagai macam masalah kesehatan juga sangat baik untuk kecantikan. Misalnya, sebagai anti aging yang kuat, mengurangi minyak berlebih pada wajah, menyuburkan rambut, dan lain-lain. Cara pengobatannya juga mudah, bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi langsung maka bisa mencampurkan dengan masakan Anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *