Manfaat Daun Sirsak

Oleh /

Sirsak adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik di dalamnya. Buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah serta Amerika Selatan ini ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan setiap 100 gram dari daging sirsak mengandung 3.3 gram serat yang bisa memenuhi kebutuhan serta per hari sebanyak 13%.

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini tidak hanya kaya akan serat, akan tetapi buah sirsak juga mengandung berbagai macam nutrisi lainnya seperti vitamin C, B1, B2 serta karbohidrat terutama frukstosa (gula buah).

Namun, yang akan dibahas disini bukanlah daging dari buah sirsak itu sendiri, melainkan daun sirsak. Nah, mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui bahwa daun dari pohon sirsak itu sendiri memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Buat Anda yang penasaran dengan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari daun sirsak, berikut adalah beberapa khasiat daun sirsak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Asam Urat

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun sirsak ini sendiri adalah sangat baik untuk membantu menyembuhkan asam urat. Hal ini karena di dalam daun sirsak itu sendiri mengandung annocatalin, acetogenin, annomuricin, asam gentisic, asam linoleat serta caclourin yang sangat ampuh untuk mengobati asam urat.

2. Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat daun sirsak lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang sangat mematikan, pengobatan untuk penyakit yang satu ini juga terbilang tidak murah dan cukup menyakitkan.

Namun, bagi Anda penderita kanker, ternyata penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan daun sirsak. Ini dikarenakan di dalam daun sirsak mengandung acetogenin yang 10.000 kali lebih kuat untuk melawan sel kanker.

3. Membantu Mengobati Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh merupakan suatu ancaman bagi kesehatan Anda. Tingginya kadar kolesterol dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh Anda. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirsak ini Anda cukup merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah agak tua dengan 3 gelas air. Rebuslah hingga tersisa 1 gelas saja.

4. Membantu Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium adalah salah satu penyakit yang hanya diderita oleh wanita saja. penyakit yang satu ini juga disebut dengan tumor jinak, namun jika dibiarkan begitu saja hal ini dapat berkembang menjadi kanker.

Nah, untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dalam mengobati kista ovarium, Anda hanya cukup 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air. Rebuslah hingga tersisa 1 gelas saja.

5. Meningkatkan Kesuburan

Buat Anda yang memiliki masalah kesuburan rahim dan susah untuk mendapatkan keturunan, ternyata daun sirsak ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Daun sirsak akan membantu untuk menigkatkan produksi sperma bagi pria, sedangkan bagi wanita sangat bermanfaat untuk menyuburkan rahim.

6. Mengobati Diabetes

Diabetes juga salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan jika tidak diatasi dengan segera hal ini akan bertambah parah dengan merusak beberapa organ tubuh lainnya. Manfaat daun sirsak yang satu ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam daun sirsak mengandung antioksidan seperti saponin, bioflavonoid serta polifenol.

Cukup baik bukan beberapa manfaat daun sirsak yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berbahaya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan kimia, alangkah baiknya untuk menggunakan daun sirsak yang satu ini. Namun, sebelumnya Anda juga harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar paham benar dengan penyakit apa yang sedang diderita.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *