Manfaat Daun Tempuyung

Oleh /

Manfaat daun tempuyung telah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami untuk pengobatan secara tradisional. Daun tempuyung memiliki nama latin Sonchus arvensis L. Tanaman satu ini dikenal luas oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Dengan ciri khas bagian tepi daunnya yang berombak tidak beraturan dan bentuk lonjong dengan bagian ujung daun yang lancip. Ini memudahkan anda untuk mengenali tanaman ini yang biasanya tersebar di kawasan semak yang terlindungi cahaya matahari.

Kandungan Daun Tempuyung

Salah satu manfaat daun tempuyung yang sudah dikenal masyarakat adalah sebagai alternative pengobatan secara tradisional. Hal ini karena di dalam daun tempuyung terdapat kandungan beberapa senyawa yang mampu untuk membantu tubuh melawan berbagai serangan virus atau penyakit. Tentunya aman juga bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping.

Kandungan didalam daun tempuyung antara lain:

  • Kalsium
  • Silica
  • Natrium
  • Magnesium
  • Flavonoid
  • Taraksaterol
  • Kumarin
  • Inositol
  • Asam Fenolat

Manfaat Daun Tempuyung bagi kesehatan

Daun tempuyung dikenal sebagai salah satu tanaman obat herbal yang multifungsi. Karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit baik yang ringan maupun berat. Tanaman ini biasanya dikenal dengan sebutan Gempur batu atau Jombang. Untuk mengenal lebih dalam mengenai manfaat daun tempuyung, simak saja penjelasan berikut ini.

1. Mengobati Batu Ginjal

Pernahkah anda mendengar penyakit batu ginjal? Pasti pernah ya, batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit dimana membuat di dalam ginjal seperti mempunyai bentukan material yang keras mirip seperti batu. Bentukan material keras ini disebabkan oleh hasil limbah yang tersaring dalam tubuh.

Tetapi, limbah itu mengendap dan mengkristal di dalam ginjal seiring berjalannya waktu. Sehingga, terbentuklah batu ginjal dimana bila tidak cepat ditangani akan mendatangkan masalah yang serius bagi tubuh. Diantaranya, saluran pembuangan didalam tubuh akan tersumbat.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan salah satu tanaman herbal yang alami. Nama tanaman tersebut adalah daun tempuyung. Karena daun tempuyung mengandung kalsium yang berguna untuk melarutkan batu ginjal yang akan terbuang bersama dengan urin.

Cara penggunaannya:

  • Ambillah daun tempuyung kering 250 gr
  • Rebuslah daun tempuyung dengan 250 cc air dan tunggulah sampai airnya mendidih
  • Ketika air dalam rebusan tersisa 150 cc, angkatlah air rebusan itu kemudian dinginkan
  • Setelah benar-benar dingin, saringlah rebusan itu dan bagilah menjadi 3 bagian
  • Minum ramuan herbal itu secara rutin 3 kali sehari

2. Mengatasi Obesitas

Obesitas atau biasa disebut dengan kegemukan merupakan salah satu masalah yang dapat menimbulkan penyakit kronis bagi tubuh. Misalnya seperti diabetes, jantung, stroke, darah tinggi, yang dapat terjadi bila masalah kegemukan pada tubuh tidak cepat anda tangani.

Hal ini terjadi karena menumpuknya lemak pada tubuh dengan kondisi yang tidak normal. Ditambah lagi dengan pola hidup anda yang tidak sehat seperti tidak pernah berolahraga dan mengkonsumsi makanan siap saji dan berlemak. Hal itu bila terus berlanjut dapat menjadi pemicu munculnya gejala penyakit kronis yang bahkan dapat memicu terjadinya kematian.

Agar masalah obesitas pada diri anda teratasi, anda bisa menggunakan daun tempuyung yang merupakan sebagai salah satu tanaman herbal yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi obesitas.

3. Mengobati Saluran Kencing

Infeksi pada saluran kencing biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia colu. Penyakit itu timbul karena bakteri itu masuk ke dalam saluran kencing hingga menyebabkan infeksi. Seharusnya bakteri itu hidup pada saluran cerna pada manusia. Namun, karena kurangnya perawatan dalam saluran kencing membuat bakteri itu betah hidup pada saluran kencing.

Oleh karena itu, anda sebaiknya menjaga kebersihan tubuh anda setelah buang air. Dengan cara membersihkannya dengan menggunakan air bersih. Selain itu anda juga bisa menggunakan daun tempuyung untuk mengobati infeksi pada saluran kencing tersebut. Dengan cara merebusnya dan meminumnya secara rutin.

4. Mengobati Pendengaran

Pendengaran anda terganggu karena trauma atau infeksi dan terlalu lama berada pada tempat yang bising? Anda bisa memanfaatkan tanaman daun tempuyung untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan tetasan herbal dari daun tempuyung segar.

Cara penggunaannya

  • Ambillah daun tempuyung dengan kondisi masih segar secukupnya dan cucilah dengan menggunakan air bersih.
  • Remaslah daun tempuyung dalam air yang matang sampai mengeluarkan getah.
  • Setelah itu, gunakan air tersebut sebagai obat tetes telinga. Teteslah dengan perlahan pada telinga yang bermasalah.

5. Mengatasi Mastitis

Biasanya infeksi pada payudara pada umumnya dialami oleh ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui. Penyakit mastitis muncul pada trimester awal pada ibu-ibu menyusui. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan penyumbatan pada saluran ASI. Selain itu, mastitis juga disebabkan oleh tubuh yang kelelahan dan memakai ukuran bra yang ketat atau tidak sesuai.

Untuk mengatasi masalah mastitis anda bisa memanfaatkan tanaman daun tempuyung. Agar lebih jelasnya simak saja langkah-langkah berikut:

  • Rebuslah 15 gr daun tempuyung dalam 3 gelas air
  • Tunggulah sampai air mendidih dan sisakan 1 gelas air
  • Setelah itu diamkan sebentar sampai airnya dingin
  • Saringlah air rebusan daun tempuyung
  • Minumlah air rebusan daun tempuyung secara rutin 2 kali sehari dengan takaran ½ gelas dalam sekali minum.

6. Mengatasi Bisul

Selain mengatasi batu ginjal, daun tempuyung juga bisa mempunyai khasiat lain bagi kulit yakni mengatasi penyakit bisul. Karena daun ini dinilai mempunyai senyawa-senyawa aktif yang berfungsi seperti obat oles untuk meredakan bengkak pada penyakit bisul.

Selain untuk mengobati bisul, anda juga bisa menggunakan daun tanaman ini untuk mengatasi penyakit kulit yang lainnya.

7. Mengobati Usus Buntu

Manfaat daun tempuyung untuk bagian dalam tubuh anda adalah dapat mengobati penyakit usus buntu. Hal ini karena daun tempuyung mempunyai kandungan senyawa yang sangat mudah diserap bagi tubuh sehingga bisa merasuk sampai ke dalam organ tubuh anda.

8. Mengatasi Disentri

Khasiat daun tempuyung yang telah dikenal secara luas adalah dapat mengatasi penyakit disentri. Daun tempuyung ini akan mencegah serta mengatasi penyakit disentri dengan cepat, sehingga disentri tidak menyerang tubuh anda lagi.

9. Mengobati Wasir

Selain mengobati penyakit disentri, tanaman daun tempuyung juga dapat digunakan sebagai obat herbal penyembuh penyakit wasir. Hal ini karena senyawa yang terkandung akan membantu organ-organ tubuh anda melawan penyakit ini dan meredakan rasa sakitnya sehingga tidak mengganggu aktivitas anda dalam sehari-hari.

10. Menyehatkan Empedu

Bila anda rutin dalam mengkonsumsi rebusan daun tempuyung maka organ tubuh anda seperti empedu akan dilindungi dari serangan berbagai penyakit. Hal ini karena empedu merupakan salah satu organ yang sangat mempunyai peranan penting bagi kinerja tubuh dan rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Oleh karena itu, organ ini perlu mendapat perlindungan.

11. Mencegah Hipertensi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggibiasanya menyerang berbagai kalangan baik tua maupun muda. Penyakit itu bila tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan anda. Untuk mengatasi penyakit hipertensi anda bisa mengkonsumsi ramuan dari daun tempuyung ini karena ramuan ini dapat mengontrol tekanan darah anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *