Manfaat Donor Darah

Oleh /

Jika berbicara mengenai manfaat donor darah, maka secara tidak langsung mencakup dua belah pihak. Karena manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh resipen atau penerima, tapi juga pendonornya. Selain berbagi kasih dengan sesama, donor darah juga memberikan banyak dampak positif pada si pendonor. Baik itu dari segi kesehatan hingga kecantikan.

Ada jutaan orang di luar sana yang memerlukan transfusi darah setiap tahunnya. Seperti yang telah diketahui, bahwa beberapa kondisi yang biasanya membuat seseorang membutuhkan donor darah, misalnya menjalani transplantasi organ, mengalami kecelakaan, mengidap penyakit hemofilia, menderita anemia dan sebagainya. Sehingga menjadi pendonor merupakan tindakan mulia.

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

1. Melancarkan Sirkulasi Darah
Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga penyumbatan pada pembuluh arteri dapat dihindari. Riset membuktikan, bahwa donor darah juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit serangan jantung hingga angka 88%. Seperti yang mungkin Anda sudah tahu, bahwa penyakit tersebut dapat merenggut nyawa sewaktu-waktu.

2. Menetralkan Kadar Zat Besi
Meskipun tubuh membutuhkan zat besi, tapi jika kelebihan dalam menyerap zat tersebut maka akan memberikan dampak pada kesehatan. Untuk mengatasinya, maka bisa mengikuti kegiatan donor darah secara berkesinambungan. Hal tersebut dapat membantu penurunan kandungan zat besi dalam tubuh. Jika kadar zat tersebut netral, maka berfungsi melindungi berbagai organ.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit jantung adalah karena tingginya kadar zat besi pada darah. Sehingga kemudian menimbulkan gangguan kinerja pada fungsi otot jantung. Sementara itu, mendonorkan darah dapat menjadi langkah terbaik untuk menurunkan kadar zat besi. Sehingga penyakit yang mengancam kesehatan jantung dapat dicegah.

4. Membakar Kalori
Mendonorkan darah dapat menjadi cara terampuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Karena ketika seseorang melakukan donor darah, maka tubuh akan membutuhkan banyak energi guna menjalankan proses pembentukan protein dan sel darah yang baru. Hal tersebut tentunya akan membuat pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Melakukan donor darah sudah pasti akan mengurangi jumlah sel darah merah yang terdapat dalam tubuh si pendonornya. Jika sel eritrosit berkurang, maka sumsum tulang belakang akan langsung terangsang untuk mengganti darah yang hilang. Hal tersebutlah yang kemudian membuat produksi sel darah merah baru di dalam tubuh menjadi meningkat secara drastis.

6. Meningkatkan Fungsi Antioksidan
Sebuah riset mengungkapkan, bahwa manfaat donor darah secara teratur berperan penting dalam meningkatkan fungsi kerja antioksidan pada tubuh. Seperti yang diketahui, bahwa antioksidan memiliki manfaat sangat penting karena dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga dapat menjaga kesehatan serta kecantikan.

7. Mencegah Kanker
Risiko terserang penyakit mematikan bernama kanker pada pendonor darah rutin terbukti sangat minim. Hal ini dikarenakan tubuh selalu melakukan penggantian sel darah baru secara rutin, yang tentunya lebih bagus dan berkualitas. Beberapa kanker yang dapat ditangkal dengan donor darah antara lain; kanker paru-paru, hati, perut, tenggorokan, dan usus besar.

8. Meredakan Stres
Tingkat stres pada para pendonor darah memang terbukti lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukannya. Bukan hanya karena perasaan bahagia sebab sudah bisa membantu orang lain. Tapi pergantian sel darah dari yang lama ke baru ini telah teruji ampuh sebagai relaksasi alami. Sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan stabil.

9. Menjaga Kesehatan Tubuh
Ingin mendapatkan tubuh sehat dan kuat hingga memasuki usia tua? Maka jangan ragu untuk ikut melakukan donor darah. Kegiatan positif ini nyatanya memang sangat manjur dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu sebabnya adalah dikarenakan mengalirkan sel darah merah yang selalu baru di dalam tubuh. Sehingga risiko terserang penyakit dapat diminimalisir.

10. Meningkatkan Kinerja Ginjal
Ginjal merupakan salah satu komponen organ tubuh yang memiliki peran penting. Terganggunya kerja ginjal dapat memberikan efek samping bagi kesehatan seseorang. Untuk mecegah terjadinya hal tersebut, maka rajinlah mendonorkan darah . Selain dapat membantu orang yang memang sedang membutuhkan, kegiatan ini juga akan meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal.

11. Mengetahui Gangguan Pada Kesehatan
Sebelum mendonorkan darah, maka pendonor diharuskan mengikuti serangkaian tes dan pemeriksaan kesehatan guna memastikan bahwa kondisi tubuh serta darah stabil. Antara lain; tekanan darah, suhu tubuh, kadar hemoglobin, denyut nadi, kondisi fisik, dan lain sebagainya.

12. Menurunkan Kadar Seng Dalam Darah
Kelebihan zat seng dalam darah akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada seseorang. Selain dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kondisi ini juga dapat ditanggulangi dengan mendonorkan darah. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu manfaat donor darah adalah dapat membantu mengurangi kadar jumlah seng yang terlanjur masuk ke tubuh.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *