Manfaat Ikan Lele

Oleh /

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat. Ikan jenis ini disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih dan juga karena harganya cukup murah, bisa di jangkau oleh semua kalangan. Sebagai salah satu jenis ikan yang umum di konsumsi, anda wajib mengetahui apa saja kandungan nutrisinya dan apa manfaat ikan lele bagi kesehatan masyarakat.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele

Faktor lain yang membuat ikan lele menjadi favorit masyarakat adalah karena kandungan gizinya. Daging ikan lele terbukti sebagai sumber protein dan gizi. Mengandung zat besi, vitamin B1 dan Vitamin B2. Jika anda mengkonsumsi secara rutin sesuai dengan aturan maka manfaatnya akan terasa secara bertahap. Berikut manfaat ikan lele bagi kesehatan.

1. Sebagai Sumber Protein Hewan

Ikan lele diketahui mengandung protein hewan yang cukup tinggi kurang lebih 20%. Protein yang tinggi baik digunakan untuk mencukupi kebutuhan protein anda. Selain protein ikan lele juga mengandung leusin, metionin, serta minyak essensial dan asam amino dengan kadar protein yang ;lebih tinggi dari pada daging dan susu.

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa ikan lele mengandung metionin dan kadar sitin yang tinggi. Dimana kandungan sitin berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan sehingga baik di konsumsi oleh anak – anak dan juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit herpes.

2. Rendah Lemak

Ikan lele terbukti memiliki kandungan lemak yang rendah dan juga bersifat netral atau memiliki kandungan trigliserida yang netral. Namun yang memiliki kandungan rendah lemak tidak pada semua bagian tubuh ikan hanya ada pada bagian perut, bagian ekor dan bagian hati dari ikan lele. Ada juga kandungan lemak ikan yang bersifat kompleks sehingga secara tidak langsung kolesterol dalam tubuh akan ikut tertekan.

3. Mengandung Omega 3

Omega 3 dalam daging ikan lele membantu proses berkembangnya otak sehingga jika anda berikan kepada anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan akan sangat baik. Selain itu baik juga diberikan kepada ibu hamil baik untuk kesehatan janinnya. Fungsi lain omega 3 dalam ikan lele adalah untuk perkembangan saraf dan indera penglihatan.

4. Rendah Merkuri

Berdasarkan data yang diperoleh, hampir semua jenis ikan mengandung merkuri. Merkuri sendiri adalah salah satu jenis logam berat hasil dari buangan limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang berbahaya bagi kesehatan. Jika merkuri masuk ke dalam air akan berubah menjadi metilmerkuri yang selanjutnya ber ikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika anda mengkonsumsi ikan atau makanan laut yang lainnya dengan berlebihan akan menyebabkan anda mengalami gangguan kesehatan dengan banyak jenis. Oleh karena itu anda harus pandai memilih jenis ikan mana yang memiliki kandungan merkuri sedikit atau rendah. Salah satunya adalah ikan lele.

Namun, anda harus tetap mengkonsumsi dalam jumlah yang aman sesuai dengan aturan kesehatan. Terutama jika di konsumsi oleh ibu hamil atau oleh anak – anak. Cukup berikan sewajarnya saja. Sehingga manfaat ikan lele bagi kesehatan dapat tercapai dengan baik.

Masih banyak manfaat ikan lele bagi kesehatan yang lainnya. Oleh karena itu penjelasannya akan di golongkan berdasar objek penelitiannya. Berikut penjelasannya.

Manfaat Ikan Lele Untuk Balita

Seperti yang anda ketahui bahwa ikan lele memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 20% bahkan lebih tinggi dari total nilai gizi harian yang dianjurkan oleh petugas kesehatan untuk di konsumsi.

Ketika anda membuat masakan dari ikan lele, sebagian besar akan membuatnya dalam bentuk ikan lele goreng. Kandungan total omega 3 dalam ikan lele 0,333 gram asam lemak, berasal dari  EPA 0,1 gram, DHA 0,137 gram, dan ALA 0,096 gram, jika dihitung dari setiap 100 ram ikan lele.

Jika dimasak menjadi kering ikan lele dari 100 gram akan menjadi sebanyak berikut ini 0,259 gram omega 3 asam lemak berasal dari EPA 0,049 gram, DHA 0,128 gram dan ALA 0,082 gram.  Seorang ahli nutrisi Dokter Achmad Subagio dari Universitas Jember menggemukakan Bahwa Ikan lele memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan nilai gizi pada daging sapi apabila cara konsumsinya dalam jumlah tertentu.

Nutrisi dari ikan lele akan setara dengan nutrisi pada daging sapi, dengan perbandingan 1 kilogram daging sapi dengan 2,5 gram ikan lele. Sehingga jika anda ingin memenuhi kebutuhan nutrisi dan harga daging sapi mahal anda bisa menggantinya dengan daging ikan lele.  Manfaat nutrisi dalam daging lele untuk balita adalah sebagai berikut :

1. Untuk Merangsang Perkembangan Otak

Untuk balita atau anak – anak mengkonsumsi daging lele sangat berpengaruh bagi perkembangan otaknya. Karena kandungan vitamin A dalam daging lele sangat tinggi dan juga kandungan omega 3 nya mampu merangsang pertumbuhan otak bagi anak – anak sehingga menjadi lebih cerdas dan lebih tanggap.

2. Membantu proses pertumbuhan

Kandungan leusin dalam ikan lele juga berguna untuk membantu proses pertumbuhan bayi atau anak – anak. Leusin membantu proses perombakan dan pembentukan otot. Ada juga lisin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pertumbuhan. Dalam ilmu gizi di jelaskan bahwa asam amino lisin menjadi kerangka utama bagi niasin untuk mencegah terjadinya penyakit herpes.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Pada masa anak – anak pertumbuhan tulang dan gigi harus di lengkapi dengan konsumsi kalsium yang cukup. Sehingga ketika tumbuh dewasa tidak mengalami masalah penyakit tulang. Kandungan fosfor yang lebih tinggi dari pada kandungan fosfor dalam telur ayam.

Di dalam tubuh anak, fosfor akan membentuk kristal kalsium fosfat, yang selanjutnya 80% akan memengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi. Fungsi utama dari fosfor adalah sebagai sumber energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati selain itu juga sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk proses sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.

Berikut tadi adalah fungsi konsumsi ikan lele bagi balita dan anak – anak. Selanjutnya ada manfaat ikan lele bagi kesehatan ibu hamil.

Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan lele dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak janin yang ada dalam kandungan anda. Selain untuk perkembangan indera penglihatan dan juga kognitif janin dalam kandungan. Dan yang tidak kalah penting adalah dapat menggurangi resiko terjadiya alergi pada bayi salah satunya adalah alergi terhadap susu formula.

2. Mencegah Resiko Cacat pada Janin

Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi ikan lele akan membantu mencegah terjadinya cacat pada janin ketika dilahirkan. Kandungan B12 dari ikan lele dapat membantu mencegah terjadinya gangguan saraf seperti NTD atau Neural Tube Defect dan gangguan saraf yang lainnya. Selain itu dapat juga di gunakan sebagai sumber tenaga bagi ibu dan anak.

3. Mencegah Gangguan Tulang

Mengkonsumsi ikan lele sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, kandungan fosfirnya mampu membantu mengatasi masalah tulang baik pada sang ibu maupun pada janin yang dikandungnya. Jika pada janin membantu proses pembentukan tulang janin di dalam kandungan.

Oleh karena masalah tersebut banyak ibu hamil yang kekurangan fosfor karena diambil oleh janin yang ada di kandungannya. Oleh karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi fosfor yang cukup. sehingga wanita lebih sering terkena osteoporosis dari pada pria.

4. Meningkatkan Imunitas

Ikan lele diketahui memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Protein menjadi salah satu kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil yang harus dipenuhi, untuk kesehatan ibu hamil sendiri dan juga sebagai pemenuhan nutrisi untuk janin dalam kandungan.  Protein juga berfungsi untuk membantu pembentukan masa otot bagi janin.

5. Menjaga Kesehatan kardiovaskuler

Dalam daging ikan lele diketahui mengandung kalium dan natrium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga ibu hamil sangat perlu untuk mengkonsumsi kalium dan natrium dari ikan lele untuk menjaga tekanan dan aliran darah.

Karena dengan aliran dan tekanan darah yang lancar akan membuat kebutuhan oksigen dalam tubuh akan terpenuhi dan janin akan terjaga dengan  aman. Selain itu juga bisa digunakan untuk membersihkan karbon dioksida dalam darah.

Kandungan omega 3 juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah sehingga sang ibu tidak mengalami hipertensi ketika hamil.

Setelah anda paham manfaat ikan lele bagi kesehatan ibu hamil, sebaiknya anda terapkan juga pada diri anda sendiri dan juga lingkungan sekitar anda. Supaya kesehatan dapat dirasakan bersama. Ikan lele merupakan pelengkap kebutuhan protein dan gizi jika anda tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi karena harga daging sapi mahal.

&