manfaat ikan salmon

Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon memang cukup populer di Indonesia ini hidup di Samudara Pasifik dan Samudra Atlantik. Kini,untuk mendapatkannya Anda tidak perlu lagi mencarinya hingga ke laut atau langsung membelinya dari pelayan, karena kini ikan salmon atlantik telah banyak dibudidayakan. Ikan yang termasuk spesies anadromousini tentunya memiliki rasa yang lezat.

Rasanya tidak ada orang yang tidak setuju bahwa ikan salmon memiliki manfaat yang sangat banyak. Fakta lain yang cukup menarik dari ikan ini ialah ukurannya yang cukup besar,dimana bisa memiliki berat hingga 4,5 kg.

Untuk Anda yang sudah  rajin mengonsumsinya, ini lho beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan asam amino dan asam lemak omega-3 pada ikan salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rajin mengonsumsi ikan salmon, daya pandang mata Anda akan berfungsi dengan lebih baik. Mata akan terhindar dari mata kering dan cepat yang lelah.

Konsumsilah ikan salmon sebanyak 2 kali seminggu bagi Anda yang sudah menderita penyakit mata kronis.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan yang termudah adalah dengan berjemur setiap pagi hari untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Namun selain berjemur, Anda juga bisa mengonsumsi ikan salmon 1-2 kali seminggu untuk menguatkan kesehatan tulang. Manfaat ikan salmon yang satu ini didapat dari kandungan vitamin D yang ada di dalamnya.

3. Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak

Salah satunya cara untukmemaksimalkan fungsi otak ialah denganbanyak mengonsumsi asam lemak omega 3. Nah, Anda bisa mendapatkan kandungan tersebut padaikan salmon. Kandungan gizi pada ikan salmon juga sangat besar dan sangat mendukung tumbuh kembang otak, khususnya tumbuh kembang otak pada anak usia dini. Kandungan vitamin A dan asam amino sangat membantu merangsang aktivitas otak.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon berikutnya yakni dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dengan Anda mengonsumsi ikan salmon, maka kadar kolesterol dan triglesirda yang dapat membuat jantung mudah terserang penyakit akan jauh berkurang. Selain itu, mengonsumsi ikan salmon juga dapat membuat pembuluh darah Anda tetap lentur.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan vitamin D, asam lemak omega 3 dan selenium pada ikan salmon sangat membantu untuk mengontrol kadar glukosa darah dan meningkatkan kerja insulin dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Nutrition, menyimpulkan bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu untuk menurunkan risiko diabetes.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat ikan salmon selanjutnya yang juga harus Anda ketahui ialah bisa mencegah datangnya penyakit Alzheimer. Hal ini diakrenakan kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya dimana.

7. Melindungi Kesehatan Kulit

Selain berguna bagi jantung, otak dan mata, ikan salmon juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon dapat melindungi kulit dari pancaran sinar matahari penyebab kanker kulit. Dengan kulit sehat, kulit Andapun terlihat cantik dan segar.

8. Menurunkan Berat Badan berlebih

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ikan salmon bisa menjadi salah satu menu diet Anda karena sumber protein yang tinggi pada ikan salmon tidak akan menyebabkan kegemukan. Karena manfaat ikan salmon dengan kalorinya yang rendah akan cepat memberikan rasa kenyang. Mengonsumsi ikan salmon 2-3 seminggu akan menurunkan berat badan sebanyak 3 pon.

Selain dari beberapa manfaat ikan salmon yang sudah disebutkan tadi, masih ada lagi manfaat lain yakni bisa menurunkan stress.Konsumsilah ikan salmon secara rutin sesuai kebutuhan tubuh untuk mengatasi masalah kesehatan sebagai makanan yang lezat, karena ada banyak manfaat ikan salmon bagi tubuh baik untuk anak-anak maupun dewasa.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *