Manfaat Jambu Air

Oleh /

Jambu air adalah salah satu buah yang berwarna merah. Ciri – ciri jambu air adalah sebagai berikut: berbentuk seperti lonceng dengan panjang sekitar 5 cm. Buah tersebut termasuk dalam buah sejati tunggal dan berdaging.  Di dalam buah terdapat biji yang berwarna cokelat.

Kandungan Senyawa Pada Jambu Air

Jambu air mengandung berbagai senyawa yang dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan mencegah tubuh anda mudah terkena penyakit sehingga anda akan selalu sehat. Berikut ini beberapa senyawa yang terkandung dalam jambu air:

1. Kaya akan vitamin

Vitamin yang terdapat di dalam jambu air antara lain adalah vitamin A dan vitamin C. Vitamin C dapat berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan dapat berfungsi menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan fungsi kerja sel darah putih sehingga tubuh anda dapat terhindar dari serangan virus.

2. Banyak mengandung kalsium, thiamin, niacin, besi dan kalium.

3. Mengandung senyawa aktif seperti jambosine asam betulinic, lakton Friedel dan lain – lain.

4. Banyak mengandung air

Air merupakan komponen terpenting dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan air merupakan penyusun tubuh dan membantu berbagai proses metabolisme di dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini juga dapat memicu timbulnya penyakit seperti batu ginjal dan lain – lain.

5. Mengandung banyak protein.

Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan

Jambu air memiliki banyak manfaat hal ini dikarenakan jambu air mengandung banyak senyawa alami yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jambu air:

1. Mengontrol Diabetes

Jambu air mengandung senyawa jambosine yang bagus untuk membantu mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan jamboine merupakan salah satu metabolit sekunder jenis alkaloid yang berfungsi mengontrol proses konversi pati menjadi gula serta membantu mengendalikan jumlah gula pada tubuh.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jambu air ini banyak mengandung serat yang bagus untuk mencegah sembelit. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat menjadikan jambu air sebagai pencegah obesitas karena dapat mengontrol berat badan.

3. Mencegah Kanker

Jambu biji banyak mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin tersebut dapat membantu mencegah dan melawan sel – sel kanker dan tumor.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalam jambu air menjadikan jambu air dapat membantu anda dalam memelihara kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Jambu air juga mengandung beberapa bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti jamur dan antibakteri sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda sehingga dapat terhindar dari infeksi.

5. Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Jambu air banyak mengandung senyawa antioksidan yang yang tinggi sehingga dapat membantu pengaturan kadar kolesterol. Hal ini menyebabkan jambu air dapat dijadikan alternatif untuk mencegah beberapa penyakit seperti jantung, stroke, dan penyakit lainnya

6. Membersihkan hati dan ginjal

Jambu air dapat membantu tubuh anda untuk mengeluarkan racun dari hati dan ginjal sehingga fungsi kedua organ tersebut dapat berjalan normal. Hal ini dikarenakan jambu air bersifat diuretik.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Jambu air dapat melindungi sel – sel kulit dari efek kerusakan oksidatif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, jambu air juga dapat berperan sebagai antibakteri dan anti jamur sehingga membantu melindungi kulit anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *