Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Manfaat Jambu Biji

Bagi para pecinta buah-buahan, mengonsumsi Jambu Biji mungkin sudah biasa. Buah yang segar dan manis ini memiliki banyak biji, seperti namanya. Buah ini memiliki berbagai warna seperti merah jambu atau merah muda dan putih. Manfaat Jambu Biji yang paling pokok adalah kandungan Vitamin C nya yang tinggi. Banyak manfaat Jambu Biji untuk kesehatan tubuh.

Jambu Biji disebut sebagai buah super karena mengandung 30 kalori lebih banyak setiap porsinya. Bahkan kalorinya 3 kali lipat lebih banyak. Selain itu, kandungan serat dari buah ini juga sangat tinggi.

Beberapa kandungan lain yang juga terdapat di dalam Jambu Biji

1. Kalium

Kalium yang terdapat pada Jambu Biji mampu menjaga kesehatan jantung, sehingga denyut jantung akan bekerja dengan sehat. Kalium ini juga bermanfaat sebagai regulator tekanan darah, sehingga tekanan darah akan tetap sehat.

2. Lycopene

Kandungan Lycopene di dalam Jambu Biji bermanfaat untuk menjaga kulit dari sinar ultraviolegt yang berbahaya. Karena melindungi kulit itu sangat penting, jadi mengonsumsi Jambu Biji sangat dianjurkan.

3. Folat

Kandungan folat sangat berguna bagi ibu yang sedang hamil. Pasalnya Folat bisa mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Jadi bagi ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi Buah jambu biji, sebab kandungannya ini memang membuat janin sehat.

Selain ketiga kandungan tersebut, Jambu Biji juga mengandung nutrisi yang lainnya seperti Enzim superoksida, Mangan, Tembaga, Mineral magnesium, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, Niasin dan Asam Pantotenat.

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

1. Mengobati Batuk dan Demam

Kandungan Vitamin C yang tinggi di dalam jambu biji bisa mencegah seseorang terkena virus dan infeksi. Rebusan daun jambu biji dan jus jambu mampu mengurangi lendir ketika batuk. Selain itu, buah ini berguna sebagai disinfektan yang akan menghambat mikroba pada saluran pernapasan.

2. Mengobati Diare

Jambu biji mengandung senyawa astringents yang melindungi pencernaan dari diare. Proses penyembuhan diare yaitu dengan menghambat pertumbuhan mikroba serta mengeluarkan lendir pada usus. Tidak hanya itu saja, jambu ini juga mengandung kalium dan karotenoid yang akan menguatkan sistem pencernaan.

3. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang kesulitan buang air besar. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini sebaiknya jangan khawatir. Karena Jambu Biji mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga sangat ampuh sekali untuk mencegah datangnya sembelit. Manfaat Jambu Biji yang satu ini akan membuat buang air besar menjadi lancar setiap harinya.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah jambu biji adalah buah yang mengandung Vitamin A tinggi layaknya wortel. Kandungan vitaminnya inilah membuat jambu biji bisa menjaga kesehatan mata. Apabila kebutuhan Vitamin A tercukupi dengan baik, maka penglihatan akan optimal. Tidak hanya itu saja indera penglihatan yang satu ini juga akan terhindar dari mata minus, plus, katarak, ataupun gangguan mata lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Tiroid

Tiroid adalah kelanjar yang berfungsi mengontrol produksi hormon. Maka dari itu, kesehatan dari kelenjar ini harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jambu biji. Pasalnya buah yang satu ini mengandung zat tembaga yang bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

6. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditakuti semua orang. Maka dari itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari diabetes. Buah jambu biji mengandung senyawa yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Oleh sebab itu, para penderita diabetes sering sekali mengonsumsi buah ini setiap harinya. Tidak hanya itu saja, selain mengobati Jambu Biji juga bisa mencegah datangnya penyakit tersebut.

Itulah yang bisa Anda ketahui mengenai manfaat Jambu Biji. Karena pohon jambu biji merupakan pohon yang sangat mudah untuk tumbuh, tidak ada salahnya jika anda menanam pohon ini dihalaman rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *