Manfaat Jengkol

Oleh /

Sayuran berbentuk bulat, beraroma tajam dan khas, meninggalkan bau mulut, bertekstur empuk, dan sering diolah menjadi semur. Itulah Sayur Jengkol. Seperti mata uang yang memiliki dua sisi. Si Jengkol ini akan sangat dibenci atau bahkan sangat digemari. Nampaknya ada dua kubu jika kita bicara soal Jengkol. Anda termasuk yang mana? Dibalik bau tajamnya ada banyak manfaat Jengkol untuk kesehatan ternyata.Jengkol adalah bagian biji dari tanaman bernama latin Archidendron pauciflorum ini termasuk jenis polong-polongan. Termasuk dalam biji dikotil karena berkeping dua. Daging berwarna putih kekuningan (krem) juga agak kehijauan dengan kulit ari berwarna cokelat dengan bentuk bulat pipih. Pasti sayur ini sudah tak asing lagi ditelinga anda.

Kandungan gizi Jengkol

Kandungan apa saja yang membuat Jengkol diklain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? Berikut ini adalah jawabannya :

  • Protein
  • Asam amino
  • Enzim superoxide dismutase
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Serat
  • Asam Jengkolat

Manfaat Jengkol untuk kesehatan

Pertanyaan selanjutnya, manfaat apa saja sih yang bisa kita dapat dari si Jengkol ini? di bawah ini nih beberapa contoh penyakit yang bisa diatasi dengan Jengkol :

1. Diabetes

Penyakit yang sering disebut dengan kencing manis ini nampaknya perlu penanganan khusus. Penyakit ini menjangkit sebagian besar masyarakat indonesia. Bahkan Indonesia menduduki peringkat 7 besar dalam negara dengan masyarakat yang mengidap penyakit ini. wah, kabar buruk ini.Lalu bagaimana mengatasinya? Penyebab diabetes itu beragam, mulai dari faktor keturunan (ini sulit dihindari), hingga faktor pola hidup tak sehat seperti asupan makanan yang tak dijaga.

Untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit gula ini, mulai biasakan hidup sehat dengan banyak beraktivitas fisik, makan teratur dengan makanan bergizi, menjauhi rokok dan alkohol serta istirahat teratur.Apa manfaat Jengkol untuk diabetes? Kabar baiknya adalah Jengkol dapat membantu mencegah penyakit diabetes.

Kandungan asam Jengkolat dan asam amino dalam Jengkol mempunyai peran dalam pembentukan insulin guna mencegah kadar gula berlebih.Namun, tak disarankan makan Jengkol dalam jumlah banyak dan kurun waktu lama ya. Itu karena asam Jengkolat di dalam Jengkol yang sifatnya tak larut dalam air berpotensi terjadinya penumpukan kristal dalam saluran urin. Istilahnya adalah Jengkolan. Sesuatu yang berlebih itu tak baik.

2. Diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, memakan Jengkol bukanlah pilihan buruk. Mengapa? Karena kandungan serat dalam Jengkol mampu membantu anda mengecilkan perut buncit. Iya, serat membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Limbah-limbah dalam tubuhpun akan dibuang lewat feses dan air seni. Kandungan karbohidrat dalam Jengkol juga membantu anda mempertahankan rasa kenyang, sehingga nafsu makan lebih terjaga.

Dengan mengkonsumsi Jengkol pencernaan makin lancar, perut jadi nyaman, tak akan kembung, perut buncit hilang, berat-badanpun ikut berkurang. Wah, hebat juga ya si Jengkol ini. Itu dia manfaat Jengkol untuk diet. Tapi, tetap ingat ya jangan mengonsumsi si sayur bulat ini secara berlebihan. Mengkonsumsinya secara berlebih hanya akan mendatangkan masalah baru bagi anda.

3. Darah tinggi

Atau sering disebut hipertensi ini cocok jika penderitanya mengkonsumsi Jengkol. Mengapa? Nutrisi dalam Jengkol mampu membantu menstimulasi tubuh untuk mencegah penyempitan pembuluh darah serta melebarkannya sehingga aliran darah menjadi lebih ancar. Dampaknya tekanan darah akan turun, kerja jantung semakin ringan.Jengkol rendah garam, jadi aman dikonsumsi penderita hipertensi.

Memang garam adalah suatu yang harus dihindari oleh penderita hipertensi karena hanya akan memperparah kondisi. Kandungan antioksidan didalamnya pun turut serta menghalau segala radikal yang dapat menghambat metabolisme tubuh termasuk darah tingi. Begitulah manfaat Jengkol untuk darah tingi atau hipertensi.

4. Mencegah osteoporosis

Si Jengkol ini mempunyai kandungan fosfor dan kalsium didalamnya. Zat ini bermanfaat sekali untuk membantu penguatan tulang. Selain menguatkan tulang juga mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas ya.Bagi anda penderita asam urat, sebaiknya jauhi makanan berbahan dasar Jengkol. Mengapa tidak boleh? Karena bisa dibilang manfaat Jengkol untuk asam urat tak ada. Mengkonsumsi Jengkol hanya akan memperparah kondisi kesehatan anda. Sebab, Jengkol memiliki kandungan zat purin didalamnya.

Akibat bila anda memaksakan diri mengkonsumsinya, apalagi dalam jumlah banyak, kadar asam urat akan meningkat. Sehingga purin akan bertambah, sendipun akan semakin membengkak dan mengalami peradangan yang bertambah parah. Belum lagi pengkristalan asam Jengkolat yang justru memperberat kerja ginjal anda. Bagaimanapun, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Meskipun mengakibatkan air seni pengkonsumsinya berbau tak sedap, setidaknya Jengkol masih membawa manfaat untuk tubuh ya. Tapi perlu diingat, setelah anda buang air kecil, siram sebersih mungkin agar tak mengganggu pernafasan. Oh iya, satu lagi. Untuk menghilangkan bau mulut akibat Jengkol setelah memakannya anda bisa mengonsumsi timun segar, atau sedikit kopi pahit. Dua bahan makanan itu diklaim ampuh mengatasi bau mulut akibat Jengkol.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *