Manfaat Jeruk Lemon

Manfaat Jeruk Lemon

Oleh /

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan memang telah dikenal oleh banyak orang sebagai cara alami untuk pengobatan. Selain itu khasiat kandungan dari buah lemon sendiri juga digunakan untuk mempercantik kulit maupun rambut.

Jeruk lemon mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin folat, magnesium, potasium, protein, kalsium, niasin, tembaga, zat besi, fosfor, seng dan juga flavonoid. Berikut penjelasan lebih jelas mengenai manfaat jeruk lemon untuk kesehatan.

Manfaat Jeruk Lemon Yang Perlu Anda Ketahui

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Lemon memang sangat baik dalam mengatasi berbagai macam masalah dalam pencernaan terutama sembelit atau sulit buang air besar. Cairan lemon mampu meningkatkan produksi empedu pada hati serta menjaga makanan agar tetap bergerak dengan baik sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu lemon juga bisa mengatasi masuk angin dan sakit perut karena maag.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk lemon ini paling cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi buah lemon yang mengandung pektin akan membuat perut menjadi lebih kenyang.

Perut yang sudah merasa kenyang bisa membuat Anda terhindar dari porsi makan yang berlebihan. Bahkan keinginan untuk nyemil makanan juga ikut berkurang sehingga berat badan ideal akan selalu terjaga dengan baik.

3. Membuat Gigi Lebih Putih

Buah lemon juga bisa membantu Anda memutihkan gigi. Gosok gigi dengan lemon segar selama beberapa menit dan kumur menggunakan air hangat. Cara yang lainnya adalah dengan mencampurkan ΒΌ jus lemon dengan baking soda hingga bisa membentuk pasta gigi tipis.

Oleskan pasta gigi yang sudah dibuat, tunggu selama 1 menit selanjutnya kumur dengan air hangat. Dengan cara ini tentunya Anda semakin hemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memutihkan gigi.

4. Mengatasi Masalah Stretch Marks

Manfaat jeruk lemon ini memang cocok bagi Anda yang memiliki masalah stretch marks pada beberapa bagian tubuh. Stretch marks sering kali dialami oleh wanita dengan tanda berupa guratan di beberapa bagian tubuh yang berwarna putih atau kemerahan. Tanda halus tersebut memang akan sangat mengganggu penampilan apalagi jika berada pada bagian tubuh yang mudah dilihat.

Stretch marks biasanya akan ada pada bagian pangkal paha, area dada, perut dan lengan atas. Masalah tersebut bisa diatasi dengan buah lemon, karena sifat asam yang terkandung di dalamnya mampu meringankan kulit serta membuat sel kulit mati terkelupas dan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat.

5. Mengatasi Masalah Ketombe Pada Rambut

Ternyata manfaat jeruk lemon juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut, bahkan perasan air lemon terbukti bisa mengurangi rasa gatal pada kepala. Jeruk lemon mampu menyeimbangkan kadar pH dan mengurangi minyak berlebih sebagai penyebab tumbuhnya ketombe.

Rasa gatal pada kepala bisa cepat hilang dengan lemon, karena buah ini mempunyai sifat anti bakteri yang cocok untuk mengatasi masalah infeksi kulit termasuk juga kulit kepala.

6. Mengurangi Komedo

Jeruk lemon yang digunakan secara rutin untuk perawatan wajah ternyata bisa membantu Anda bebas dari komedo. Produksi minyak sebagai penyebab komedo akan berkurang dengan kandungan sitrat yang ada pada buah lemon.

Manfaat jeruk lemon memang sudah terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan baik sebagai obat dalam maupun obat luar untuk perawatan kulit dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah lemon dengan jumlah yang lebih banyak agar kesehatan tubuh semakin terjaga. Jika ingin mengonsumsinya, salah satu cara yang paling sering dilakukan ialah dengan membuatnya menjadi minuman, sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan cara yang satu ini.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *