Manfaat Jintan Hitam

Oleh /

Manfaat habbatussauda/Jintan Hitam sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia, mungkin termasuk Anda. Tak heran, kita bisa menemukan sangat banyak produk suplemen kesehatan maupun kecantikan yang berbahan dasar Jintan Hitam. Sebenarnya, Jintan Hitam juga dikenal di seluruh dunia karena manfaatnya.

Penasaran apa saja manfaat itu? Simaklah artikel ini.

Kandungan zat dalam Jintan Hitam

  1. Air – 13.19 gram
  2. Niasin – 6.2 miligram
  3. Protein – 9,17 gram
  4. Serat – 3,6 gram
  5. Lemak – 9.12 gram
  6. Abu – 8.7 gram
  7. Kalsium – 80.1 miligram
  8. Kalori – 463
  9. Vitamin A – 20 miligram

9 Manfaat Terbaik Jintan Hitam

Dari banyak manfaat habbatussauda/Jintan Hitam, ada Sembilan manfaat yang paling menonjol karena sangat terasa bagi kesehatan anda. Beberapa di antaranya adalah kemampuan Jintan Hitam mencegah terjadinya kanker, kencing manis, obesitas, rambut rontok, penyakit kulit, dan infeksi seperti MRSA. Untuk mengetahui lebih lanjut, simaklah penjelasan di bawah ini.

1. Membantu memerangi kanker

Berkat kandungan zat fitokimia dan kemampuan antioksidan dari Jintan Hitam, tanaman ajaib ini bisa membantu mengobati kanker secara alami. Sekelompok ilmuwan dari Kroasia meneliti aktivitas anti kanker dari timokuinon dan timohidrokuinon menggunakan model hewan, dan menemukan bahwa kedua zat fitokimia tersebut menghasilkan penurunan jumlah sel tumor sebanyak 52 persen.

Beberapa penelitian dewasa ini juga menunjukkan bahwa timokuinon, komponen bioaktif yang terdapat dalam jumlah banyak pada Jintan Hitam bisa memicu apoptosis (kematian sel terprogram) pada sel kanker darah (leukemia), sel kanker payudara, serta sel kanker otak.

Selain itu, peneliti dari Sidney Kimmel Cancer Center menemukan bahwa Jintan Hitam tidak hanya bisa membunuh sel kanker pankreas, namun juga bisa menghambat perkembangan kanker pankreas. Kemampuan mencegah kanker ini ada berkat kandungan timokuinon dan sifat anti peradangannya.

2. Meningkatkan kesehatan hati

Hati adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Hampir semua toksin atau racun yang masuk ke tubuh kita diproses dan dinetralisir dalam hati. Enzim yang diproduksi oleh hati juga berfungsi untuk mencerna lemak serta menjaga anda tetap sehat.

Jika anda sedang bermasalah dengan fungsi hati karena efek samping pengobatan, konsumsi alkohol, atau penyakit tertentu, Jintan Hitam bisa mempercepat proses penyembuhan. Pada sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa Jintan Hitam menjaga fungsi hati dan mencegah kerusakan serta penyakit.

3. Memerangi diabetes

Seperti dijelaskan dalma sebuah artikel yang dipublikasikan Journal of Endocrinology and Metabolism, peneliti dari badan penelitian medis India menemukan bahwa Jintan Hitam bisa membantu regenerasi sel beta pada pankreas, meningkatkan tingkat serum insulin yang rendah, serta menurunkan glukosa yang tinggi. Penemuan ini menarik karena Jintan Hitam adalah satu dari sedikit tanaman di Bumi yang bisa membantu penyembuhan diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Menurut penelitian itu pula, Jintan Hitam meningkatkan toleransi pada glukosa, juga tidak menimbulkan efek samping apapun dan mempunyai toksisitas yang sangat rendah. Ini adalah penemuan penting karena metformin, salah satu obat diabetes tipe 2 yang paling sering diresepkan, mempunyai beberapa efek samping yang mengganggu seperti kembung, sembelit, diare, kulit pucat, puing, perubahan pada kuku, rasa logam dalam mulut, nyeri otot, serta sakit perut.

4. Membantu menurunkan berat badan

Klaim yang mengatakan bahwa Jintan Hitam bisa menurunkan berat badan ternyata memiliki bukti ilmiah. Journal of Diabetes and Metabolic Disorders menerbitkan sebuah penelitian yang melihat kembali beberapa literatur tentang tanaman yang memiliki sifat anti obesitas, dan menemukan bahwa Jintan Hitam adalah salah satu tanaman anti obesitas yang paling ampuh di dunia.

Sebuah tinjauan sistemaris lain dan meta analisis yang dipublikasikan pada tahun 2018 menonjolkan sebuah penemuan bahwa Jintan Hitam memang bisa membantu menurunkan berat badan. Suplemen Jintan Hitam juga terbukti bisa menurunkan indeks massa tubuh serta mengecilkan lingkar pinggang. Penting juga untuk diingat, bahwa manfaat dari Jintan Hitam ini bisa dirasakan tanpa adanya efek samping.

5. Melindungi kulit

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Iran, Jintan Hitam terbukti sama efektifnya dengan obat betamethasone. Jintan Hitam bisa meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi tingkat keparahan penyakit eksim. Selama anda tidak merasakan reaksi alergi dari Jintan Hitam, gunakanlah sesering mungkin karena dijamin tidak akan ada efek samping seperti halnya krim yang dijual di pasaran.

Bahan bethamethasone bisa menimbulkan reaksi yang tak nyaman seperti bengkak pada wajah atau tangan, sesak napas, perubahan warna kulit, bintik gelap pada wajah, mudah memar, dan nyeri otot. Bahkan ada kemungkinan anda merasakan penambahan berat badan pada leher, punggung, dada, atau pinggang. Memang lebih baik menggunakan bahan alami seperti Jintan Hitam.

6. Menyehatkan rambut

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, manfaat habbatussauda/Jintan Hitam juga bisa dirasakan pada rambut anda. Maka tak mengherankan jika Jintan Hitam sering dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Karena Jintan Hitam mengandung nigellone yang merupakan antihistamin yang hebat, Jintan Hitam bisa membantu kasus kerontokan rambut dan kebotakan. Dengan sifat antioksidan, anti bakteri, dan anti radangnya, Jintan Hitam bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala secara umum. Jintan hitam bisa mengurangi ketombe, melembabkan kulit kepala, serta meningkatkan kesehatan rambut.

7. Mengobati infeksi (MRSA)

Dari semua bakteri yang bisa diatasi oleh Jintan Hitam, methicillin resistant staphylococcus aureus adalah yang paling penting. MRSA sudah menjangkiti rumah sakit serta klinik di seluruh dunia karena infeksi bakteri staphylococcus biasa sudah kebal terhadap antibiotik generik. Kaum lansia lebih rentan terhadap infeksi ini karena mereka bisa terjangkit melalui prosedur seperti operasi dan sendi buatan. Karena kekebalan tubuh yang sudah menurun, kaum lansia adalah kelompok yang paling rentan terkena MRSA.

Untungnya, Jintan Hitam bisa membantu menangani infeksi ini. sekelompok ilmuwan dari Pakistan menemukan bahwa bakteri yang menyebabkan MRSA semuanya sensitive terhadap Jintan Hitam, maka Jintan Hitam bisa menghambat, bahkan menghentikan penyebaran MRSA.

8. Meningkatkan kesuburan

Selain bisa membantu mengatasi kerontokan rambut, manfaat Jintan Hitam yang tak kalah hebatnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesuburan pria. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada pria dengan masalah kesuburan, konsumsi minyak Jintan Hitam bisa meningkatkan jumlah serta pergerakan sperma.

Sebuah tinjauan sistematis yang dipublikasikan pada tahun 2015 dalam Journal of Herbal Medicine juga memuat tentang efek Jintan Hitam terhadap kesuburan pria. Para peneliti meninjau penelitian yang dilakukan di antara tahun 2000 hingga 2014, dan menyimpulkan bahwa jiten hitam bisa mempengaruhi sperma, sel Leydig, organ reproduksi, serta hormon secara positif.

9. Menyeimbangkan kolesterol

Apakah anda tahu bahwa manfaat habbatussauda/Jintan Hitam juga bisa dirasakan dalam hal mengatur jumlah kolesterol? Sebuah penelitian dengan subjek hewan yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa ekstrak Jintan Hitam tak hanya memiliki efek anti diabetes pada hewan, namun juga menyeimbangkan tingkat kolesterol. Setelah enam minggu mendapatkan asupan Jintan Hitam dalam dosis tertentu, semua subjek menunjukkan penurunan tingkat LDL (kolesterol jahat) dan glukosa, serta menunjukkan peningkatan jumlah kolesterol baik (HDL).

Ada juga sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada manusia dengan hipertensi ringan. Setelah delapan minggu mendapatkan suplemen Jintan Hitam, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang diberikan dosis Jintan Hitam dalam jumlah cukup mengalami penurunan tekanan darah sistol. Selain itu, suplemen Jintan Hitam juga menyebabkan penurunan jumlah kolesterol jahat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *