Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Siapa si yang tidak tahu kacang hijau? Sebuah tanaman yang identik dijadikan olahan bubur kacang hijau ini ternyata memiliki sejuta manfaat yang bisa Anda rasakan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa kacang hijau memiliki kandungan kalori dan serat yang tinggi. Tidak hanya itu saja, kandungan zat lain seperti vitamin, karbohidrat, protein dan nutrisi lainnya juga dimiliki oleh jenis biji-bijian yang satu ini.

Mau tahu apa saja manfaat yang dimiliki biji-bijian yang satu ini? Berikut ulasan manfaat kacang hijau yang harus Anda ketahui.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Meskipun kacang hijau memiliki kandungan kalori dalam satu cangkirnya 60kkl, ternyata kacang hijau bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini karena kacang hijau mengandung serat dan rendah lemak. Sehingga, berbagai jenis olahan kacang hijau sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin memiliki badan yang kurus.

Namun, bukan berarti dengan makan kacang hijau Anda akan langsung mendapatkan badan yang kurus. Tentunya, Anda harus mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur dan menerapkan hidup sehat.

2. Mengobati Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang serius jika tidak segera ditangani. Bagaimana tidak? Ini karena anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Padahal sel darah merah mempunyai peran yang begitu penting dalam hal mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Dengan kandungan zat besinya yang tinggi, kacang hijau menjadi salah satu menu yang wajib dikonsumsi penderita anemia. Zat besi sendiri merupakan salah satu zat yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. So, konsumsi kacang hijau sebagai makanan penambah darah agar Anda terbebas dari anemia.

3. Sangat Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Banyak orang zaman dahulu menyarankan bahwa ketika hamil harus sering-sering mengonsumsi kacang hijau. Ternyata, saran ini merupakan saran yang benar dan sangat dianjurkan dalam dunia medis. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh bidang kesehatan yang hasilnya menyatakan bahwa kandungan protein pada kacang hijau memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan sel janin.

Kacang hijau merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil, maka tak heran jika kebanyakan orang yang mengosnumsi kacang hijau saat hamil,.

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh wanita adalah kanker payudara. Ternyata untuk mencegah risiko penyakit ini Anda bisa menggunakan manfaat kacang hijau. Karena, dalam kacang hijau terdapat sebuah zat yang berguna untuk memerangi adanya virus. Zat ini jua dapat berguna untuk memperlambat tumbuhnya sel kanker ada payudara.

5. Diabetes

Memiliki penyakit diabetes membuat Anda tidak bisa bebas mengonsumsi makanan yang Anda suka. Ada lo satu makanan yang memiliki rasa yang enak namun tetap bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ia adalah si biji kacang hijau yang rendah akan glikemik.

Dengan kandungan glikemik yang tinggi ada kacang hijau ternyata memiliki fungsi untuk menormalkan kembali kadar gula darah.

6. Menyehatkan Jantung

Memiliki jantung yang sehat membuat Anda juga memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Dengan berolahraga secara rutin dan rajin mengonsumsi kacang hijau akan membuat jantung menjadi lebih sehat. Ini karena kandungan serat yang tinggi ada kacang hijau membantu menghilangkan flak yang menempel pada pembuluh darah, dengan begitu Anda akan terbebas dari berbagai penyakit jantung.

Salah satu nikmat yang paling nikmat adalah diberikan kesehatan. Salah satu cara agar menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat yaitu dengan menggunakan manfaat kacang hijau. Sebab, tanaman yang satu ini memiliki sejuta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *