manfaat kacang kedelai

Manfaat Kacang Kedelai

Oleh /

Kacang kedelai merupakan salah satu polong-polongan yang biasanya dijadikan bahan dasar dalam pembuatan tempe, tahu dan kecap. Kacang kedelai juga merupakansumber gizi protein nabati utama di Indonesia, pasalnya kacang kedelai ini kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, asam lemak essensial, serat, vitamin E dan vitamin K, isoflavon serta lesitin dan masih banyak lagi.

Namun di balik akan kaya manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan manusia, ternyata kacang kedelai juga menyimpan beberapa efek samping bagi tubuh. Yuk simak beberapa manfaat kacang kedelai serta efek sampingnya bagi kesehatan.

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

1. Baik untuk Perkembangan Otak

Manfaat kacang kedelai yang pertama ialah dipercaya dapat membantu dalam perkembangan otak dan meningkatkan kualitas otak. Karena lesitin yang terkandung didalamnya dapat memberikan asupan yang baik bagi otak dan mampu mencegah penyakit pikun yang biasanya di alami saat seseorang memasuki usia 50 tahun keatas, serta diketahui dapat menjadi pencegah penyakit alzheimer.

2. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit karena kurangnya sel darah merah pada tubuh, sehingga mengakibatkan si penderita lebih sering merasa lelah, lunglai dan letih sepanjang hari. Tentu hal ini dapat merusak konsentrasi dan menganggu hari Anda.

Nah, ternyata kacang kedelai ini merupakan salah satu makanan penambah darah yang baik karena kaya akan zat besi yang terkenal mampu membuat tubuh memproduksi sel darah merah dengan cukup.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang kedelai diketahui memiliki manfaat dalam membantu menurunkan berat badan seseorang. Dengan kandungan yang dimilikinya manfaat kacang kedelai kali ini mampu membuat Anda merasa kenyang dengan rentang waktu yang lumayan lama namun tetap memberikan Anda asupan gizi yang cukup.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang kedelai kali ini dapat mencegah dan melawan penyakit jantung yang mungkin sedang Anda derita. Hal ini dikarenakan kacang keledai memiliki kandungan non kolesterol dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mencegah Tuli Pada Telinga Manusia

Tuli adalah kondisi dimana seseorang memiliki kesusahan dalam mendengarkan suara di sekitarnya. Biasanya indera pendengaran akan mulai berkurang fungsinya saat seseorang mencapai usia 60 keatas.

Nah, bagi anda yang ingin tetap memiliki indera pendengaran yang tajam, maka anda dapat mencobanya dengan mulai mengonsumsi kacang kedelai secara berkala. Manfaat kacang kedelai ini di percaya di dalam masyarakat karena mengandung zink dan zat besi yang dapat memperluas kapiler dan memasok darah ke telinga manusia.

Kacang kedelai memang di kenal memiliki kandungan gizi, dimana manfaat kacang kedelai juga sangat banyak. Namun mengonsumsinya berlebihan juga kurang baik pada tubuh. Berikut adalah efek samping yang dimiliki oleh kacang kedelai.

  1. Kandungan isovlafon dan dan proteinnya dapat mengurangi hormon tiroid pada tubuh
  2. Kacang kedelai dapat memicu tumbuhnya batu ginjal karena kadar asam oksalat yang tinggi yang dimilikinya.
  3. Dapat menyebabkan kanker serviks dan penebalan pada dinding rahim akibat kandungan esterogen dan isovlafon yang dimilikinya.
  4. Dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang
  5. Dapat menyebabkan hypotiroid jika mengonsumsi kacang kedelai non-fermentasi

Dari 5 manfaat kedelai dan lima efek sampingnya, Anda sudah tahu bukan bahwa sebaik apapun makanan yang ada didepan Anda, tetap saja bisa memberikan dampak yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Itu sebabnya, Anda sebaiknya lebih bijaksana ketika memilih makanan yang akan dikonsumsi, apalagi bagi para ibu rumah tangga yang bertanggung jawab pada semua menu yang dimasaknya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *