Manfaat Kacang Merah

Manfaat Kacang Merah

Oleh /

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia tentu sudah tidak lagi merasa asing dengan bahan makanan ini. Namun, belum semua orang tahu mengenai manfaat kacang merah sehingga mereka hanya mengonsumsinya hanya karena menyukai cita rasanya. Hingga saat ini, jumlah konsumsi kacang merah memang belum sebanyak jumlah konsumsi kacang kedelai atau kacang-kacangan lainnya.

Itu artinya, dibutuhkan kesadaran dan pemahaman yang lebih mengenai manfaat kacang merah sehingga Anda memiliki keinginan yang lebih kuat untuk lebih sering mengonsumsinya. Beberapa manfaat dari bahan makanan ini yang perlu Anda tahu.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan Manusia

Dalam setiap 100 gram kacang merah yang Anda konsumsi, terdapat sekitar 13 gram serat larut dan tak larut. Serat tak larut ini akan Anda temukan paling banyak dalam kulitnya. Sementara dalam daging kacangnya banyak mengandung serat larut.

Seperti yang sudah anda tahu. Serat memiliki fungsi pokok untuk pencernaan dalam tubuh. Selain membantu lancarnya saluran pencernaan, serat ini juga di percaya mampu membuang racun-racun atau toksin yang ada dalam tubuh Anda. Selain itu manfaat kacang merah dapat membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir dan diare karena kacang merah menjaga tingkat keasaman dalam lambung anda.

2. Mengendalikan Nafsu Makan Anda

Nafsu makan yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan manusia, apalagi jika Anda memiliki kebiasaan memakan semua jenis makanan terlebih yang kurang sehat. Sementara itu, organ dalam pencernaan manusia juga membutuhkan waktu untuk istirahat dan mengolah makanan yang menjadi sumber energi manusia. Karena kacang merah terkenal akan kaya serat larut, protein, dan karbohidrat kompleks.

Maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi kacamg merah ini. Manfaat kacang merah ini di percaya mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Nah, dengan begitu anda pun tidak akan dengan gampang tergoda untuk mengisi perut anda selalu.

3. Mencegah Pikun

Bagi Anda yang sering kali merasa lupa akan hal-hal kecil hingga hal yang cukup penting. sepertinya Anda patut untuk mencoba mengonsumsi kacang merah lebih banyak mulai saat ini. Manfaat kacang merah kali ini membantu Anda memaksimalkan kerja otak dan daya ingat Anda.

Kacang merah mengandung Vitamin B yang sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak pada manusia. Saraf-saraf otak memerlukan kandungan vitamin B dan terutama kandungan vitamn B1 (Thiamin). Kandungan thiamin diperlukan sebagai salah satu pencegah penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes saat ini tidak lagi mengenal usia bagi penderitanya. Meskipun mayoritas menyerang golongan usia lansia, namun banyak juga ditemukan anak muda yang menderita diabetes ini saat ini. Kabar baiknya, ternyata manfaat kacang merah yang selanjutnya ialah bisa mencegah penyakit ini datang.

Cobalah dengan mulai mengonsumsi kacamg merah karena serat yang terkandung dalam kacang yang satu ini dapat membantu menjaga agar glukosa tidak cepat dilepas dalam darah.

Nah dengan demikian, kadar gula di dalam darah tidak akan melonjak secara drastis secara tiba-tiba sehingga memicu diabetes. Manfaat kacang merah ini juga cocok bagi penderita diabetes karena kacang merah dapat mencegah resistensi insulin yang diketahui dapat memperparah kadar gula darah seseorang yang terkena diabetes

5. Mencegah Penuaan Dini

Impian manusia dengan memiliki wajah dan kulit yang tampak selalu terlihat muda meski sudah dimakan usia. Manfaat kacang merah ternyata tak hanya untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit, namun untuk kecantikan juga. Kacang merah terkenal mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan antioksidan yang dimilikinya lebih besar dari sayuran dan buah-buah tertentu. Diantara jenis kacang yang lain, kacang merah memiliki antioksidan paling tinggi yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh manusia .

Nah, di atas adalah 5 manfaat kacang merah yang membuat pola hidup anda akan lebih sehat. Meskipun memiliki manfaat yang cukup banyak, namun tetap saja sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan ini terlalu banyak.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *