Manfaat kacang Mete

Oleh /

Kacang mete atau biasa yang dikenal dengan sebutan kacang mede cukup populer di masyarakat dan bahkan ada beberapa yang ingin memiliki kacang jenis ini. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa kacang mete begitu popular di masyarakat. Alasannya karena dari segi rasanya yang enak, lezat dan gurih.

Namun, selain segi rasanya kacang mete juga kaya akan khasiat dan manfaatnya untuk masyarakat. Manfaat kacang mete diantaranya adalah sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga dalam bidang kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kacang mete yang kaya akan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan dalam Kacang Mete

Berkaca pada penjelasan sebelumnya mengenai kacang mete yang kaya akan manfaatnya. Dengan menilik dari kandungan gizi dan nutrisi inilah yang membuat kacang ini cukup terkenal di masyarakat. Namun, apa saja kandungan dalam kacang mete ini juga sangat menarik untuk anda ketahui? Untuk lebih jelasnya mengenai informasi kandungannya dapat anda simak pada penjelasan berikut ini.

1. Kalori

Kandungan kalori merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh agar dapat beraktivitas dan bergerak dengan leluasa. Karena bila tidak terdapat kalori dalam tubuh tentunya akan berakibat tubuh tidak dapat melakukan aktivitas. Dan perlu anda ketahui dengan mengkonsumsi kacang mete akan membuat tubuh anda kaya akan kalori.

Hal ini karena setiap 100 gram kacang mete terdapat kandungan total 553 kalori. Jumlah tersebut tentunya cukup banyak bagi tubuh bukan? Namun, tenang saja kacang mete tersebut aman kok untuk dikonsumsi.

2. Asam tak Jenuh Tunggal

Dalam kacang mete juga terdapat kandungan asam tak jenuh tunggal yang merupakan salah satu kandungan gizi berbentuk senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan ini pastinya akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan signifikan. Khususnya bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

3. Mineral

Kacang mete juga kaya akan kandungan mineralnya seperti tembaga, magnesium, kalsium, kalium, bahkan sampai nukleat juga terkandung dalam kacang mete. Pastinya dengan adanya kandungan ini berhubungan erat dengan proses pertumbuhan pada tubuh seseorang. Sehingga manfaat kacang mete juga berkaitan dengan pertumbuhan.

4. Vitamin

Vitamin merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi proses pencernaan dan kecantikan kulit. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsi kacang jenis ini karena tidak akan menyebabkan jerawat pada wajah.

5. Antioksidan

Siapa yang tak kenal dengan istilah antioksidan yang merupakan salah satu jenis senyawa yang sangat diperlukan oleh tubuh dimana berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas. Dan senyawa penting ini terkandung dalam kacang mete. Sehingga, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh, anda bisa mengkonsumsi kacang mete.

Manfaat Kacang Mete dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tentunya tidak lengkap ya mengkonsumsi suatu makanan namun tidak mengetahui manfaatnya bagi kehidupan manusia. Bila anda ingin mendapatkan manfaat dari kacang mete dalam kehidupan anda, maka sangatlah penting untuk mengetahui ulasan berikut ini.

Apabila salah satu manfaatnya merupakan sesuatu yang anda butuhkan, maka sebaiknya anda mengkonsumsi kacang mete. Dan berikut ini informasi mengenai manfaat kacang mete untuk kehidupan sehari-hari.

1. Mencegah Batu Empedu 

Batu empedu merupakan salah satu penyakit yang terjadi di dalam kantung empedu. Penyakit ini menyerang empedu karena adanya masalah dalam menyerap nutrisi dalam makanan, terutama pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol.

Untuk anda yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi, maka akan mengakibatkan kinerja pada empedu menjadi lebih berat. Dimana akan menyebabkan empedu terganggu dalam melakukan penyerapan pada makanan.

Dan bila keadaan ini terus berlanjut sampai terjadi penumpukan, akibatnya sisa-sisa penyerapan itu akan membentuk sebuah batu dalam empedu anda. Namun, bila anda rutin mengkonsumsi kacang mete gangguan pada empedu tadi bisa dicegah. Karena, kacang mete mempunyai kandungan yang dapat membantu proses penyerapan lemak dan koleserol jahat. 

2. Mencegah Jantung Koroner

Pada sekarang ini manusia lebih menyukai pola hidup yang instan dimana sering mengkonsumsi makanan siap saji dalam kesehariannnya tanpa memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Padahal bila anda lebih teliti lagi dalam menilik kandungan makanannya, dalam makanan itu terkandung asupan kolesterol jahat yang tinggi.

Sehingga bila masuk dalam tubuh, jenis makanan itu akan membuat fungsi dalam tubuh menjadi terganggu. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini anda sebaiknya menghindari dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Namun, bila anda menjadi salah satu penikmat dari makanan berkolesterol tinggi, maka sebaiknya anda juga mencoba untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada makanan yang anda konsumsi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kacang mete. Kacang mete memang dapat mencegah penyakit jantung koroner yang diakibatkan oleh kolesterol jahat.

3. Mencegah Kanker 

Kanker merupakan salah satu penyakit pada tubuh yang ditimbulkan akibat dari pertumbuhan sel jahat yang merusak sel-sel pada tubuh lainnya dan dapat mengakibatkan tubuh tidak bisa berfungsi sebagaimana kondisi sebelumnya. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara agar bisa mencegah penyakit mematikan ini.

Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi kacang mete secara rutin. Karena dalam kacang mete terdapat zat yang disebut flavanol atau yang biasa dikenal dengan nama proanthocyanidins. Dimana akan berguna pada tubuh untuk menghentikan laju sel-sel kanker yang berkembang.

4. Mencegah Radikal Bebas

Sebagaimana yang anda ketahui, radikal bebas merupakan suatu keadaan dimana tubuh menjadi lebih mudah untuk terserang atau pertumbuhan sel-sel kanker. Bila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan pertumbuhan sel kanker semakin cepat dan tentunya akan merusak sel tubuh secara menyeluruh.

Namun, hal ini masih bisa dicegah yaitu dengan mengkonsumsi kacang mete. Karena terdapat kandungan tembaga yang sangat tinggi. Kandungan ini tentunya sangat baik bagi tubuh karena akan membuat radikal bebas bisa dicegah secara menyeluruh.

5. Memperlancar Metabolisme

Sistem pada metabolisme tubuh merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengatur bagaimana suatu nutrisi yang masuk didalam tubuh kemudian disaring dan diserap dengan semaksimal mungkin. Bila ada nutrisi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, maka oleh sistem metabolisme yang fungsinnya masih baik segera membuangnya ke saluran pembuangan.

Namun, jika anda mengkonsumsi kacang mete sehari-harinya maka sistem metabolisme dalam tubuh anda akan terlindungi dengan baik. Alasannya karena, sistem metabolisme ini bisa ditingkatkan dengan adanya kandungan vitamin yang dikonsumsi dalam jumlah tinggi pada masyarakat.

Selain itu, kacang mete merupakan salah satu makanan yang mempunyai kandungan vitamin dalam jumlah yang cukup banyak dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, akan memperlancar kinerja sistem metabolisme pada tubuh anda.

6. Menjaga Berat Badan

Berat badan pada seseorang sebaiknya dijaga agar tetap dalam keadaan yang normal. Namun, bila anda mempunyai berat badan yang berlebihan, maka sebaiknya anda berhati-hati dengan resiko obesitas yang menyerang anda. Karena obesitas akan membahayakan tubuh anda seperti rentan terhadap serangan penyakit diabetes.

Selain itu, penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan karena beakhir seperti kematian. Oleh karena itu, untuk menjaga berat badan anda agar tidak berlebih, anda bisa menggunakan kacang mete sebagai salah satu bahan makanan yang masuk dalam list program diet anda. Karena kandungannya dinilai aman untuk menjaga berat badan anda.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *