Manfaat Kacang Panjang

Oleh /

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Sebenarnya tak mengherankan, karena banyak masakan nusantara yang menggunakan sayur kacang panjang sebagai bahan utama seperti lodeh dan sayur asem. Di balik kelezatannya, ternyata banyak manfaat kacang panjang yang mungkin belum anda ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, simak di artikel ini!

Kandungan Kacang Panjang

1. Rendah Kalori

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran tertua yang dibudidayakan. Tentunya ada alasan yang kuat di balik pembudidayaan kacang panjang sebagai salah satu bahan makanan yang paling baik bagi manusia.

Kacang panjang adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalori paling rendah, hanya 47 kalori tiap 100 gram kacang panjang. Maka kacang panjang juga baik dikonsumsi saat anda sedang menjalankan program diet.

2. Serat

Kacang panjang juga memiliki sangat banyak serat larut maupun tak larut. Karena seluruh bagian kacang panjang dapat dimakan, maka serat pangan dalam kacang panjang seluruhnya dapat diperoleh tubuh anda. Serat pangan mempunyai beberapa fungsi, seperti melindungi mucus (lendir) usus besar dengan cara mengurangi waktu terekspos ke zat berbahaya.

Selain itu, serat juga bisa mengikat zat kimia penyebab kanker di dalam usus besar. Bahan makanan yang kaya serat juga diketahui dapat mengurangi tingkat LDL (kolesterol jahat) dengan cara mengurangi penyerapan ulang asam pengikat lemak di dalam usus besar.

3. Folat

Kacang panjang juga merupakan salah satu sumber folat yang terbaik. 100 gram kacang panjang memiliki kandungan 62 mikrogram atau 15 persen dari kebutuhan folat harian anda. Folat,bersama dengan vitamin B12, merupakan salah satu komponen paling penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel. Kecukupan folat dalam asupan gizi anda juga bisa mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

4. Vitamin C

Kacang panjang mengandung vitamin c dalam jumlah besar. 100 gram kacang panjang mengandung 18.8 miligram atau 31 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C sendiri adalah antioksidan kuat yang larut dalam air,dan jika anda memperolehnya dalam jumlah yang cukup, vitamin c akan membantu melawan infeksi, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan melindungi Anda dari risiko kanker.

5. Vitamin A

Selain vitamin C, kacang panjang juga merupakan sumber dari vitamin lain yaitu vitamin A. dengan kandungan vitamin A sebanyak 865 IU dalam 100 gramnya, kacang panjang memiliki lebih banyak vitamin A dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima, fava, buncis, dan lainnya.

Vitamin A adalah salah satu vitamin paling penting untuk kesehatan yang bisa didapat melalui konsumsi makanan. Vitamin A mempertahankan kesehatan membran mukus, mempercantik kulit, dan meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari.

6. Mineral

Yang tak kalah pentingnya, kacang panjang memberikan anda jumlah mineral yang penting bagi tubuh seperti zat besi, tembaga, mangan, kalsium, dan magnesium. Tubuh anda akan menggunakan mineral mangan sebagai kofaktor (pendorong terjadinya reaksi) untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

Dalam bahan makanan alami seperti kacang panjang, pastinya ada sejumlah efek positif yang akan diterima oleh tubuh anda saat mengkonsumsinya. Berbagai jenis kacang-kacangan yang tersedia kaya akan kandungan gizi yang akan menyehatkan tubuh anda. Di bawah ini adalah berbagai manfaat kacang panjang bagi tubuh.

1. Mencegah Diabetes

Hampir semua jenis sayuran, termasuk kacang panjang, bisa membantu mengatur kadar gula darah yang berarti bisa mencegah terjadinya diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendahkalori serta rendah gula sehingga tidak masalah jika dikonsumsi orang dengan gangguan kadar gula darah. Buatlah suatu jus dari 3 sampai 4 helai kacang panjang setiap pagi, dicampur dengan sedikit air dan minumlah secara teratur.

Jika anda tidak tahan dengan bau atau rasanya, anda bisa menambahkan tomat atau buah lain yang anda suka. Jika konsumsi kacang panjang bertujuan mencegah diabetes karena anda belum menderita penyakit ini, maka anda juga bisa menambahkan pemanis seperti madu atau gula tebu dalam jumlah yang tak berlebihan.

2. Kesehatan Jantung

Kacang panjang juga mengandung nutrisi yang berguna untuk menyehatkan jantung. Dengan mengkonsumsi kacang panjang secara teratur, anda juga bisa sekaligus menghindari penyakit jantung. Kandungan vitamin K yang banyak dalam kacang panjang bisa mencegah pembengkakan arteri, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung coroner dan gagal jantung.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin K2 yang merupakan salah satu jenis vitamin K, digabungkan dengan vitamin D bisa mencegah kalsifikasi arteri koroner dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler.

3. Sumber antioksidan

Manfaat yang dipunyai antioksidan sangat penting untuk tubuh, karena bisa mencegah penuaan dini dengan cara menangkal radikal bebas. Kacang panjang adalah sumber makanan yang kaya antioksidan. Selain beberapa nutrien antioksidan yang konvensional seperti vitamin C dan beta karoten, kacang panjang juga mengandung mineral bernama mangan yang penting untuk memperlancar kerja antioksidan.

Kacang panjang mengandung banyak jenis karotenoid (termasuk lutein, beta karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaempferol, katekin, epikatekin, dan prosianidin) yang semuanya menunjukkan sifat-sifat antioksidan.

4. Mencegah Osteoporosis

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam kacang panjang adalah salah satu faktor yang membuatnya bisa mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin K dalam sayuran ini paling tidak bisa mencukupi sekitar 20 persen dari jumlah vitamin k yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap harinya.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam kacang panjang juga memberi efek yang baik untuk sistem pencernaan anda. Serat bisa membantu atau memperlancar BAB, serta membantu anda mencegah masalah pencernaan lainnya seperti konstipasi (sembelit) atau penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker usus besar.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mencegah osteoporosis, ada banyak penyakit yang bisa terjadi pada tulang sehingga penting bagi kita untuk menghindarinya. Vitamin K dan mangan yang terdapat di dalam kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan membuatnya tetap kuat sampai lanjut usia.

 

Manfaat lain dari beberapa vitamin yang ditemukan dalam kacang panjang juga sangat membantu dalam hidup keseharian kita, seperti berikut ini:

1. Vitamin K

Vitamin K mempunyai beberapa manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah osteoporosis, mencegah penyakit Alzheimer (pikun), dan mencegah diabetes.

2. Mangan

Walau masih jarang terdengar, mangan juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya menjaga kesehatan tulang, kesehatan kulit, mengontrol kadar gula darah, menangkal radikal bebas,dan mencegah epilepsi.

3. Serat

Seperti yang kita semua tahu, serat mempunyai manfaat seperti melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi atau sembelit, menjaga berat badan, mencegah penyakit stroke, dan menjaga kesehatan kulit.

4. Vitamin C

Vitamin C biasanya dikenal sebagai pencegah sariawan, tetapi selain itu, vitamin ini juga bisa mencegah katarak, mencegah stres, dan menjaga kesehatan kulit.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai