Manfaat Kayu Manis

Oleh /

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah – rempah yang memiliki aroma khusus dan ternyata juga memiliki banyak manfaat. Khususnya manfaat kayu manis bagi kesehatan. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai antijamur, antiradang bahkan antiseptik dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Untuk cara kerja kayu manis hingga bisa menjadi bermanfaat bagi kesehatan masih belum diketahui karena belum ada penelitian yang secara khusus membahas cara kerja kayu manis sampai berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, ada beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa kulit kayu manis yang lebih efektif dalam mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

Jika anda ingin menggunakan kayu manis sebagai pengobatan atau terapi untuk keluhan kesehatan, anda harus terlebih dahulu konsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli herbal untuk mengetahui dosis yang tepat dan boleh untuk digunakan.

Berdasarkan beberapa sumber menjelaskan bahwa dosis yang sering digunakan adalah 1 – 1,5 gram setiap harinya. Dosis tersebut digunakan untuk penderita diabetes. Namun, dosis obat herbal biasanya berbeda – beda sesuai dengan tingkat keseriusan penyakit dan juga dipengaruhi oleh usia penderita.

Kayu manis dapat anda konsumsi dalam beberapa bentuk yaitu bentuk kulit kayu yang sudah dikeringkan, minyak atsiri, daun kayu manis, ekstrak cairan kayu manis, bubuk kayu manis dan sirup kayu manis. Untuk manfaat kayu manis bagi kesehatan secara lebih rinci akan di jelaskan berikut di bawah ini.

Manfaat Kayu Manis Yang Di Campur Dengan Rempah – Rempah Lain Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah – rempah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu rempah – rempah tersebut adalah kayu manis. Rempah – rempah yang biasa anda gunakan untuk pelengkap masakan dengan bentuk kayu kering tersebut sangat berguna bagi kesehatan. Berikut manfaat yang bisa diperoleh jika mengkonsumsi ramuan kayu manis.

1. Kayu Manis Untuk Program Diet

Manfaat kayu manis yang pertama adalah sebagai penurun berat badan, merupakan salah satu ramuan yang selalu dicari oleh para wanita yang menginginkan berat badan proporsional. Penelitian dari sebuah Universitas yaitu University of Michigan Life Sciences Institute membuktikan bahwa kayu manis mengandung Cinnamaldehyde.

Sebuah zat yang berguna untuk membakar lemak tubuh dengan sempurna. Jika anda ingin menggunakan ramuan kayu manis untuk diet, anda hanya perlu merebusnya sampai matang dan kemudian meminumnya. Akan lebih baik hasilnya jika anda mencampurnya dengan sedikit madu.

2. Kayu Manis Untuk Kosmetik atau Perawatan Wajah

Manfaat selanjutnya adalah sebagai perawatan wajah, masih manfaat yang sangat diharapkan oleh para wanita.yang biasa digunakan untuk perawatan kulit yang paling utama adalah untuk perawatan wajah.

Kayu manis digunakan untuk perawatan wajah karena bersifat antibiotik dan antimikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, alergi bahkan infeksi bakteri. Jika anda ingin menggunakan kayu manis sebagai perawatan kecantikan. Gunakanlah produk essensial minyak kayu manis untuk perawatan pada kulit yang mengalami peradangan, nyeri dan merah – merah karena alergi.

Bisa juga anda menggunakan yang bentuk bubuk, gunakan sebagai lulur dengan cara mencampurnya dengan madu kemudian mengoleskan ke bagian kulit tubuh yang ingin anda rawat, misalnya untuk masker wajah atau untuk kulit tangan dan kaki.

3. Kayu Manis Untuk Kesuburan

Selanjutnya adalah kayu manis sebagai penambah kesuburan. Terapi ini sangat membantu pasangan yang ingin mendapatkan buah hati namun belum mendapatkannya. Sebuah penelitian yang di bahas oleh Natural Fertily Info. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa jika wanita mengkonsumsi kayu manis akan mengurangi risiko terkena penyakit Polycystic Ovary Syndrom.

Penyakit tersebut jika menyerang wanita akan membuat fungsi ovarium bermasalah sehingga kesimbangan hormonnya terganggu. Kayu manis mengandung enzim Phosphatidylinositol 3 – kinase yang akan melawan penyebab gangguan hormon tersebut.

Selain untuk mengatasi masalah gangguan hormon, kayu manis juga berfungsi untuk melancarkan siklus menstruasi wanita. Sehingga ramuan ini sangat tepat untuk anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

4. Kayu Manis Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Tinggi

Kandungan Antioksidan yang tinggi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu bisa juga digunakan untuk memperlambat proses penuaan, mencegah terjadinya stres oksidatif, dan juga bisa digunakan untuk mengatur pembentukan oksida nitrat dalam peroksida darah dan lemak yang bisa menyebabkan gangguan otak , kanker dan penyakit ganas lainnya.

Jenis antioksidan yang terdapat dalam kayu manis ada banyak beberapa diantaranya adalah poifenol, asam fenolik, dan flavonoid. Selain itu kandungan antioksidannya juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya radang pada seluruh bagian tubuh karena zat anti inflamasi yang ada di dalam kayu manis.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kayu manis bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, dan juga mampu mencegah gangguan jantung yang lainnya jika anda mengkonsumsinya rutin sesuai dengan aturan dokter atau ahli herbal yang berpengalaman.

Berbagai gangguan jantung yang bisa di cegah adalah peningkatan kadar kolesterol, tingginya kadar trigliserida dan juga tekanan darah yang tinggi. Hal tersebut bisa diatasi karena adanya zat antioksidan yang mencegah terjadinya pembekuan darah.

6. Untuk Melawan Diabetes

Manfaat kayu manis yang sudah banyak dibuktikan adalah sebagai obat atau terapi diabetes. Kayu manis diketahui mengandung zat aktif yang mampu mencegah tingginya kadar gula dalam darah yaitu zat alanin. Alanin berfungsi untuk mencegah terjadinya peningkatan glukosa dalam darah sehingga risiko terjadinya diabetes dapat di tekan menjadi lebih kecil.

7. Mencegah Terjadinya Kanker

Zat antioksidan memiliki banyak sekali manfaat, selain manfaat yang sudah di jelaskan di atas. Antioksidan juga bisa digunakan sebagai anti kanker. Zat antioksidan akan bekerja melindungi sel dari terjadinya mutasi sel dan juga mencegah terjadinya kerusakan DNA.

Selain itu, kayu manis juga memiliki kandungan zat cinnamaldehyde yang bisa menghambat pertumbuhan tumor kanker dan juga melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker.

8. Meringankan Rasa Sakit Ketika Menstruasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National center for Biotechnology, sebagian besar wanita mengalami kram ketika menstruasi dan sering menyebabkan rasa sakit yang sangat kepada wanita. Kayu manis dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meredakan sakit kram karena menstruasi. Karena kayu manis memiliki sifat analgesik dan anti koagulasi yang bisa mengurangi rasa nyeri.

9. Meningkatkan Imunitas

Kayu manis juga bisa anda gunakan sebagai penambah daya tahan tubuh,caranya adalah dengan menyeduh kayu manis kering dan minum airnya. Kandungan zat antioksidan yaitu polifenol dan proantocyanidins berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu jika anda rajin mengkonsumsi air rebusan kayu manis. Anda juga bisa terhindar dari infeksi jamur dan bakteri.

10. Mengatasi Masalah Sakit Gigi, Pendengaran dan Mengobati Flu

Masalah sakit gigi, masalah pendengaran, dan juga flu bisa anda atasi dengan minum air kayu manis. Air kayu manis yang anda campur dengan madu bisa untuk mengatasi masalah sakit gigi dan mempertajam indera pendengaran. Serta bisa anda gunakan untuk mengobati flu dengan cara meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Berikut tadi manfaat kayu manis untuk kesehatan, dimana setiap 1 sendok teh kayu manis mengandung 19 kalori, 4 gram serat, kalsium, zat besi, vitamin K dan mangan yang mana semua kandungan kayu manis tersebut berguna untuk kesehatan.