Manfaat kecambah

Ditulis oleh: /

Kecambah atau biasa dikenal dengan tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang dipanen ketika kacang hijau dalam bentuk kecambah. Kecambah kaya akan manfaat salah satunya untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun wanita. Maka, tak heran banyak sekali pasangan suami istri yang sering mengkonsumsi kecambah dalam kesehariannya.

Selain untuk meningkatkan kesuburan, banyak sekali manfaat kecambah yang bisa anda dapatkan bila mengkonsumsinya secara rutin. Hal ini karena kecambah mengandung enzim-enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin E yang yang berguna sebagai anti-oksidan dimana berfungsi melindungi sel-sel telur dari serangan radikal bebas.

Kandungan dalam Kecambah

Dengan berkaca pada penjelasan diatas mengenai manfaat kecambah sebagai peningkat kesuburan pada wanita maupun pria. Pastinya anda penasaran bukan dengan kandungan nutrisi yang terkandung didalam kecambah hingga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Untuk menjawab rasa penasaran anda, simak saja ulasan berikut ini.

1. Antioksidan

Dalam kecambah terdapat juga kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga dan melindungi sperma pada pria dari segala macam serangan radikal bebas. Tentunya, dengan mengkonsumsi kecambah secara rutin dapat membuat pria memproduksi sperma dengan kualitas yang baik.

2. Vitamin C

Selain terkandung pada jenis buah-buahan, kecambah juga kaya akan vitamin C loh. Vitamin C pada kecambah dapat berguna untuk menjaga kekebalan pada tubuh anda agar tidak rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Oleh karena itu, konsumsilah kecambah dengan teratur pada tiap harinya.

3. Vitamin E

Vitamin E yang terkandung pada makanan memang sangat berguna bagi tubuh. Karena dapat meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria. Namun, bukan hanya pada makanan saja, kandungan vitamin E juga terdapat pada kecambah juga loh.

Kandungan vitamin E pada kecambah berguna untuk mencegah terjadinya penuaan dini terutama pada wajah anda. Selain itu, kecambah juga dapat menambah stamina dalam berhubungan seksual pada pria dewasa. Sementara pada wanita, kecambah berguna menjaga kesehatan dan kelembaban pada kulit sehingga akan terlihat awet muda.

4. Asam Folat 

Bagi anda yang sedang menjalankan program kehamilan, maka konsumsilah kecambah dengan rutin. Karena kecambah kaya akan asam folat dimana sangat mendukung sekali dalam proses perkembangan janin. 

Manfaat Kecambah bagi Kesehatan

Setelah kita membaca penjelasan diatas mengenai kandungan dalam kecambah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kecambah memang terbukti dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita maupun pria. Selain itu, ditemukan juga banyak manfaat kecambah yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda.

1. Mengatasi Anemia

 Bila anda rentan terhadap serangan penyakit anemia dimana sel darah merah berkurang, maka tidak ada salahnya untuk memulai mengkonsumsi sayuran mungil ini dengan teratur. Hal ini karena kecambah dapat membantu pembentukan hemoglobin pada tubuh anda. Seperti yang anda ketahui, hemoglobin adalah salah satu protein yang terkandung dalam sel darah merah.

Selain itu, kandungan lain pada kecambah seperti Vitamin C juga dapat membantu proses penyerapan dari zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, akan menurunkan resiko dari kekurangan zat besi.

2. Mengatasi Obesitas

Jika anda memiliki masalah dengan obesitas atau kegemukan dan mempunyai niatan untuk menurunkan berat badan anda. Maka, cobalah dengan mengkonsumsi kecambah secara teratur. Karena kecambah memiliki kandungan lemak yang rendah sekitar 0, 11 gram dengan ukuran satu mangkuk kecambah.

Tentunya, dengan menjadikan kecambah sebagai menu makanan anda sehari-hari, maka   dengan perlahan berat badan anda akan menurun. Ini berarti dengan mengaplikasikan diet rendah lemak dengan kecambah merupakan salah satu cara paling aman untuk menurunkan berat badan anda agar mencapai berat badan yang ideal.

3. Melancarkan Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan kerap sekali menjadi masalah yang perlu ditangani dengan sesegara mungkin. Karena akan menyebabkan rasa sakit pada alat ekskresi. Untuk mengobatinya maka cobalah dengan mengkonsumsi kecambah. Kecambah mempunyai sifat basa dimana akan menjaga dan mengatur tingkat produksi keasaman pada lambung.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kecambah pastinya dapat memperbesar kontraksi pada saluran pencernaan anda. Sehingga dapat berguna untuk memperlancar saluran ketika sedang buang air besar.

4. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh bila tidak ditangani dengan tepat. Selain itu, juga dapat berakibat fatal seperti kematian. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mencegah terjadinya kanker itu supaya tidak menyerang anda,

Salah satunya dengan cara mengkonsumsi kecambah secara teratur. Hal ini karena kandungan oksidan dalam kecambah dapat membantu menghentikan pembelahan pada sel-sel kanker dan memperlambat terjadinya proses penuaan pada kulit.

5. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang biasanya menyerang siapa saja yang berusia lanjut. Namun, penyakit ini rentan menyerang kaum wanita. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi kecambah untuk mencegah penyakit tersebut.

Hal ini karena dalam kecambah terdapat kandungan estrogen yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan ketebalan pada tulang. Selain itu juga dapat memperbaiki struktur pada tulang yang tidak benar dan juga dapat mencegah terjadinya proses kebusukan pada tulang. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang dengan mengkonsumsi kecambah secara teratur.

6. Mencegah Serangan Jantung

Penyakit jantung mempunyai dampak yang berbahaya bagi tubuh bila tidak segera ditangani. Karena dapat menimbulkan penyakit lain seperti stroke atau bahkan bisa mengalami kematian. Maka dari itu agar terhindar dari salah satu penyakit itu mulailah dengan menjaga pola makan anda dan gaya hidup anda.

Salah satunya dengan mengkonsumsi kecambah. Hal ini karena kandungan dalam kecambah dapat melawan kandungan lemak jahat yang menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsilah kecambah secara teratur tiap harinya agar terhindar dari penyakit berbahaya itu.

7. Mencegah Masalah Menstruasi

Masalah menstruasi pada kaum wanita memang membuat masalah tersendiri yang mana dapat menjadi sebuah teror yang sangat menakutkan. Tentunya, ini disebabkan menstruasi adalah salah satu halangan terutama bagi kaum wanita untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini karena masalah pada menstruasi juga dapat menyulitkan anda untuk mengenali masa subur.

Nah, agar anda terus-terusan tidak diteror karena masalah menstruasi ini. Maka konsumsilah kecambah dengan rutin. Karena kandungan oksidasi pada kecambah dapat meningkatkan sirkulasi pada aliran darah, Dimana dapat mencegah serta menetralkan hormon-hormon yang menjadi penyebab masalah menstruasi.

8. Mengatasi Masalah Wanita

Pada kaum wanita pastinya kerap sekali mengalami gejala seperti pra-menopause dan menstruasi yang tidak teratur. Masalah pra-menopouse dapat menjadi teror yang menakutkan juga bagi para kaum wanita terutama bagi anda yang belum mempunyai keturunan, sedangkan usai terus menerus bertambah setiap tahunnya.

Menopouse pada umumnya terjadi saat seorang wanita menginjak usia 40 sampai 45 tahun. Pastinya, masalah ini sangatlah membuat anda begitu terbebani apalagi ditambah belum mendapatkan keturunan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengkonsumsi tauge secara rutin agar terhindar dari segala macam teror seperti masa pra-menopause, menopause dini, atau bahkan haid yang tidak teratur. Selain itu, juga dapat menurunkan resiko kanker payudara.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *