Manfaat Kencur

Oleh /

Kencur merupakan salah satu bahan dapur yang sering masuk menu belanjaan ibu rumah tangga. Tentu saja ini membuatnya banyak di temui di setiap dapur. Dan ternyata selain di gunakan sebagai rempah-rempah pelengkap, manfaat kencur juga sangat banyak, khususnya di bidang kesehatan. Manfaat ini perlu Anda ketahui dan bisa di aplikasikan juga.

Nah, sampai di sini pastinya Anda sudah penasaran bukan dengan berbagai manfaat kencur untuk kesehatan tersebut. Untuk mendapatkan jawabannya, jangan khawatir karena informasi terkait sudah tersedia dalam ulasan berikut ini.

Kandungan Dalam Kencur

Namanya manfaat tentu saja berasal dari berbagai kandungan yang di milikinya. Dalam hal ini kencur memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan karena di dalam kencur sendiri terdapat berbagai kandungan menarik yang harus Anda ketahui lebih jauh. Dan diantara kandungan penting tersebut bisa Anda lihat dafatarnya di bawah ini.

1. Pati

Kandungan pertama dalam kencur adalah pati. Dalam hal ini kandungan pati tersebut cukup banyak, yakni dengan presentase 4% lebih. Meskipun jika di bandingkan dengan beberapa kandungan lainnya ada yang lebih banyak lagi.

2. Mineral

Selain pati, kencur juga kaya akan mineral. Dari sekian banyak jenis mineral, ada beberapa yang terkandung di daman pati. Sedangkan presentase kandungan mineralnya adalah sebanyak 13.7 %. Dan di bandingkan dengan kandungan patinya, jelas ini lebih banyak.

3. Minyak-minyak atsiri

Kandungan selanjutnya yang juga bisa di temukan di dalam pati adalah minyak atsiri. Bahkan tidak hanya satu dua jenis minyak atsiri yang ada di dalamnya, ada beberapa jenis minyak atsiri yang bisa Anda temukan dalam pati. Diantaranya sineol, atil ester, asam anisat dan lain sebagainya. Namun untuk presentasenya hanyalah 0.02 % saja.

Apa Saja Daftar Manfaat Kencur Untuk Kesehatan?

Setelah mengetahui bahwa ada banyak kandungan penting dalam kencur, kini saatnya untuk mengenal apa saja manfaat kencur untuk kesehatan. Setelah mengetahuinya, jika mungkin Anda memiliki keluhan yang berhungan dengan salah satunya, bisa langsung mengaplikasikan kencur untuk obat maupun pencegah. Dan daftar manfaat kencur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Membantu Menghilangkan Lelah

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan cukup berat dan sering mengalami kelelahan yang tinggi, maka kencur bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah Anda. Dalam hal ini kencur untuk penghilang lelah bisa di buat dengan mudah dan simpel ternyata. Anda cukup dengan merebus kencur dengan beberapa campuran berupa beras sangrai dan 1 biji cabai merah saja.

2. Berkhaisat untuk Mengobati Kencing Batu

Selanjutnya, ternyata kencur juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kencing batu. Padahal kencing batu bukanlah masalah yang sepele. Dengan demikian, pastinya akan sangat menarik jika masalah yang cukup sulit di atasi ini bisa di obati dengan mudah dan alami menggunakan bahan dapur yang setiap hari di temui di hadapan mata.

Sedangkan cara pembuatan kencur sebagai obat kencing batu adalah dengan memarut kencur da mencampur parutan tersebut dengan satu gelas air hangat. Jika sudah tercampur, airnya bisa di saring dan di pisahkan dengan ampas kencur tadi. Kemudian, air tersebut bisa di munim dengan di tambah garam sedikit.  Pengobatan ini silahkan di lakukan satu kali saja dalam sehari.

3. Mengobati Perut Mulas

Manfaat kencur selanjutnya adalah untuk mengobati perut yang terasa mulas. Oleh karena itu bagi Anda yang sering mengalami gangguan tersebut bsia menyediakan kencur di rumah setiap harinya. Sedangkan cara pengobatannya hanya dengan di parut, di campur air dan di saring. Sedangkan untuk konsumsi, bisa di tambah dengan sedikit garam sebagaimana cara sebelumnya.

4. Bisa atasi Mata Pegal

Jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut konsentrasi mata harus tetap fokus, tentu saja ini akam berdampak pada mata lelah Anda. tentu saja mata lelah adalah salah satu hal yang cukup mengganggu aktivitas sehingga perlu diatasi. Dan hal ini bisa di selesaikan dengan kencur. Sedangkan untuk cara penggunaannya cukup dengan menggosokkan kencur basah pada mata.

5. Membantu Mengatasi Keseleo

Bagi Anda yang sedang terkena keseleo dan mungkin cukup sulit melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal, kencur juga bisa menjadi jawaban dari masalah Anda tersebut. Dalam hal ini Anda tinggal mencampurkan kencur dengan segenggam beras yang sudah di rendam. Kemudian bahan di tumbuk halus dan di balurkan pada bagian tubuh yang keseleo sebagai ramuan.

6.  Atasi Diare dengan Mudah

Dalam hal ini ternyata manfaat kencur juga sangat berhubungan dengan masalah pencernaan seperti diare. Nah, jika Anda mengalami diare, jangan khawatir karena salah satu bahan rempah yang sering di temui di dapur ini juga bisa menjadi solusi Anda. Cara penanganannya pun sangatlah mudah. Namun Anda memerlukan campuran bawang merah dalam pembuatannya.

Sedangkan cara membuatnya adalah, tinggal tumbuk saja kedua bahan. Kemudian, setelah halus di bungkus dengan daun pisang lalu di bakar. Namun pastikan ramuan tidak gosong. Setelah itu, ramuan penyembuh diare Anda sudah jadi dan tinggal di oleskan saja pada perut.

7. Bisa di manfaatkan sebagai Obat Radang Lambung

Bagi Anda yang juga sering mengalami radang pada lambung, maka kencur juga sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhannya. Namun berbeda dengan cara mengatasi diare, jika di gunakan untuk lambung, kencur di jadikan ramuan jamu kemudian di minum. Selain radan lambung, kencur juga bisa mengatasi influenza.

8. Melancarkan Haid bagi Wanita

Bagi Anda para wanita yang memiliki masalah dengan haidnya, apalagi jika haid datang tidak lancar, kencur bisa membantu mengatasi masalah ini. Sedangkan untuk pembuatannya, kencur di campur dengan daun trengguli, buah cengkeh tua dan adas. Semua bahan ini silahkan di rebus. Kemudian air rebusannya di konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

9. Membantu Mengatasi Batuk

Manfaat kencur ini juga tidak melupakan hal-hal sepele seperti batuk. Jika Anda sedang mengalaminya, maka bisa mencoba mengkonsumsi kencur untuk membantu meredakan batuk yang sedang di derita.

Cara penggunaan kencur untuk obat batuk ini tidaklah sulit. Mulai dari prose kencur di parut, di peras dan di saring. Setelah itu, air perasan kencur bisa di tambahkan dengan garam secukupnya saja. Nah, jika sudah jadi, Anda bisa langsung meminumnya secara rutin hingga batuk berkurang dan sembuh.

10. Bisa mengatasi Masuk Angin

Manfaat kencur yang terakhir dan tidak boleh ketinggalan adalah sebagai obat masuk angin. Dalam hal ini kencur untuk mengobati masuk angin memang sangatlah ampuh. Sedangkan caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal memakan satu rimpang kencur dengan garam kemudian mimun satu gelas air putih. Hal ini bisa di lakukan sebanyak 2 kali sehari.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *