Manfaat Kolang-kaling

Oleh /

Kolang-Kaling adalah Buah yang dihasilkan oleh pohon Aren (Arengan Pinnata). Buahnya berbentuk bulat pipih berwarna putih bening, rasanya yang cenderung hambar, bertekstur kenyal ini banyak dicari di bulan ramadhan untuk dijadikan bahan campuran kolak, es buah atau dibuat manisan. Selain bisa diolah menjadi berbagai jenis kuliner, Kolang-Kaling juga bisa dijadikan obat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Banyak manfaat Kolang-Kaling yang kita dapat jika mau mengonsumsinya.Kolang-Kaling harus melalui proses dulu sebelum dapat dimakan atau diolah menjadi minuman segar. Mulai dari pembakaran atau perebusan untuk menghilangkan lendir yang membuat gatal, kemudian proses pengupasan kolang kaling dari kulit, dan dilanjut dengan perendaman air kapur selama beberapa agar kenyal dan terfermentasi. Wah, ternyata ribet ya?

Kandungan gizi dalam Kolang-kaling

Mengapa Kolang-Kaling memiliki khasiat untuk kesehatan? Apa sajakah kandungan gizi didalamnya? Berikut ini adalah nutrisi dalam Kolang-Kaling yang bermanfaat :

  • Air
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Mineral
  • Fospor
  • Serat
  • Kalsium
  • Potasium
  • Zat besi
  • Vitamin A,
  • Vitamin B,
  • Vitamin K

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Dibawah ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan yang kita dapat jika mengkonsumsi Kolang-Kaling :

1. Asam urat

Zat galalktoman pada Kolang-Kaling membantu pengurangan peradangan yang terjadi pada sendi yang mengalami penumpukan purin akibat asam urat. Zat purin itu sendiri dapat mengendap di persendian penderita asam urat. Padahal normalnya, purin akan dikeluarkan tubuh melalui feses dan juga urin.

Pasokan zat purin bisa diperoleh dari makanan dan sisa olahan protein dalam tubuh yang mengendap dan tak bisa diproses lagi.Penderita asam urat akan mengalami nyeri dipersendian, sehingga akan mengalami sulitan bergerak. Manfaat Kolang-Kaling untuk asam urat dapat didapat dengan mengkonsumsinya rutin. Selain zat galalktoman, kandungan air yang cukup banyak yakni sekitar 94% per 100 gram akan membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh.

2. Ibu menyusui

Manfaat Kolang-Kaling untuk ibu menyusui? vitamin B pada Kolang-Kaling membantu ibu agar tetap fit (kekebalan tubuh) dan tidak cepat lelah. Kandungan vitamin k dan air yang cukup tinggi juga membantu ibu menyusui merasa segar dan tidak cepat lemas karena berbagi makanan dengan bayinya. Seperti yang kita tahu, ibu menyusui membutuhkan asupan lebih bagi tubuh untuk memproduksi ASI sebagai sumber makanan untuk anaknya.

3. Darah tinggi

Faktor penyebab penyakit darah tinggi ini beragam mulai dari kurangnya aktifitas fisik, faktor keturunan, rokok, obesitas dan pola hidup tak sehat lainnya. Darah tinggi Atau sering juga disebut hipertensi ini bisa ditandai dengan penyempitan pembuluh darah sehingga jantung perlu tenaga ekstra untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh, untuk mengalirkan oksigen.

Manfaat Kolang-Kaling untuk hipertensi didapat dari kalsium didalamnya. Kalsium sendiri mempunyai fungsi untuk melebarkan pembuluh darah. sehingga perlahan-lahan tekanan darah atau hipertensi ini akan menurun.Untuk lebih mempercepat penyembuhan darah tinggi anda sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya kalsium, menjauhi rokok, mengurangi konsumsi garam, alkohol dan kafein serta menghindari stress.

4. Diet

Kandungan karbohidrat yang ada pada Kolang-Kaling ini dapat memberi energi bagi tubuh dan rasa kenyang ketika anda menyantapnya. Selain karbohidrat ada juga gelatin dalam Kolang-Kaling. Gelatin ini dapat membantu anda menurunkan berat badan karena gelatin  akan menekan nafsu makan anda.Selain itu, kandungan air yang cukup tinggi dalam Kolang-Kaling juga akan memberi rasa segar bagi anda. Cocok untuk menjadi asupan makanan bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Selain Kolang-Kaling enak juga ekonomis. Itu dia manfaat kolan-kaling untuk diet. Jadi bagaimana, mau mencoba?

5. Diabetes

Penyakit gula ini cukup banyak ditakuti oleh orang-orang karena gejalanya yang sering tak disadari penderitanya. Frekuensi tinggi buang air kecil, mudah mengantuk, sering lapar dan haus adalah beberapa gejalanya. Kadar insulin dalam tubuh penderitanya sangat rendah.Manfaat Kolang-Kaling untuk penderita diabetes ialah membantu menstimulasi tubuh memproduksi insulin.

Hormon insulin sendiri berfungsi besar dalam mengatur kadar gula dalam darah untuk tetap stabil. Sehingga jika insulinnya sedikit kerja ginjal makin berat karena harus menyaring darah lebih ekstra. Efeknya, penderitanya bolak-balik ke kamar mandi untuk BAK. Air seni penderita diabetes juga akan mengandung gula (manis) karena gula darah tak dapat disaring maksimal oleh ginjal dan tubuh.

6. Kesehatan tulang

Manfaat Kolang-Kaling dari segi kesehatan yang lain yaitu membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang. Kandungan kalsium di dalamnya membantu tubuh menutrisi tulang. Oleh karena itu Kolang-Kaling cocok dikonsumsi oleh anak-anak karena bagus untuk pertumbuhannya. Bisa menjadi alternatif kan selain memuinum susu yang biasanya tinggi kadar kalorinya yang memicu penambahan berat badan. Zat galaktomanan didalam buah aren ini juga bisa membantu meredakan nyeri sendi dan dapat mencegah osteoporosis.

7. Perlancar pencernaan

Kolang-Kaling mengandung serat yang tidak mudah larut atau sering disebut serat kasa. Serat ini bermanfaat untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh, khususnya pada usus dan melancarkan metabolisme pencernaan. Sehingga efektif menangani masalah pencernaan baik sembelit atau diare.

Itulah dia beberapa khasiat buah Kolang-Kaling yang dapat kita dapatkan jika mengkonsumsinya.  Anda bisa mencobanya dirumah. Manfaatnya akan lebih dirasakan jika Kolang-Kaling ini tidak banyak mendapat perlakuan, seperti penambahan gula berlebih yang justru merusak kandungan nutrisi didalamnya. Misalnya saat dibuat menjadi manisan, maka kandungan gula justru akan lebih dominan dibanding nutrisi lainnya. Terlebih untuk penderita diabetes.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *