Manfaat Kulit Melinjo

Oleh /

Melinjo merupakan salah satu tanaman yang terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan biji. Semua bagian dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan. Akar dan batang dapat menjadi kayu bakar, daunnya dan kulit melinjo dapat dimasak menjadi sayuran. Selain itu, bijinya dapat digunakan untuk membuat makanan khas yang sering dikenal emping.

Kulit melinjo merupakan bagian dari tanaman melinjo yang berfungsi melindungi biji. Secara morfologi, bentuknya tebal, berwarna merah saat sudah matang. Pada umumnya kulit melinjo ini banyak dimanfaatkan untuk sayur, diolah menjadi kripik dan lain – lain. Bagian kulitnya juga mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh.

Kandungan Senyawa yang Terdapat Di Dalam Kulit Melinjo

Kulit melinjo memiliki banyak kandungan senyawa kimia seperti:

  1. Mengandung protein, lemak, karbohidrat
  2. Mengandung vitamin A, B1 dan C
  3. Kalsium dan Fosfor. Kedua senyawa tersebut berfungsi mencegah
  4. Beta karoten. Beta karoten berfungsi untuk mencegah kanker, anti radang dan anti nyeri
  5. Likopen. Fungsi likopen  adalah sebagai pewarna makanan dan antioksidan
  6. Mengandung senyawa antimikroba seperti flavonoid, tanin, steroid senyawa fenol, beta karoten, dan lain – lain.

Manfaat Kulit Melinjo

Berikut adalah beberapa manfaat kulit melinjo bagi kesehatan tubuh anda:

1. Mencegah Asam Urat

Kulit melinjo mengandung senyawa yang mampu menghambat kinerja enzim xantin oksidase yang dapat menyebabkan gejala asam urat.  Oleh karena itu, mengkonsumsi kulit melinjo ini sangat bagus untuk mencegah timbulnya asam urat.

2. Membantu Kinerja Otot

Kulit melinjo mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan otot. Selain itu, kulit melinjo juga dapat meningkatkan pembentukan masa otot.

3. Menjaga Kepadatan Tulang dan Gigi

Kulit melinjo mengandung banyak kalsium dan fosfor yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi anda.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Kulit melinjo mengandung banyak lemak. Lemak yang terkandung di dalam kulit melinjo dapat membantu mengatasi lemak jahat yang ada dalam tubuh anda. Lemak jahat sangat berbahaya bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan  lemak jahat dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah anda. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kulit melinjo dapat membantu memperlancar peredaran darah di tubuh anda.

5. Mencegah Anemia

Kulit melinjo mengandung banyak zat besi yang memiliki banyak fungsi di dalam tubuh sebagai pembentuk sel darah merah. Oleh karena itu, kulit melinjo dapat dikonsumsi untuk mencegah anemia.

6. Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit melinjo berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mengkonsumsinya dapat membantu memelihara kesehatan tubuh.

7. Menyehatkan Kulit

Kulit melinjo mengandung banyak mineral yang bagus untuk meningkatkan sel darah putih. Sel darah putih memiliki peran penting dalam penyembuhan luka. Selain itu, dengan mengkonsumsi kulit melinjo juga dapat mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, bekas luka dan lain – lain.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Adanya kandungan copper, seng dan besi membuat kulit melinjo bagus untuk memelihara kesehatan ginjal.  Selain itu, juga dapat berfungsi dalam mengatur kadar garam dan lemak serta membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh anda.

9. Kulit melinjo dapat digunakan sebagai pengawet dan pewarna makanan.

Adanya kandungan beta karoten dan likopen pada kulit melinjo menjadikannya dapat dimanfaatkan untuk pewarna. Hal ini dikarenakan kulit melinjo berwarna merah. Selain itu, kulit melinjo ternyata juga dapat digunakan untuk pengawet makanan yang alami.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *