Manfaat Kulit Rambutan

Oleh /

Kulit Rambutan pada umumnya akan di buang dan di jadikan sampah setelah buahnya di makan. Padahal, tanpa di sadari banyak orang, ternyata Kulit Rambutan memiliki banyak sekali manfaat penting bagi kesehatan. Bahkan, ada kalanya manfaat Kulit Rambutan juga menyentuh masalah kecantikan. Dan untuk menambah wawasan di bidang kesehatan, tentu ini harus Anda ketahui.

Kulit Rambutan ini memiliki daftar manfaat mulai dari penyakit yang ringan, pencegahan beberapa gangguan hingga pada masalah pengobatan. Nah, jika Anda penasaran dengan informasi lebih lanjut terkait manfaat dari kulit rambutan, jangan khawatir karena pembahasannya bisa di temukan di sini. Dan untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut.

Daftar Kandungan Kimia Dalam Kulit Rambutan

Mengenal lebih jauh kandungan kimia yang berada dalam Kulit Rambutan tentu saja tidak kalah penting dari mengetahui apa saja manfaat yang bisa di berikannya. Hal ini karena manfaat tersebut pastinya juga berasal dari berbagai kandungan yang di miliki. Dan daftar beberapa kandungannya adalah sebagai berikut.

1. Asam galat

Salah satu kandungan penting dalam Kulit Rambutan adalah asam galat. Secara fungsi asam ini sangat ampuh dalam hal penanganan radikal bebas. Jadi, radikal bebas yang masuk dalam tubuh bisa di atasi dengan mudah.

2. Tanin

Kandungan selanjutnya dalam Kulit Rambutan adalah yang di sebut dengan Tanin. Tanin sendiri merupakan salah satu kandungan yang sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah diare. Sedangkan untuk pengertiannya, tanin adalah senyawa polifenol dengan kandungan antibakteri diare di dalamnya sehingga memang begitu efektif dalam pencegahan ganggaun tersebut.

3. Flavonoid

Flavonoid sejauh ini banyak sekali di temukan dalam berbagai tumbuhan. Dan Kulit Rambutan adalah salah satu bahan herbal yang mengandungnya. Flavonoid sendiriĀ  merupakan salah satu senyawa organik yang memiliki fungsi penting sebagai antioksidan. Tentu saja ada banyak hal yang bisa menjadi manfaat Kulit Rambutan dari kandungan senyawa flavonoid yang banyak khasiat tersebut.

4. Saponin

Yang yang terakhir, Kulit Rambutan juga mengandung saponin. Sama dengan flavonoid, ada banyak sekali tumbuhan yang mengandung saponin ini. sayangnya, khasiat dari saponin kurang banyak di kenal orang. Padahal kaitannya dengan masalah kolesterol, saponin bisa mengatasinya dengan mudah. Sedangkan asal saponin adalah dari metabolit sekunder yang terdapat pada tumbuhan.

Kandungan yang di sebutkan di atas, tentu saja tidak semuanya. Masih banyak kandungan lain yang terdapat dalam kulit rambutan, baik berupa vitamin atau nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Penting Kulit Rambutan Untuk Kesehatan

Nah, setelah mengenal beberapa jenis kandungan dari kulit rambutan, kini saatnya mengenal lebih dalam apa saja manfaat yang di berikannya. Dan berbagai manfaat tersebut, tentu saja sangat berguna bagi beberapa penderita yang membutuhkan dukungan perawatan secara alami. Sedangkan untuk daftar manfaatnya ada di bawah ini.

1. Sebagai obat demam

Demam memang bukan kondisi yang terlalu parah di mana penderitanya kritis dan membutuhkan banyak alat bantu. Namun, demam perlu di tangani dengan baik dan benar sehingga keadaan penderita tidak bertambah parah. Selain itu demam juga perlu di antisipasi juga dari beberapa penyakit yang mungkin di sebabkan gejala demam.

Dalam hal ini, perlu Anda ketahui bahwa salah satu manfaat Kulit Rambutan adalah di gunakan sebagai obat demam. Hal ini memang jarang di ketahui, namun, keampuhannya memang tidak diragukan lagi. Sedangkan cara pembuatannya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan kulit yang telah di saring sebanyak 3 kali sehari secara teratur hingga demam turun.

2. Pencegah radikal bebas

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Kulit Rambutan ini memang mengandung bahan yang di sebut dengan asam galat. Dengan kandungan ini, maka radikal bebas bisa teratasi dengan mudah. Sedangkan radikal bebas sendiri, bisa berasal dari paparan luar maupun dalam tubuh. Jadi, bagi mereka yang sering keluar rumah, tidak ada yang bisa menjamin terhindar dalam radikal bebas.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Untuk masalah penurunan kadar kolesterol Kulit Rambutan juga merupakan salah satu resep yang ampuh.Bahkan khasiatnya sudah banyak sekali diĀ  percaya di berbagao kalangan. Jadi, jika Anda juga memiliki masalah dengan kolesterol, bisa mencoba Kulit Rambutan ini. Hal ini tentu akan sangat mendukung karena rasanya yang juga pahit dan asam.

Sedangkan untuk cara membuatnya tentu sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyedaiakan 5 sampai 10 kulit rambutan. Setelah itu Kulit Rambutan di cuci bersih dan di potong menjadi dua bagian. Jika sudah, tinggal rebus saja kemudian di saring dan di tunggu hingga mendingin.

4. Untuk mengobati disentri

Penyakit disentri ternyata juga bisa di sembuhkan dengan kulit rambutan. Cara penyembuhannya pun tidak susah. Bahkan sangat simpel. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengambil 10 kulitnya, di cuci bersih dan di keringkan terlebih dahulu. Setelah itu, tinggal di rebus dan di konsumsi sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiat yang manjur.

5. Sebagai obat diare

Diare juga merupakan salah satu gangguan yang banyak membuat orang merasa bingung serta cukup bosan. Mengalami diare akan sangat mengganggu, namun penananganannya tidaklah mudah. Dalam hal ini Anda bisa juga menggunakan Kulit Rambutan untuk membantu pengobatan. Hal ini di karenakan Tanin yang di kandungnya sebagaimana telah di jelaskan di atas.

6. Sebagai penangkal sel kanker bagi tubuh

Kanker merupakan penyakit mematikan yang selalu menghantui setiap orang. Siapa sih yang tidak takut kanker? Pastinya semua orang ingin terhindari dari penyakit yang satu ini. Nah, tanpa banyak di sadari, ternyata Kulit Rambutan yang biasanya di jadikan sampah ini bisa membantu menjadi penangkal sel kanker untuk Anda. Cara aplikasinya pun mudah sehingga bisa di coba.

7. Untuk obat sariawan

Tidak hanya kanker yang ganas dan membahayakan, penyakit yang sering di anggap sepele sekelas sariawan ini juga bisa di obati dengan kulit rambutan. Manfaat Kulit Rambutan untuk sariawan pun tidak main-main. Dan perlu Anda ketahui, meskipun sepele, namun sariawan sangatlah mengganggu, terutama aktivitas makan penderitanya

Nah, jika Anda sedang mengalami sariawan, cara mengobatinya dengan Kulit Rambutan ini cukup mudah. pertama tibggal potong dan rebus 5 hingga 10 Kulit Rambutan selama 7 hingga 10 menitan. Kemudian, silahkan Anda saring air rebusannya, dan gunakan untuk berkmur secara rutin. Namun, jangan sampai air kumurannya tidak sengaja di telan. Cukup dengan kumur saja.

8. Bisa mencegah penuaan dini

Satu hal lagi manfaat Kulit Rambutan yang menarik. Namun untuk yang satu ini lebih berhubungan dengan kecantikan. Dalam hal ini Kulit Rambutan bisa membantu mencegah penuaan dini sehingga Anda tidak perlu khawatir. Sedangkan cara pemanfaatannya adalah memanfaatkan air rebusan kulit rambutan.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *