Manfaat Kumis Kucing

Manfaat Kumis Kucing

Kumis Kucing adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun Kumis Kucing yang basah maupun yang kering sama-sama memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit. Di Indonesia, Kumis Kucing dipakai untuk melancarkan air seni.

Sedangkan di negara India, tanaman ini dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Penduduk setempat memanfaatkan tanaman Kumis Kucing menjadi tanaman tradisional yang mampu menyembuhkan sembelit, masuk angin dan encok. Selain itu, manfaat Kumis Kucing juga bisa dijadikan sebagai ramuan penyembuh syphilis, albuminuria, kencing manis atau diabetes batu ginjal, dan radang ginjal.

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Gatal-gatal Karena Alergi

Alergi adalah gagalnya sistem imun tubuh, sehingga tubuh menjadi hipersensitif terhadap suatu hal yang substansi. Biasanya orang alergi terhadap bulu binatang, jamur, serbuk sari, makanan laut dan masih banyak lagi. Gejala yang ditimbulkan akibat alergi antara lain kelelahan, gatal-gatal disertai ruam pada kulit, bersin, gatal pada hidung dan mata berair.

Bagi Anda yang ingin menyembuhkan alergi menggunakan Kumis Kucing, untuk membuat ramuannya sangatlah mudah. Pertama-tama siapkan daun kumis kucing setengah genggam, daun meniran, temulawak, dan daun sambiloto. Bersihkan semua bahan tersebut kemudian rebuslah menggunakan 4 gelas air. Masak sampai mendidih dan hanya tersisa 2 gelas air saja. Minumlah selagi hangat dua kali sehari secara rutin.

2. Mengatasi Radang Ginjal

Manfaat Kumis Kucing yang kedua adalah mengobati radang ginjal. Radang ginjal adalah penyakit yang bisa menganggu fungsi ginjal, seperti fungsi menyaring kotoran dan membuang kotoran. Hal tersebut kemudian akan membuat tubuh kelebihan cairan. Gejala dari radang ginjal seperti sakit pada pinggang, air kencing berkurang, air kencing keruh bahkan bisa disertai dengan adanya darah, perut menjadi buncit, mata bengkak, dan demam.

Jika dibiarkan maka penyakit ini bisa bertambah parah. Oleh sebab itu, Kumis Kucing bisa membantu mengatasi masalah ini secara efektif. Untuk membuat ramuannya Anda cukup menyiapkan Daun Kumis Kucing sebanyak 60 gram. Selanjutnya rebus menggunakan air sebanyak 3 gelas sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah matang, angkat dan saring. Setelah itu minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan dimana cairan dalam tubuh menekan pembuluh arteri. Semakin banyak darah yang dipompa ke jantung dan arteri semakin sempit, maka tekanan darah akan naik. Orang Indonesia menjadi negara yang penduduknya banyak mengidap tekanan darah tinggi. Gejala yang ditimbulkan akibat tekanan darah tinggi yaitu badan cepat lelah, wajah kemerahan, mimisan dan sakit kepala.

Untuk membuat ramuan penurun tekanan darah tinggi cukup sederhana. Pertama siapkan Daun Kumis Kucing basah sebanyak 50 gram. Selanjutnya seduhlah menggunakan air panas. Biarkan selama beberapa menit, dan minumlah selagi hangat. Dengan rajin mengonsumsi ramuan ini, maka hipertensi tidak akan muncul lagi.

4. Menyembuhkan Sakit Pinggang

Sering sekali orang dewasa mengeluh sakit pinggang setelah melakukan berbagai kegiatan. Penyebab dari sakit pinggang sendiri antara lain karena penggunaan high hill yang terlalu lama, jarang berolahraga, posisi tidur yang salah, gangguan pada struktur tulang belakang dan suka membungkuk ataupun mengangkat beban yang berat.

Namun jangan takut, karena sakit pinggang dapat diobati menggunakan ramuan dari kumis kucing. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa lembar Daun Kumis Kucing dan rebuslah sampai mendidih. Kemudian minumlah ramuannya secara rutin agar sakit pinggang tidak kambuh lagi.

Keempat manfaat Kumis Kucing di atas semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Sebagai tips terakhir, ketika mencari kumis kucing, pastikan bahwa Anda memilih kumis kucing yang keadaannya masih bagus dan sehat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *