Manfaat Kunyit Asam

Oleh /

Kunyit merupakan salah satu rempah – rempah yang kaya akan manfaat baik di bidang kesehatan, kecantikan dan lain – lain. Selain itu, kunyit juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan masak seperti gulai, tongseng dan lalin – lain.

Kunyit memiliki ciri – ciri yaitu batangnya tidak bercabang, memiliki batang semu, bentuk kunyit asam memanjang. Akar kunyit berbentuk rimpang. Ruas – ruas pada kunyit dapat tumbuh lagi menjadi tunas baru yang nantinya akan tumbuh menjadi tanaman.

Kandungan Senyawa Kimia Kunyit Asam

Kandungan senyawa dalam kunyit asam adalah sebagai berikut:

  1. Mineral yang terdapat pada kunyit asam antara lain adalah aluminium, magnesium, seng, zat besi, kalsium, natrium, kalium, kobalt dan bismuth.
  2. Vitamin A dan vitamin C
  3. Mengandung minyak atsiri yang terdiri atas fenilpropana turmeron, betaturmenon, aril kurmen, zingberin dan kurol kurkumol
  4. Mengandung senyawa arabinusa, glukosa dan fruktosa
  5. Mengandung senyawa Curcumin, dihidro kurkumin dan lain – lain

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit asam yang baik untuk kesehatan anda:

1. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kunyit dapat dijadikan sebagai sarana untuk penawar racun dan membersihkan racun yang terdapat di dalam tubuh anda.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

salah satu manfaat kunyit asam adalah menjaga berat badan agar tetap stabil. Adanya kandungan nutrisi di dalam kunyit asam dapat menekan rasa lapar sehingga dapat melangsingkan tubuh anda.

3. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Jamu kunyit asam dapat membantu anda mengatasi masuk angin dan menghilangkan tenggorokan yang sakit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam sehari dua kali.

4. Menjadikan Siklus Haid Teratur

Saat haid anda disarankan untuk mengkonsumsi kunyit asam agar anda tidak merasakan nyeri pada perut dan mencegah munculnya rasa pegal pada tubuh anda. Dengan demikian anda tidak akan mudah lelah dan tubuh anda tetap bugar.

5. Menghilangkan Bau Badan

Adanya kandungan minyak atsiri dapat mengontrol keringat yang keluar. Hal ini dikarenakan minyak atsiri dapat mengikat keringat berlebih dan mencegahnya agar tidak keluar. Selain itu, juga dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya bau badan.

6. Menunda Penuaan Dini

Kandungan vitamin C pada kunyit asam sangat tinggi sehingga dapat membantu memperbaiki dan merawat kulit serta meningkatkan jaringan kolagen. Hal ini menyebabkan kulit anda menjadi lebih sehat dan awet muda.

7. Membantu Mengatasi Pembengkakan Pada Selaput Lendir Mulut

Kunyit dapat berfungsi sebagai anti radang dan anti inflamasi sehingga dapat mengobati peradangan pada rongga mulut anda.

8. Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker

Kunyit mengandung berbagai senyawa yang dapat menghambat  perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsi kunyit asam untuk mencegah dan mengatasi tumbuhnya sel kanker.

9. Mencegah Keputihan

Adanya kandungan mineral dan minyak atsiri mampu menjadikan darah haid anda harum dan tidak amis. Selain itu, kedua senyawa tersebut dapat membantu mencegah keputihan.

10. Mencegah Diabetes

salah satu manfaat kunyit asam adalah dapat mencegah diabetes. Kandungan senyawa kimia dalam kunyit asam dapat membantu menurunkan kandungan gula dalam darah sehingga jumlah gula dalam darah dapat seimbang.

11. Mengobati Anemia

Kunyit mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini menjadikan kunyit sangat bagus untuk mencegah terjadinya anemia.

12. Sebagai Obat Magh

Maag merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan asam di dalam lambung sehingga asam lambung dapat naik hingga ke ulu hati bahkan sampai pada saluran pencernaan hingga ke mulut apabila sudah parah.

Kunyit dapat membantu menstabilkan asam lambung serta menjadikan perut anda terasa nyaman. Bagi anda yang pernah terkena penyakit tersebut segera saja meminum kunir untuk mencegah penyakit maag.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *