manfaat kurma muda

Manfaat Kurma Muda

Selain terkenal dengan produksi minyak bumi yang melimpah, negara Timur Tengah juga terkenal dengan salah satu buah andalannya yaitu kurma. Yap, buah dengan rasa manis ini memang merupakan salah satu buah yang hanya dapat tumbuh di daerah dengan suhu tinggi seperti timur tengah.

Meskipun begitu, namun peredaran buah dengan rasa manis ini sudah sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. benar sekali, saat ini warga Indonesia pun dapat dengan mudahnya mengonsumsi kurma.

Bahkan saat ini pun banyak dijumpai beragam olahan kurma yang tentu saja sudah dicampur dengan bahan lain yang akan membuatnya semakin kaya manfaat.

Namun terlepas dari berbagai macam olahan kurma, tahukah anda jika ternyata manfaat kurma muda sebenarnya tak kalah beragamnya dengan kurma matang seperti yang biasa anda konsumsi?

Ya, kurma yang kebanyakan dari jenis kurma ruthob ini merupakan kurma setengah matang yang tidak melalui proses pengeringan dan masih fresh. Sehingga bagi anda yang kurang suka dengan tekstur kurma kering yang cukup kasar pada bagian luarnya, kurma muda ini bisa menjadi pilihan terbaik anda.

Lalu bagaimana dengan manfaat kurma muda ini? Apakah sama hebatnya dengan kurma kering? Tentu saja, nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat kurma muda yang akan anda peroleh.

10 Manfaat Kurma Muda

1. Mencegah pendarahan

Bagi seorang wanita yang sedang mengandung, buah kurma muda adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Bagaimana tidak, dengan kandungan zat hormon bitosin, kurma muda ini mampu mencegah terjadinya pendarahan pada rahim.

Bahkan kurma muda pun dapat mencegah kondisi serius pendarahan yang sangat beresiko pada kasus keguguran.

2. Memperlancar kelahiran

Bagi ibu yang hampir memasuki masa melahirkan, tentu bukan hal aneh jika ada sedikit rasa takut atau khawatir yang menyelimuti harinya. Entah khawatir tentang rasa sakit yang pasti akan dirasakan, khawatir tentang bagaimana kesehatan anak dan ibunya nanti serta khawatir dengan segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi sewaktu ibu melahirkan.

Akan tetapi, jika semasa mengandung anda sering mengonsumsi kurma muda, nampaknya anda bisa sedikit menghilangkan rasa takut dan khawatir tersebut. sebab kurma muda pun memiliki manfaat yang tak kalah hebat dengan manfaat kurma muda sebelumnya, yaitu mampu memperlancar proses kelahiran bayi.

Dimana kandungan hormon oksitosin yang terdapat pada buah mangkal ini akan mempermudah proses kontraksi otot polos di dinding rahim. Tak hanya itu, kurma muda juga bisa membuat pengeluaran Asi menjadi jauh lebih mudah dan lancar.

3. Meningkatkan kesuburan

Masih untuk seorang wanita, manfaat kurma muda lainnya yaitu untuk meningkatkan kesuburan wanita. Dimana buah asal timur tengah ini memiliki kandungan zat hormon botosin yang akan berfungsi untuk merangsang gerak peristatik pada pembuluh darah dan rahim wanita dan mampu meningkatkan kesuburan wanita.

Tak hanya itu, sewaktu melakukan hubungan intim bersama pasangan, otot-otot uterus (rahim) akan lebih terangsang dan melakukan kontraksi lebih baik.

Nah bagi anda pasangan suami istri, mengonsumsi kurma kering dna kurma muda nampaknya akan menjadi sebuah kebiasaan yang begitu baik. Bahkan jika anda mengonsumsi kurma kering dan kurma muda secara bersamaan, zat-zat dalam tubuh akan ternetralkan baik zat yang berasal dari makanan maupun obat-obatan.

Sedangkan untuk wanita menyusui, kurma muda memiliki kandungan zat oksitosin yang akan meningkatkan produksi ASI ibu, sehingga kebutuhan bayi akan ASI terjamin.

4. Mencegah kanker

Jika beberapa manfaat kurma madu di atas hanya diperuntukkan bagi para wanita, namun tidak dengan manfaat yang berikutnya ini. Dimana kurma muda terpercaya mampu mencegah gejala penyakit berbahaya seperti kanker.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada kurma muda inilah yang akan mencegah resiko terjangkitnya pertumbuhan sel kanker paru dan kanker rongga mulut.

Selain itu, kurma muda juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga paparan sinar matahari pun tidak akan mudah merusak dan menyebabkan penyakit berbahaya lain karena paparan sinar UV.

5. Mencegah tumor

Selain kanker, kurma muda juga terbukti dapat mengurangi pertumbuhan tumor pada tubuh. Ya, kandungan D-glucan yang merupakan salah satu jenis zat antioksidan inilah yang mampu membuat kurma muda berhasil mencegah pertumbuhan tumor.

Beberapa kandungan zat yang terdapat pada kurma muda pun akan mengurangi resiko mutasi sel atau penyebab munculnya kanker dan tumor. Bahkan penelitian terkait manfaat kurma muda untuk mencegah kanker dan tumor ini telah dilakukan dan dibuktikan dalam Journal of Clinical and Experimental Medicine.

6. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika kurma muda memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Sehingga bukan hal aneh lagi jika kesehatan mata dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, kesehatan mata juga akan semakin terjaga berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini pun anda bisa mendapati fungsi optimal dari setiap bagian mata anda.

7. Mengontrol tekanan darah

Salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, strok dan masih banyak penyakit lainnya adalah tekanan darah yang tidak stabil.

Hanya saja, tekanan darah tinggi jauh lebih beresiko memicu penyakit-penyakit berbahaya tersebut. namun dengan mengonsumsi kurma muda anda tak perlu lagi khawatir dengan tekanan darah anda. Sebab kurma muda pun mampu menjaga tekanan darah dengan baik tanpa membuat anda mengalami tekanan darah rendah.

8. Menjaga kesehatan kulit

Siapa bilang kurma madu hanya bermanfaat untuk kesehatan organ intim tubuh saja. Nyatanya manfaat kurma muda pun dapat dirasakan untuk kulit anda. yap, dengan kandungan zat yang begitu lengkap tentu akan mampu menutrisi kulit tubuh anda dengan baik.

Selain itu, kecantikan alami kulit pun akan lebih terpancar tanpa membuatnya nampak tipis seperti ketika anda menggunakan krim berbahan kimia berbahaya.

9. Meningkatkan daya ingat

Mungkin banyak dari anda yang tak percaya dengan manfaat kurma muda yang satu ini. namun nyatanya kurma muda ini terbukti mampu memaksimalkan pertumbuhan sel otak sehingga mampu membuat penyimpanan memori pada otak semakin baik.

Tak hanya itu, penyimpanan memori pada otak dengan sambungan sel yang lebih baik pun akan terbukti jauh lebih maksimal (semua memori tersimpan).

10. Mencegah stroke

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika kurma muda mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Nah apabila kesehatan jantung terjaga, maka dapat dipastikan jika tekanan darah akan normal dan resiko penyumbatan pembuluh darah akan menurun.

Ya, meskipun sebenarnya penyumbatan pembuluh darah ini pun dapat disebabkan karena plak yang muncul akibat tumpukan lemak. Dan ketika penyumbatan sudah terjadi, maka berbagai penyakit seperti stoke akan segera muncul.

Oleh karena itu, pastikan anda menjaga tekanan darah, kesehatan jantung dan pencegahan strok lainnya, seperti dengan mengonsumsi kurma muda.

10 manfaat kurma muda tersebut dapat anda peroleh berkat kandungan zat pada buah kurma muda yang begitu lengkap, yaitu protein, gula, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, kalsium, belerang dan klorida.

Artikel Lainnya