Manfaat Lengkuas

Oleh /

Lengkuas adalah salah satu umbi – umbian yang kaya akan manfaat. Ciri – ciri dari tanaman ini adalah batangnya tegak, daun berbentuk lancet memanjang, umbi berwarna putih kekuningan, beraroma khas.

Pada umumnya orang menggunakannya untuk bahan masak, namun sekarang anda dapat memanfaatkan lengkuas untuk pengobatan tradisional. Bagi anda yang ingin menggunakannya tanaman ini mudah untuk ditemukan dan sangat melimpah. Hal ini dikarenakan budidaya tanaman ini sangatlah mudah.

Kandungan Senyawa dan Nutrisi Pada Lengkuas

Berikut ini adalah beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada lengkuas:

  1. Vitamin A dan vitamin C
  2. Beta sitosterol
  3. Quercetin
  4. Emodin
  5. Galangin
  6. Zat besi
  7. Sodium
  8. Fenol
  9. Minyak atsiri
  10. Flavonoid

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini adalah beberapa manfaat lengkuas yang dapat membantu anda untuk memelihara kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Demam

Lengkuas mengandung zat antipiretik dan analgesic yang berfungsi menekan rasa sakit dan mencegah infeksi akibat serangan jamur. Bagian batang lengkuas juga dapat berfungsi sebagai penghambat bakteri patogen seperti staphylococcus.

2. Mengatasi Kanker

Adanya kandungan senyawa flavonoid galangin dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas. Zat tersebut juga dapat mengurangi genotoxicity bahan kimia.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Lengkuas banyak mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya adalah dengan menempelkan irisan lengkuas yang tipis pada bagian bekas luka.

4. Membersihkan bekas jerawat

Lengkuas mengandung senyawa yang mampu membersihkan kulit dari bakteri. Hal ini membantu kulit anda agar selalu bersih, halus dan bersinar. Selain itu, lengkuas juga dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah anda.

5. Memelihara Kesehatan Rambut

Adanya kandungan minyak bagus untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, adanya minyak tersebut juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan minyak pada lengkuas dengan minyak jojoba.

Lengkuas juga mengandung senyawa fosfor dan zink yang bagus untuk menguatkan akar rambut. Hal ini dapat membuat kulit kepala anda sehat dan terbebas dari ketombe dan mencegah rambut rontok.

6. Mengobati Radang

Lengkuas memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi radang. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

7. Menambah Nafsu Makan

Lengkuas memiliki banyak khasiat untuk menambah nafsu makan. Caranya adalah dengan menghaluskan lengkuas bersama dengan temu lawak dan meniran. Ketiga bahan tersebut direbus hingga mendidih lalu dapat diminum setelah dingin.

8. Mengobati Panu

Lengkuas banyak mengandung vitamin A yang dapat menjaga reproduksi sel kulit sehingga kulit anda akan selalu sehat dan terbebas dari penyakit panu. Caranya adalah dengan menghaluskan lengkuas dan kapur sirih. Selanjutnya ditambahkan sedikit air lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena panu.

9. Menyembuhkan Batuk

Batuk dapat disebabkan karena meningkatnya produksi lendir pada tenggorokan. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi lengkuas. Caranya adalah dengan menghaluskan lengkuas, temu lawak, daun pecut kuda dan daun iler lalu direbus hingga mendidih. Ramuan tersebut didinginkan lalu disaring dan siap dikonsumsi.

10. Memberikan Kenyamanan Di Perut

Lengkuas membantu mengatasi peradangan pada perut. Hal ini dapat membantu anda mencegah mabuk di perjalanan, muntah dan mencegah diare.  Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus lalu diminum.

11. Menjaga Kesehatan Mulut

Lengkuas dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada mulut seperti sariawan, radang gusi, radang tenggorokan dan lain – lain. Caranya adalah dengan membuat ekstrak lengkuas lalu digunakan untuk berkumur.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *