Manfaat Limau Kasturi

Oleh /

Limau Kasturi merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat dan nutrisi. Aromanya sangat harum dan wangi. Limau tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Ciri – ciri dari limau kasturi ini adalah sebagai berikut: buahnya bulat, berwarna hijau, saat sudah matang berubah menjadi kuning. Buahnya tipis dan rasanya asam. Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur untuk membantu memelihara kesehatan tubuh anda.

Kandungan Senyawa Pada Limau Kasturi

Berikut ini adalah beberapa kandungan senyawa pada limau kasturi:

  1. Linalool
  2. Flavonoid seperti poncirin, hesperidin, rhoifolin dan naringin dan senyawa metab9olit sekunder lainnya.
  3. Mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, synephrine
  4. Mengandung vitamin A, B1 dan vitamin C

Manfaat Limau Kasturi Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat limau kasturi bagi anda:

1. Mengurangi lelah

Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan 5 tetes lemon kasturi dengan satu sendok madu. Hal ini dapat membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda dapat fit kembali.

2. Mengatasi bau badan

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya bau badan adalah dengan mengkonsumsi kulit limau kasturi. Selain itu, anda juga dapat menggunakan potongan limau kasturi untuk dioleskan pada ketiak anda.

3. Menghilangkan bekas minyak pada pakaian

Diambil limau kasturi lalu diperas hingga muncul airnya. Selanjutnya ditambahkan dengan garam lalu dioleskan pada bagian baju yang terkena minyak. Selanjutnya anda digosok sekitar 5 menit. Setelah itu, bilas pakaian dengan air.

4. Membantu mengatasi sakit tekak

Sakit tekak dapat disebabkan oleh adanya lendir dan dahak. Cara mengkonsumsinya adalah sebagai berikut: untuk dewasa dapat mencampurkan limau kasturi dengan lada hitam lalu diaduk sampai semua tercampur setelah itu diminum.

Cara mengkonsumsi untuk anak – anak yaitu dengan mencampurkan jus lemon kasturi dengan madu. Madu digunakan untuk menggantikan lada hitam. Hal ini bertujuan agar anak tidak kepanasan akibat pengaruh rasa lada hitam.

5. Mengobati demam

Jeruk Limau dapat digunakan untuk mengatasi demam pada anak, yaitu dengan merebus 4 genggam daun limau kasturi dengan  dengan 4 gelas air. Setelah itu, air tersebut digunakan untuk mengompres pada bagian dahi anda menggunakan kain yang telah direndamdi dalamnya.

6. Mengatasi sakit kepala

Limau kasturi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala. Anda dapat meminum air perasan laimau kasturi agar meredakan sakit pada kepala anda.

7. Mengatasi batuk

Batuk disebabkan oleh adanya radang dan gangguan pada saluran pernafasan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan lendir dan penyebab iritasi. Batuk juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti asma, alergi, terkena debu, asap, rokok dan lain – lain.

Cara mengatasi batuk salah satunya adalah dengan mengkonsumsi limau kasturi yang sudah diperas bersama dengan kecap dan garam. Anda harus meminumnya secara rutin dua kali sehari.

8. Sebagai parfum rambut

Biji limau kasturi dapat digunakan sebagai parfum rambut, yaitu dengan mengirisnya dan menggosokkan pada rambut anda. Ditunggu beberapa menit lalu dibilas dan dicuci bersih menggunakan air.

9. Sebagai bahan bumbu masak

Banyak sekali manfaat yang dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsi limau kasturi. Bahkan dapat juga digunakan untuk bahan masakan sehingga masakan lebih enak dan lezat. Salah satu contohnya adalah untuk membuat sambal.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada limau kasturi menjadikan limau tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, anda juga dapat mencegah terserang bakteri maupun virus.

11. Mengatasi gejala asam urat

salah satu manfaat limau kasturi adalah mengatasi gejala asam urat. Anda dapat mengkonsumsi limau kasturi untuk meredakan rasa nyeri pada bagian persendian. Selain itu, anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan seperti jeroan hewan, daging, kepiting, ikan dan lain – lain.

12. Mencegah kanker

Limau kasturi mengandung banyak vitamin C yang dapat berperan sebaagi antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

13. Mengobati sariawan

Sariawan dapat menyebabkan perih pada bagian mulut maupun gusi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada limau kasturi dapat mencegah dan mengobati sariawan serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda agar tidak mudah terkena penyakit.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *