Manfaat Lobak

Oleh /

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Secara morfologi  lobak berwarna putih, bentuk umbinya seperti wortel. Banyak sekali kandungan senyawa fitokimia dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

Kandungan Senyawa dan nutrisi di dalam Lobak

Berikut ini merupakan beberapa kandungan gizi pada lobak:

  1. Vitamin A, B1, B2, vitamin C, vitamin E.
  2. Mengandung Minyak atsiri
  3. Banyak mengandung senyawa fitokimia seperti indol, zeaxanthin, lutein, beta karoten, dan lain – lain.
  4. Niasin
  5. Mangan
  6. Kolin
  7. Asam folik
  8. Kalsium
  9. Zat besi
  10. Fosfor
  11. Asam oksalat
  12. Serat kasar

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat lobak yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit:

1. Mengobati jamur

Lobak mengandung senyawa yang dapat membunuh pertumbuhan jamur di dalam tubuh. Selain itu,  lobak mengandung enzim yang membantu membersihkan zat – zat yang membahayakan tubuh serta virus maupun parasit yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

2. Membantu mengatasi batu ginjal

Lobak dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mengatasi batu ginjal. Hal ini dikarenakan dengan adanya kandungan potasium dapat bermanfaat untuk mengurangi keluarya kalsium yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal.

3. Mengatasi kulit kering dan jerawat

salah satu manfaat lobak adalah Mengatasi kulit kering dan jerawat. Lobak putih mengandung berbagai senyawa seperti vitamin C, vitamin B, fosfor dan zink yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit.  Selain itu, kandungan airnya yang tinggi dapat melembabkan kulit dan kulit anda akan semakin sehat.

Lobak juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menggunakan lobak sebagai masker. Langkah selanjutnya adalah menggunakan lobak untuk dikonsumsi agar mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda.

4. Mengatasi ketombe

Anda dapat menggunakan lobak sebagai masker rambut agar membantu mengatasi ketombe pada kepala dan menurunkan produksi minyak pada rambut. Cara penggunaannya adalah lobak dihaluskan lalu diusapkan pada rambut anda. Hal ini juga dapat membantu memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok.

5. Menyembuhkan penyakit liver

Apabila anda mengkonsumsi lobak dapat membantu menjaga fungsi liver tetap normal. Selain itu, lobak  juga dapat membantu detoksifikasi liver, membantu pelepasan enzim yang bermanfaat untuk mencegah liver terkena infeksi.

6. Mengatasi penyakit kuning

Kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat di lobak dapat menghilangkan produksi bilirubin berlebihan. Hal ini dikarenakan penyakit kuning dapat menyerang sel darah merah pada tubuh. Dalam hal ini lobak mengandung oksigen yang dapat menormalkan kondisi tersebut. Daun lobak ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut.

7. Mengatasi ambeien

Di dalam lobak terdapat zat – zat yang sulit untuk dicerna. Hal ini sangat bagus untuk sistem pencernaan karena zat tersebut dapat menahan air dan mengobati sembelit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus lobak secara rutin 2 kali sehari.

8. Membantu mengatasi kanker

Lobak kaya akan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Selain itu, adanya kandungan vitamin C, asam folic dan antosianin dapat menjadikan lobak dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut dapat menangkal radikal bebas.

9. Menjaga kesehatan sistem pernafasan

Lobak dapat membantu mengatas penyumbatan pada hidung, tenggorokan dan paru – paru. Hal ini dikarenakan lobak banyak mengandung vitamin dan zat disinfektan yang mampu mencegah resiko terserang infeksi.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *