minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah digunakan dari sejak lama, bisa untuk menyembuhkan penyakit, untuk merawat kecantikan, dan bisa juga sebagai salah satu bumbu masakan. Ada banyak sekali manfaat minyak zaitun yang perlu kita ketahui. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang biasanya tumbuh di wilayah mediteranian, dengan intensitas sinar matahari yang cukup banyak.

Minyak zaitun juga sangat dikenal di dunia kecantikan, tak heran jika kini banyak sekali produk kecantikan atau perawatan wajah yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan pembuatannya. Hal itu dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat ampuh dalam menyembuhkan atau mengobati dan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh, lemak tak jenuh tersebut sangat baik bagi kesehatan jantung. Khususnya dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak meningkat.

2. Mengurangi angka kematian

Menurut hasil penelitian, di negara Albania Benua Eropa angka kematian bisa ditekan setiap tahunnya. Penyebabnya adalah mayoritas penduduk Albania selalu menggunakan minyak zaitun di setiap olahan makanan yang dibuat. Artinya, minyak zaitun sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi memang cukup mengganggu pada sebagian orang, maka cobalah untuk mengkonsumsi minyak zaitun untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita. Sehingga penggunaan obat-obatan medis pun bisa dikurangi jika penderita hipertensi mengkonsumsi minyak zaitun.

4. Mencegah terjadinya penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti semua orang, jika anda ingin terhindar dari penyakit kanker maka sebaiknya konsumsilah minyak zaitun secara rutin. Karena kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu anda terhindar dari segala macam senyawa radikal yang berbahaya.

5. Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi

Manfaat minyak zaitun yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tetapi tidak menghilangkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

6. Minyak zaitun memiliki kandungan yang setara dengan ASI

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan penting bagi setiap bayi, tahukah anda bahwa kandungan lemak yang berantai tunggal yang terkandung di dalam ASI juga ternyata terdapat di dalam minyak zaitun.

7. Menyehatkan usus

Senyawa oleuropi agylcone yang terkandung di dalam minyak zaitun memiliki peranan penting bagi kesehatan usus. Karena fungsi dari senyawa tersebut adalah untuk menjaga suplai darah ke usus. Serta membantu mengurangi kerusakan yang bisa terjadi pada usus yang diakibatkan oleh penyakit anemia atau kurang darah.

8. Menangkal senyawa radikal bebas

Kandungan anti oksidan polifenol yang terdapat pada minyak zaitun akan membantu proses detoksifikasi yang terjadi dalam tubuh. Dengan adanya proses detoksifikasi dalam tubuh atau pembuangan racun yang ada di dalam tubuh, maka hal itu akan berfungsi dalam menangkal serangan radikal bebas.

9. Mengurangi peradangan pada sendi

Menurut sebuah penelitian, minyak zaitun dapat membantu mengurangi sakit akibat peradangan pada bagian persendian. Penelitian tersebut dilakukan pada penderita radang sendi yang mengkonsumsi minyak zaitun, dan hasilnya sangat baik.

10. Mengurangi resiko penyumbatan dan penebalan pada pembuluh darah

Nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi lemak jahat yang berasal dari makanan berlemak. Akibat dari lemak tersebut akan mengakibatkan pembekuan darah, atau penebalan pembuluh nadi pada jantung. Maka konsumsilah minyak zaitun secara rutin dan teratur.

11. Dapat menyembuhkan penyakit asam urat

Asam urat merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kelebihan zat purin dalam tubuh, manfaat minyak zaitun berikutnya adalah dapat mengatasi atau menyembuhkan penyakit asam urat. Karena kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat menetralisir kandungan asam dan eritrositnya.

12. Dapat mengatasi penyakit ambeien

Minyak zaitun juga dipercaya dalam mengatasi penyakit ambeien, anda bisa mengolah minyak zaitun menjadi suatu ramuan herbal yang dioleskan ke bagian ambeien untuk membantu proses penyembuhannya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

1. Menghilangkan warna kehitaman pada bibir

Kandungan vitamin E dan vitamin K yang terdapat pada minyak zaitun ternyata bermanfaat untuk menghilangkan warna kehitaman yang terdapat pada bibir. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir setiap hari maka bibir akan kembali menjadi cerah alami.

2. Memerahkan warna bibir

Selain menghilangkan warna kehitaman pada bibir, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya yaitu dapat memerahkan bibir secara alami. Jika anda ingin memiliki warna bibir yang merah merona dan tampak sehat, maka anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun.

3. Memelihara kesehatan rambut

Bukan hanya kulit, tetapi rambut juga adalah hal yang sangat penting dan akan berpengaruh pada kecantikan seorang wanita. Rambut yang rusak akibat proses pengecatan, pelurusan, atau pengkritingan dapat diatasi dengan minyak zaitun. Karena kandungan vitamin E nya akan membuat rambut menjadi sehat berkilau dan menebalkan rambut secara alami.

4. Menebalkan alis

Tahukah anda bahwa ternyata minyak zaitun juga terbilang ampuh dalam menebalkan alis, karena kandungan nutrisinya seperti vitamin E dapat membuat alis anda tebal secara natural. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada alis sebelum tidur dan diamkan semalaman.

5. Mengencangkan kulit wajah

Membuat wajah menjadi lebih kencang dan awet muda tentu bisa dilakukan dengan cara alami. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun mengandung zat linoleid acid yang fungsinya adalah untuk menjaga kadar air di dalam kulit wajah sehingga tidak akan muncul keriput di usia dini.

6. Mengecilkan pori-pori di wajah

Kandungan zat linoleic acid pada minyak zaitun juga dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Pori-pori yang membesar memang terkadang mengganggu kecantikan wajah kita, maka gunakanlah minyak zaitun agar wajah terlihat cantik alami.

7. Menghaluskan kulit wajah

Minyak zaitun juga bermanfaat dalam menghaluskan kulit wajah, namun untuk hasil yang maksimal anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan buah pepaya untuk dijadikan masker. Kandungan vitamin A,C,dan E serta anti oksidannya mampu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit anda.

8. Memutihkan kulit wajah

Banyak orang yang ingin memiliki kulit wajah yang putih tetapi putih alami, maka anda bisa menggunakan minyak zaitun ini untuk memutihkan kulit wajah tanpa produk pemutih yang mengandung zat kimia. Sedangkan pada minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang berfungsi untuk melindungi kulit dari ancaman kerusakan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *