Manfaat Okra

Oleh /

Tanaman yang berasal dari Ethiopia ini rupanya juga sudah banyak dibudidayakan oleh petani lokal di Indonesia. Tanaman okra biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian 600-800 mdpl dan bisa dipanen saat umur 1,5 sampai 2 bulan.

Tanaman dataran tropis ini juga banyak dijumpai diberbagai negara seperti India, Jepang, Cina dan Malaysia karena manfaatnya. Salah satu manfaat okra yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaatnya? Berikut diantaranya:

Manfaat Okra untuk Kesehatan

1. Mengatasi Diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan ISRN Farmasi pada tahun 2011, menyimpulkan bahwa okra dapat mengurangi penyerapan glukosa dan kadar gula darah. Selain itu, okra adalah sumber serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, okra sangat baik dikonsumsi untuk mengobati diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan okra yang kaya akan serat dan antioksidan seperti, epicatehin, katekin, procyanidin dan quercetin dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan Kolesterol

Okra mengandung serat larut yang sangat membantu menurunkan kolesterol serta risiko penyakit jantung. Selain itu, okra juga dapat mengikat kelebihan kolesterol dan racun pada asam empedu.

4. Mencegah Kanker

Senyawa bamia atau anti oksidan yang terdapat pada okra dapat membantu mencegah munculnya kanker rongga mulut. Hal ini tentu sangat berguna mengingat kanker merupakan penyakit yang benar-benar berbahaya dan cukup sulit untuk disembuhkan.

5. Melindungi Paru-paru

Okra merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Senyawa flavonoidnya juga berfungsi sebagai anti oksidan seperti beta karoten dan lutein dapat melindungi paru-paru dari berbagai kerusakan.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Sayuran yang banyak mengandung vitamin A, lutein, beta karoten dan xanthein dapat menetralisir serta mengusir radikal bebas yang berbahaya. Kandungan Vitamin A-nya juga dapat menjaga selaput lendir yang sangat berperan penting melindungi mata dari risiko degenerasi makula dan katarak.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan Vitamin K dan asam folat yang tinggi merupakan faktor pembekuan darah untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, okra juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Okra dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai infeksi, melindungi dari radikal bebas dan dapat mengurangi batuk. Hal tersebut dikarenakan okra mengandung 36% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, zat besi dalam okra dapat mengatur molekul hemoglobin. Dimana hal tersebut berperan penting untuk proses metabolisme energi, sintesis DNA, serta dalam sistem imun tubuh.

9. Mengobati Anemia

Okra merupakan salah satu makanan penambah darah karena mengandung banyak vitamin A, C, mineral, magnesium dan zat besi untuk membantu memproduksi sel darah merah. Mengonsumsi okra dengan cara dijus sangat membantu penderita anemia.

10. Menurunkan Berat Badan

Diketahui dalam 100 gram okra hanya terdapat 30 kalori. Selain itu, okra adalah sayuran yang kaya akan serta, viatamin dan mineral. Dimana hal tersebut sangat membantu program diet.

Dengan tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, okra juga kerap menjadi rekomendasi oleh ahli gizi bagi yang tengah melakukan program diet atau menurunkan berat badan.

Namun perlu digaris bawahi bahwa kandungan oksalat yang tinggi pada okra dapat menyebabkan kondisi batu empedu dan ginjal memburuk. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan okra sebagai obat tradisional jangan berlebihan. Selain itu, jangan menggoreng okra untuk dikonsumsi, karena nanti manfaat okra untuk kesehatan akan berubah menjadi bahaya dengan meningkatnya kolesterol tersebut.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *