Manfaat Rumput Teki

Manfaat Rumput Teki

Rumput teki atau yang dikenal dengan tanaman pengganggu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Manfaat rumput teki sebagai obat herbal bisa Anda peroleh dari bagian umbi dan daunnya. Untuk Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan olahan rumput teki.

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

1. Membantu Mengobati Kencing Batu

Manfaat dari rumput teki yang pertama adalah mengobati penyakit kencing batu. Penyakit ini biasanya memiliki gejala dimana saluran kencing tertahan oleh gumpalan atau kristal dari kotoran sehingga penderita kesulitan untuk buang air kecil.

Peran umbi rumput teki yang direbus dan diolah terbukti mampu membantu menyembuhkan para penderita dari penyakit kencing batu.

Cara mengolah umbi rumput teki sebagai ramuan juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan umbi rumput teki
  • Cuci umbi hingga bersih
  • Haluskan umbi rumput teki
  • Rebus umbi yang sudah halus hingga mendidih

Ramuan tersebut bisa Anda konsumsi secara teratur minimal 3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan gejala dari kencing batu bisa hilang.

2. Memperbaiki Siklus Menstruasi

Manfaat rumput teki kali ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah pada siklus menstruasi yang tidak normal. Penyebab wanita mengalami masalah siklus menstruasi diantaranya adalah banyak masalah, pola makan yang kurang sehat, dan terlalu banyak aktivitas.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih sering mengalami masalah siklus menstruasi maka bisa mencoba untuk memanfaatkan ramuan dari rumput teki. Cara membuatnya juga mudah sama halnya dengan membuat ramuan untuk kencing batu.

3. Membuat Buang Air Besar Menjadi lancar

Manfaat rumput teki yang lainnya adalah sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan terutama saat kesulitan buang air besar. Kini dengan pengolahan rumput teki yang tepat maka Anda akan terbebas dari masalah pencernaan dan buang air besar menjadi semakin lancar.

4. Menjadikan Proses Pembekuan Darah Lebih Cepat

Rumput teki ternyata juga memiliki manfaat yang cukup penting dalam mempercepat pembekuan darah pada luka. Proses penyembuhan untuk luka mungkin cukup berbeda dengan cara yang lain.

Cara yang digunakan adalah dengan menumbuk umbi rumput teki hingga halus kemudian ditempelkan pada luka. Jika sudah mengering maka segera basuh menggunakan air bersih.

5. Obat Untuk Berbagai Penyakit Kulit

Manfaat dari rumput teki yang tidak kalah penting adalah membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa disembuhkan adalah panu, ruam, kutu air dan kudis.

Jika biasanya yang digunakan adalah bagian umbi, kali ini Anda bisa memanfaatkan bagian daunnya. Anda bisa merajang daun rumput teki, kemudian gunakan irisan tersebut untuk mengompres bagian kulit yang bermasalah hingga kulit terasa dingin.

6. Menurunkan Demam

Manfaat rumput teki yang selanjutnya adalah sebagai obat penurun panas atau demam. Anda bisa menumbuk umbi rumput teki hingga halus kemudian campur dengan sedikit air. Kompres orang yang mengalami demam dengan ramuan umbi rumput teki, tunggu beberapa saat dan panas pun akan segera turun.

7. Obat Anti Nyamuk

Apakah Anda sering merasa kesal dengan gigitan nyamuk? Jika iya, maka cobalah untuk menggunakan pasta dari rumput teki yang dibuat sendiri. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menghaluskan bagian daun dan umbi rumput teki yang dicampur dengan sedikit air kemudian oleskan pada seluruh badan.

Meskipun sering kali dipandang sebagai tanaman yang mengganggu, ternyata rumput teki memiliki banyak sekali kegunaan terutama dalam kesehatan. Di atas adalah beberapa jenis manfaat rumput teki yang bisa Anda gunakan ketika mengalami beberapa masalah kesehatan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *