Manfaat Sayur Kale

Oleh /

Siapa yang tak kenal dengan salah satu jenis sayuran hijau ini yang mana mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Sekilas, daun kale ini terlihat mirip dengan sayuran sawi putih namun hanya saja warnaya lebih gelap.

Manfaat sayur kale biasanya digunakan sebagai olahan masakan sayur pelengkap hidangan. Seperti, digunakan untuk pelengkap salad atau bisa juga dihaluskan menjadi salah satu minuman sehat sejenis minuman smoothies.

Kandungan dalam Sayur Kale

Mungkin anda bertanya-tanya ya kenapa sayuran ini cukup popular terutama pada daerah Bandung dan Bogor. Hal ini tentunya karena sayur kale kaya akan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaatnya untuk kesehatan adalah dapat membantu diet. Jadi, bagi anda yang ingin menjalankan program diet jangan lupa tambahkan sayur kale pada menu diet anda.

Sementara untuk kandungan nutrisi pada sayur kale dapat anda simak pada informasi berikut ini.

  • Vitamin K
  • Kooin
  • Vitamin C
  • Asam Folat
  • Vitamin B6
  • Niasin
  • Vitamin E
  • Riboflavin
  • Vitamin D
  • Thiamine
  • Vitamin A
  • Mangan
  • Magnesium
  • Garam
  • Zat besi

Manfaat Sayur Kale bagi Kesehatan

Manfaat sayur kale bagi kesehatan tubuh ada banyak sekali macamnya. Salah satu jenis sayuran ini menawarkan berbagai macam kandungan nutrisi baik berupa vitamin dan mineral yang melimpah. Nah, untuk lebih detail penjelasannya mengenai manfaat dari sayur kale ini, silahkan saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Salah satu kandungan sayur kale yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung adalah Vitamin K yang mana memenuhi 680% kebutuhan vitamin K dalam tubuh per harinya. Bahkan kandungan ini akan bertambah hingga 1300% bila anda mengolahnya dengan merebusnya dan tidak menambahkan garam.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa terjadi penurunan resiko dari kematian pada pasien yang menderita penyakit jantung dengan memberikan suplemen vitamin K. Namun, bila anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter ahli, sebanyak apa vitamin K ini dianjurkan untuk dikonsumsi pada tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mempunyai kandungan vitamin K yang tinggi, dalam satu gelas sayur kale yang masih mentah juga mengandung 6.600 IU, yang mana Kementrian Kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin A sebanyak 2400 IU per harinya.

Vitamin A tentunya sangat baik untuk kesehatan mata, juga meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan bahkan juga ikut berperan dalam pembentukan sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu, bila anda mengkonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin A dapat terhindar dari resiko penyakit mata dan juga menjaga kesehatan mata.

Selain itu, sayur kale juga mempunyai beragam jenis warna seperti hijau, ungu, putih, dan hijau kebiruan yang diakibatkan adanya zat lutein. Dimana zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi pada mata.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu memang dikenal sebagai salah satu minuman yang terdapat kandungan kalsium. Yang mana hanya memiliki 1.13 mg kalsium dalam setiap gramnya. Namun, selain ditemukan pada susu, kalsium juga terkandung dalam sayur kale. Bahkan, pada satu gram sayur kale mentah, terdapat 1, 35 mg kandungan kalsium.

Selain itu, kalsium pada sayuran kale juga mudah diserap oleh tubuh bahkan bisa mencapai 40 sampai 60%. Sehingga, kandungan ini tentunya dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang anda. Hal ini tak lain karena fungsi kalsium yang berperan penting dalam perlindungan pada tulang.

4. Membantu Regenerasi Sel

Sel pada tubuh manusia mempunyai siklus hidup dan mati yang mana tersusun dalam sebuah skema regenerasi sel. Maka, seharusnya tubuh manusia dapat melakukan regenerasi sel dengan baik sehingga kondisi tubuhnya tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

Namun, tetap saja terkadang regenerasi sel dalam tubuhnya tidak maksimal. Hal ini karena sel-sel kekurangan nutrisi untuk asupan utamanya. Untuk memperbaikinya maka konsumsilah sayur kale ini. Karena kandungan nutrisinya akan membantu proses regenerasi sel dalam tubuh.

5. Mencegah Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya pada manusia. Stroke dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja entah itu muda atau tua tak luput dari serangan penyakit ini.

Maka, untuk mencegahnya anda sebaiknya memperhatikan pola makan anda sehingga tidak terkena hipertensi yang dianggap sebagai salah satu faktor penyebab utama dari stroke. Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi sayur kale yang mana dapat berguna untuk mencegah penyakit stroke.

6. Menurunkan Kolesterol

Bila anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, anda bisa menurunkannya dengan mengkonsumsi sayur kale. Sebab, sayuran kale ini terdapat kandungan asam lemak dan lemak HDL yang berfungsi untuk menyingkirkan lemak jahat penyebab dari kadar kolesterol yang tinggi.

7. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyebab kedua kematian untuk para wanita di seluruh dunia. Bahkan, setidaknya dari 8 wanita ada 1 yang menderita kanker tersebut. Tentunya sangat menakutkan sekali bukan?

Untuk mencegahnya agar terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini anda bisa mengkonsumsi sayur kale. Dalam kale terdapat kandungan nutrisi yag disebut dengan sulforaphane. Yang merupakan salah satu jenis antioksidan dan simulator dari enzim yang disebut detoksifikasi.

Sulforaphane berguna untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara pada tubuh. Berdasarkan pada suatu penelitian pada tahun 2010 menyatakan bahwa sulforaphane dapat menurunkan sel-sel kanker yang aktif pada para penderita kanker payudara sebanyak 65% sampai 805.

8. Menyehatkan Liver

Liver merupakan salah satu organ dalam tubuh yang dapat dilindungi kesehatnnya dengan mengkonsumsi sayuran kale. Dengan mengkonsumsinya maka liver anda akan lebih terjaga kesehatannya dan juga mencegah timbulnya penyakit kuning dan penyakit yang lain yang mengganggu kesehatan organ tubuh ini.

9. Melancarkan Saluran Cerna

Manusia tentunya memerlukan serat pangan yang mana terkandung dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Apalagi pada sayur kale ini yang mempunyai kandungan serat yang melimpah untuk tubuh. Dengan mengkonsumsinya anda bisa mendapatkan manfaat seperti melancarkan saluran cerna pada tubuh sehingga terbebas dari sembelit yang merepotkan.

Selain itu, serat juga memiliki fungsi yang lain seperti membersihkan usus sehingga penyerapan sari makanan akan menjadi lebih baik lagi.

10. Mencegah Anemia 

Manfaat sayuran kale selanjutnya adalah dapat mencegah tubuh terkena anemia. Yang mana dalam sayur kale terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga membuat tubuh anda bertambah sel-sel darah merahnya.

11. Mengobati Arthritis

Salah satu penyakit yang bisa juga diatasi dengan menggunakan sayur kale adalah arthritis. Dimana kandungan yang berada dalam sayuran ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit arthritis dan juga mencegah penyakit itu datang kembali pada tubuh anda.

12. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah dari penyakit liver dan jantung, manfaat lain dari sayur kale juga dapat anda rasakan seperti mencegah tubuh dari serangan penyakit kanker yang mematikan. Hal ini karena sayuran ini mempunyai zat anti kanker yang alami. Sehingga, dapat menyehatkan tubuh anda dan juga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.

13. Anti Alzheimer

Untuk mencegah penyakit Alzheimer anda bisa mencegahnya secara dini dengun menggunakan sayur kale. Karena dengan mengkonsumsinya akan melindungi tubuh anda dan membuat tubuh kebal dari penyakit itu.

14. Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet jangan lupa juga tambahkan sayur kale dalam list menu diet anda. Dengan mengkonsumsinya maka berat badan anda akan turun dengan alami.


Tinggalkan Komentar