Manfaat Susu Kambing Etawa

Ditulis oleh: /

Manfaat susu kambing etawa dalam bidang kesehatan tentunya tak perlu anda ragukan lagi. Ini karena pada susu kambing ini terkandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi pada anak-anak maupun para orang dewasa.

Selain itu berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa tekstur dari susu kambing ini pun penuh kelembutan atau hampir sama dengan air susu ibu sehingga susu kambing etawa mendapatkan pengakuan sebagai salah satu susu terbaik setelah ASI. Namun, tetap saja ASI tetap menjadi unggulan susu terbaik nomer satu untuk bayi.

Kandungan dalam Susu Kambing Etawa

Seperti halnya pada susu sapi yang mengandung sumber kalisum yang tinggi, pada susu kambing etawa juga memiliki kandungan kalsium dan kaya akan nutrisi lain yang menyehatkan bagi tubuh. Misalnya seperti kandungan antioksidan dan asam lemak yang baik. Selain itu, kandungannya juga hampir sama seperti yang terdapat pada Air Susu Ibu.

Adapun mengenai kandungan nutrisi pada susu kambing etawa untuk lebih lengkapnya dapat anda simak pada ulasan singkat berikut ini.

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Thiamin
  • Vitamin B2
  • Niacin
  • Vitamin B6
  • Zincun (Zn)
  • Mineral Alkaline
  • Flourin + Betakasein
  • A2-Betakasein + Asam Amino Essensial
  • Cynokobalamin

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan

Seperti pada penjelasan sebelumnya mengenai manfaat susu kambing etawa salah satunya adalah menyehatkan tubuh. Selain itu juga ditemukan manfaat yang lain seperti untuk membantu pengobatan dan pencegahan dari berbagai infeksi penyakit. Untuk penjelasan lebih detailnya, simak saja penjelasan berikut ini.

1. Membantu Pencernaan

Menurut sebuah penelitian dari para ahli lewat Journal of American Medicine menemukan fakta bahwa susu kambing etawa mempunyai kandungan asupan nutrisi yang sangat lengkap. Contohnya seperti mineral, elektrolit, enzim, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda.

Tentunya dengan adanya kandungan yang baik itu terutama untuk lambung menyebabkan susu kambing etawa mudah dan cepet dicerna dalam tubuh anda. Karena biasanya sistem pencernaan pada tubuh anda membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk mencerna susu sapi.

Namun, hal ini berbeda dengan susu kambing etawa yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menitan untuk mencernanya. Maka dari itu untuk anda yang mengingingkan sistem pencernaan anda baik, konsumsilah susu kambing ini dengan teratur.

2. Antiseptic Alami

Kandungan dalam susu kambing etawa seperti fluorine memiliki manfaat sebagai salah satu antiseptic alami yang mana dapat membantu menekan laju perkembangbiakan pada bakteri-bakteri jahat pada tubuh. Sehingga dapat membantu perlindungan secara penuh pada tubuh.

3. Mengobati Gangguan Pernafasan 

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai alternative dalam mengobati penyakit gangguan pernafasan pada tubuh anda. Seperti Asma, Flek paru-paru, TBC, dan lain sebagainya. Ini karena kandungan pada susu kambing etawa seperti Flourin dan Betakasein sangat baik untuk mengobati gangguan pernafasan.

Oleh karena itu bagi anda yang mengalami masalah dengan gangguan pernafasan anda bisa memilih opsi alternative ini yaitu dengan mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin sebanyak 3x sehari.

4. Mencegah Anemia

Kandungan dalam susu kambing etawa seperti yang telah disebutkan diatas ternyata memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh salah satunya adalah mencegah anemia. Oleh karena itu, bagi anda yang sering kali mengalami gejala anemia cobalah untuk mengkonsumsi susu kambing etawa secara teratur.

5. Pelengkap Gizi

Tahukah anda dengan semboyan 4 sehat 5 sempurna? Dimana sebagai salah satu upaya dari pemerintah kepada masyarakat agar dapat memahami pola makan dengan benar.  4 unsur sehat tersebut adalah makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan, dan sayuran. Kemudian unsur ke limanya disempurnakan dengan tambahan susu.

Biasanya susu yang disajikan sebagai pelengkap kebanyakan berasal dari susu sapi. Namun, bila dirasa susu sapi terlalu mahal untuk anda jangkau. Anda bisa menggantinya menggunakan susu kambing etawa yang berfungsi sebagai pelengkap gizi. Selain itu, kandungan kalsium dalam susu kambing etawa juga tinggi, sehingga akan membantu memperkuat tulang anda.

6. Mencegah Osteoporosis

Kandungan dalam susu kambing etawa yang sangat membantu proses pertumbuhan dalam tubuh adalah Kalsium. Dimana berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah osteoporosis dan pengapuran pada tulang yang biasa diderita oleh para orang tua dan para lansia.

Nah, bagi anda yang mempunyai masalah dengan tulang yang linu terutama pada bagian sendi atau lutut. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin tiap harinya. Hal ini agar kondisi tulang anda dapat ditangani dengan baik sehingga tidak mengalami pengeroposan.

7. Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Siapa bilang susu kambing etawa tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil. Malah sebenarnya sangat dianjurkan loh. Alasannya karena dalam susu kambing ini terdapat kandungan Kalsium 6x lebih banyak bila dibandingkan dengan kalsium pada susu sapi.

Untuk mengkonsumsinya sebaiknya ketika kandungan menginjak usia 6 bulan keatas. Karena kondisi tulang janin sedang terbentuk dan sangat membutuhkan asupan kalsium yang dibutuhkan tulang. Bila ibu yang sedang dalam kondisi mengandung tetapi kekurangan kalsium ini dapat berakibat pengeroposan pada tulang.

Selain itu, susu kambing etawa juga memiliki manfaat bagi ibu-ibu yang sedang menyusui yaitu dapat meningkatkan produksi ASI. Inilah mengapa para ibu yang sedang dalam kondisi hamil dan menyusui sebaiknya mengkonsumsi susu kambing etawa dengan rutim.

8. Meningkatkan Antibody

Kandungan flourin yang berada didalam susu kambing etawa ternyata lebih banyak dibandingkan dengan kandungan flourin pada susu sapi. Dimana bila anda mengkosumsi susu kambing etawa tersebut akan bermanfaat bagi tubuh yakni meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Tentunya dengan cara yang alami sehingga akan aman bagi tubuh.

9. Meningkatkan Vitalitas

Susu kambing etawa juga dipercaya mempunyai manfaat untuk mengatasi penyakit frigiditas. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit disfungi seksual. Dimana bukan hanya diderita oleh kaum pria tetapi juga bisa diderita kaum wanita.

Namun, bila anda mengkonsumsi susu kambing etawa secara teratur maka akan membantu meningkatkan vitalitas baik bagi pria maupun bagi wanita.

10. Meningkatkan Reproduksi

Bila anda memiliki masalah pada reproduksi karena faktor usia, kelainan pada alat reproduksi, kurangnya asupan nutrisi pada tubuh, dan pola hidup yang tidak sehat. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi susu kambing etawa yang mana dipercaya dapat meningkatkan sistem reproduksi baik bagi pria maupun wanita.

11. Membantu Diet

Pada penjelasan diatas tadi terdapat penjelasan mengenai susu etawa dapat membantu sistem pencernaan. Hal ini karena lemak ataupun protein yang terkandung sangat mudah dicerna dalam tubuh. selain itu, susu kambing etawa ini juga dapat menekan rasa lapar anda sehingga dapat anda gunakan sebagai program untuk diet.

Kandungan-kandungan seperti protein juga baik untuk membantu membakar lemak dalam tubuh anda dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya anda mengkonsumsi susu kambing etawa ini setelah makan.

12. Tidak Menimbulkan Alergi

Biasanya untuk anda yang tidak kuat dengan kandungan laktosa pada susu sapi akan menjadi pemicu terjadinya alargi pada tubuh anda. Sebagai alternatifnya anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi susu kambing etawa. Karena susu kambing ini tidak menimbulkan segala jenis alergi setelah mengkonsumsinya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *