Manfaat Tape Singkong

Oleh /

Tape adalah salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Daerah yang terkenal dengan produksi tape di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa daerah lainnya. Tape bisa dibuat dari berbagai macam bahan makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Kali ini, kita akan membahas tentang manfaat tape singkong.

Tape banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang unik. Tape mempunyai campuran rasa lembut, manis, dan gurih yang tidak ditemukan dalam makanan lain. Selain itu, tape juga mengandung alkohol karena pembuatannya melalui proses fermentasi.

Kandungan Gizi Tape Singkong per 100 Gram

  • Energi = 173 kkal
  • Protein = 0,5 gr
  • Lemak = 0,1 gr
  • Karbohidrat = 42,5 gr
  • Kalsium = 30 mg
  • Fosfor = 30 mg
  • Zat Besi = 0 mg
  • Vitamin B1 = 0,07 mg

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

1. Memberi Energi bagi Aktivitas Sehari-hari Anda

Setiap 100 gram tape singkong mengandung sekitar 38 gram karbohidrat dan energi sebanyak 173 kkal. Karena itulah,tape singkong merupakan bahan makanan yang tepat bagi individu dengan aktivitas fisik sedang hingga berat. Energi yang didapat setelah mengkonsumsi tape singkong akan dipecah menjadi glukosa dalam tubuh sehingga bisa digunakna sebagai sumber energi oleh sel dalam tubuh.

Selanjutnya, glukosa akan disimpan dan diubah menjadi glikogen dalam otot sebagai cadangan energi. Menariknya, daun singkong juga mengandung jumlah karbohidrat yang hampir sama dengan kacang-kacangan dan kacang kedelai.

2. Melindungi dan Memperbaiki Jaringan dalam Tubuh

Singkong mengandung protein yang berperan besar dalam melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, beberapa bagian dari tanaman singkong juga mengandung jenis protein yang berbeda seperti lisin, isoleusin, leusin, valin, dan arginin yang biasanya tak ditemukan di dalam tanaman. Singkong mengandung hampir semua jenis asam amino, yang membuatnya tak kalah dengan telur dan kacang kedelai sebagai sumber protein.

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol dalam Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Filipina (di mana singkong juga menjadi salah satu makanan utama) menunjukkan bahwa salah satu efek paling baik dari singkong termasuk olahannya seperti tape singkong bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Tape singkong juga secara spesifik menurunkan kadar lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang juga disebut sebagai kolesterol jahat dan juga menurunkan tingkat trigliserida karena kandungan seratnya yang tinggi. Singkong juga mengandung banyak saponin. Saponin bisa mengurangi kadar kolesterol buruk dalam peredaran darah anda dengan cara mengikat asam dan kolesterol, lalu mencegah bahan-bahan tersebut terserap oleh usus halus.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tape singkong juga bisa menurunkan tingkat kolesterol yang merupakan penyebab utama dari penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat pangan dalam tape singkong sangat membantu menjaga kesehatan arteri dan sirkulasi darah secara keseluruhan.

5. Membangun Tulang dan Gigi yang Kuat

singkong yang merupakan bahan dasar tape singkong mengandung kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin k yang ditemukan dalam daun singkong juga bisa jadi mempunyai peran dalam pembangunan massa tulang dengan cara memacu proses osteotropis dalam tulang serta mencegah hilangnya mineral , khususnya kalsium.

6. Menjaga Metabolisme tetap Normal

Tape singkong adalah sumber yang baik untuk sejumlah vitamin B kompleks seperti folat, piridoksin, tiamina, riboflavin, dan asam pantotenat yang sangat penting untuk produksi hormon metabolisme serta menjaga proses metabolisme tetap normal.

7. Membantu Mengatur Detak Jantung dan Tekanan Darah

Kandungan potassium dalam jumlah besar yang ditemukan dalam singkong (271 mg per 100 gram atau 6 persen dari kebutuhan harian) menjadi komponen sel dan cairan tubuh penting untuk mengatur detak jantung serta tekanan darah supaya tetap normal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi potassium dalam jumlah yang cukup oleh penderita tekanan darah tinggi bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Potassium merupakan mineral penting yang membantu detak jantung anda. Orang dengan masalah dengan detak jantung disarankan mengkonsumsi potassium dalam jumlah yang cukup, dan tape singkong bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

8. Mencegah Sembelit dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Amilase dengan kadar 16 hingga 17 persen yang ditemukan dalam singkong adalah sumber karbohidrat kompleks yang dipecah dalam waktu yang relatif lama sehingga anda akan merasa Kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya. Tape singkong juga mengandung serat pangan dalam jumlah banyak, yang bisa membantu mencegah sembelit. Serat juga berperan dalam membantu anda merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari godaan untuk memakan camilan berkalori tinggi.

9. Sumber Makanan Bebas Gluten

Tak seperti zat lain yang terkandung dalam bahan makanan nabati lainnya, singkong bebas dari gluten. Gluten adalah jenis protein yang terkandung dalam gandum, barley, oat, dan rye. Meskipun bergizi, gluten dapat menyebabkan alergi bagi sebagian orang yang menderita penyakit Celiac. Karena hal ini, penderitapenyakit celiac bisa menggunakan singkong sebagai pengganti makanan lain yang mengandung gluten sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan mereka.

10. Menurunkan Gula Darah

Kandungan serat dalam singkong membuat proses penyerapan glukosa ke dalam aliran darah semakin lambat. Ini adalah kabar baik bagi orang yang menderita diabetes. Penderita diabetes bisa merasakan kenyang tanpa harus khawatir akan tingkat gula darah mereka melonjak. Inilah alasan mengapa manfaat tape singkong sangat terasa bagi mereka yang menderita diabetes.

11. Mencegah Terjadinya Kanker

Tape singkong mengandung sejumlah antioksidan yang memainkan peran penting dalam mencegah radikal bebas memasuki tubuh dan menyebabkan tumbuhnya kanker. Antioksidan yang kuat seperti vitamin C, beta karoten, dan saponin terkandung dalam tape singkong. Antioksidan ini dikenal dengan khasiatnya untuk melindungi sel dalam tubuh anda dari kerusakan serta memperbaiki struktur DNA yang rusak. Sebuah penelitian dari Universitas Tianjin juga membuktikan bahwa kandungan saponin dalam tanaman bisa membantu mencegah kanker.

12. Memacu Pertumbuhan Probiotik dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Serat yang terkandung dalam singkong juga bisa memacu pertumbuhan probiotik atau bakteri baik dalam usus. Probiotik sendiri merupakan bagian yang penting dalam sistem imun tubuh manusia. Pertumbuhan bakteri baik sehingga jumlahnya bertambah banyak bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan sehingga kita tidak rentan terkena penyakit.

13. Mencegah Kerusakan Saraf di Otak dan Mencegah Penyakit Alzheimer

Vitamin k yang ditemukan dalam singkong muda sudah terbukti bisa membantu dalam penyembuhan penyakit Alzheimer dengan cara menghambat kerusakan saraf pada otak. Asupan vitamin k yang cukup juga mencegah kehilangan fungsi sel dalam otak.

14. Mencegah Anemia dan Membantu Darah Mengangkut Oksigen

Mineral besi yang terkandung dalam singkong membantu tubuh manusia membentuk dua protein yang penting: hemoglobin (molekul protein dalam sel darah merah) dan myoglobin (protein yang ditemukan dalam jantung dan otot) – yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Mengkonsumsi singkong bisa mencegah tubuh kekurangan besi sehingga terhindar dari anemia serta mempercepat proses pembaruan sel darah merah.

15. Membantu Meringankan Stres dan Kekhawatiran Berlebih

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam hampir semua bagian singkong juga diketahui dapat membantu tubuh meringankan tekanan dan membuat anda merasa lebih baik. Magnesium yang terkandung dalam singkong juga terkenal sebagai zat yang bisa meringankan stres dengan cara menenangkan sistem saraf. Jika anda sering bekerja di bawah tekanan, manfaat tape singkong yang satu ini bisa sangat membantu.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *