√ 11 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Rasa teh hijau sendiri tidak jauh berbeda dengan teh hitam yang sering kita konsumsi. Namun ternyata harga untuk teh hijau ini sedikit lebih mahal dibanding teh biasa. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan tinggi antoksidan yang disebut polifenol serta rendah kafein. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh kita, seperti mengencangkan kulit dan menghindarkannya dari tanda-tanda penuaan dini.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan psikis karena efek teh sendiri dapat digunakan untuk menenangkan. Selain polifenol, teh hijau juga mengandung flavonoid , fitokimia yang memiliki sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Selain itu manfaat daun teh juga digunakan dalam beberapa produk kesehatan, seperti ekstrak teh hijau pada produk kecantikan. Ada pula tips diet yang menganjurkan orang yang menjalani diet untuk rutin mengkonsumsi teh hijau setiap hari untuk membantu membakar lemak ditubuh. Dalam satu cangkir  150ml teh hijau, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml teh dapat membakar 40 kalori. Meskipun diet dengan teh hijau tidak terlalu signifikan, namun jika diimbangi dengan olahraga dan pengaturan pola makan tentu akan semakin mempercepat program diet.

Berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh kita yang harus kita pahami. Agar mulai sekarang kita dapat mengubah pola hidup sehat kita. Tidak masalah jika setiap hari kita ngopi, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi akan berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu kita harus imbangi dengan konsumsi teh. Jika kopi akan memacu kinerja kita karena kandungan tinggi kafeinnya, maka dengan teh hijau kita dapat menenangkan tubuh kita.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang diungkapkan diatas, teh hijau memiliki kandungan polifenol dan zat antoksidan lainnya. mengkonsumsi teh hijau setiap hari akan membantu menyehatkan kulit, menghindarkan kulit dari penuaan dini, munculnya garis halus pada wajah, mengencangkan kulit, menghilangkan kusam pada wajah.

2. Menghindari resiko kebotakan

Masalah kesehatan rambut ini paling sering terjadi pada wanita. Masalah rambut rontok dan patah disebabkan karena rambut kurang memiliki nutrisi. Disinilah peran teh hijau yang membantu menutris rambut. Maka dari itu ada beberapa produk shampo dan perawatan rambut yang menggunakan ekstrak teh hijau.

3. Menghilangkan jerawat

Salah satu manfaat masker teh ialah untuk mengatasi jerawat di wajah. Jerawat merupakan masalah wajah yang sering diakibatkan oleh adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Salah satu faktornya disebabkan karena debu dan polusi yang membuat wajah menjadi kusam akibat kotoran kemudian menyebabkan jerawat muncul. Maka dari itu cara paling efektif ialah menggunakan masker teh hijau untuk menghilangkan jerawat. Selain itu jika ingin simpel, carilah produk pembersih muka yang mengandung ekstrak teh hijau.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan sudah tidak asing lagi, Banyak program diet yang menganjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau agar mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Dalam satu cangkir  150ml teh hijau, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml teh dapat membakar 40 kalori. Meskipun diet dengan teh hijau tidak terlalu signifikan, namun jika diimbangi dengan olahraga dan pengaturan pola makan tentu akan semakin mempercepat program diet.

5. Mengatur tekanan gula darah

Dalam dunia pengobatan, terutama yang menggunakan herbal seperti pengobatan cina. Teh hijau memiliki fungsi untuk mengatur tekanan gula darah. Konsumsi teh hijau setiap hari selain menyehatkan bagian luar seperti kulit, juga menyehatkan bagian dalam tubuh kita.

6. Teh hijau mengurangi resiko kanker

Kandungan antioksidan pada teh hijau, diyakini lebih baik dari pada kandungan vitamin e. Fungsi anti oksidan tinggi ini jugalah yang membantu menyehatkan setiap sel ditubuh kita dan mengindari resiko kanker karena konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya setiap hari. Manfaat teh hijau untuk mengurangi resiko kanker bisa dilihat pada data berikut;

a. Kanker Payudara

Salah satu jenis kanker yang banyak terjadi pada wanita, analisis studi observasional menyatakan bahwa wanita yang suka minum teh hijau memiliki resiko 22% lebih rendah bila dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

b. Kanker Prostat

Kanker yang paling sering terjadi pada pria ini merupakan ancaman yang serius bagi setiap pria. Apabila anda ingin mengurangi resiko tersebut, rutinlah minum teh hijau karena studi yang dilakukan menyatakan bahwa pria yang minum teh hijau memiliki resiko 48% lebih rendah dibandingkan pria yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

c. Kanker Kolorektal

Studi ini dinyatakan dari analisis terhadap 69710 wannita di China. Dari studi tersebut dinyatakan bahwa peminum teh hijau memiliki resiko 57% lebih rendah mengalami kanker kolorektal dibandingkan orang yang tidak minum teh hijau.

7. Mengurangi resiki penyakit jantung dan kolesterol

Teh hijau membantu mencegah kerusakan pada saluran tubuh kita yang menuju organ-organ penting seperti jantung dan otak. Kandungan dalam teh hijau ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, membersihkan saluran tubuh sehingga tidak menghambat peredaran darah akibat kolesterol yang dapat menyebabkan darah tinggi.

8. Teh hijau untuk menangkal radikal bebas

Pernah perhatikan kenapa wanita jepang yang sudah berumur masih tetap cantik, memiliki tubuh yang menggoda, dan masih terlihat kencang ?. Rahasia kecantikan wanita jepang tak lepas dari tradisi minum teh hijau mereka. Bukan rahasia lagi jika mengkonsumsi teh hijau akan membantu Anda menangkan radikal bebas penyebab penuaan dini. Jadi sudah banyak buktinya manfaat teh hijau untuk kecantikan, kapan mau mulai untuk rutin minum teh hijau ?.

9. Meningkatkan kinerja dan kemampuan otak

Teh hijau ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bagian luar tubuh kita saja. Namun teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak kita. Teh hijau mengandung kafein seperti kopi, namun dalam ukuran yang lebih sedikit. Kandungan kafein yang tidak terlalu besar ini ternyata lebih aman untuk kesehatan kita. Kandungan kafein ini akan membantu meningkatkan kemampuan kerja neurotransmitter seperti dopamin dan noreponefrin, selain itu kemampuan memori dan reflek otak menjadi lebih baik.

10. Teh hijau menurunkan resiko alzheimer dan parkinson

Pastinya Anda tidak asing dengan dua penyakit ini. Keduanya berhubungan dengan kesehatan jaringan saraf tubuh kita. Alzheimer disebabkan karena adanya penyumbatan, sering kali disebabkan karena penyumbatan lemak kepala, yang menyebabkan penderitanya mengalami kepikunan dan kehilangan kemampuan kontrol fungsi motoriknya. Sedangkan parkinson merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan motorik. Tanda-tandanya tubuh sering gemetar saat tidak beraktifitas.

Namun ternyata kedua penyakit ini bisa dijauhi dengan rutin mengkonsumsi teh hijau. Hal ini karena adanya kandungan catechin yang membantu membangun sistem pertahanan pada neuron terutama pada otak.

11. Menghilangkan sakit kepala

Anda pernah sakit kepala dan sudah minum obat namun tidak kunjung reda ?. Mulai sekarang jauhi obat dan mulailah untuk minum teh untuk menghilangkan sakit kepala. Faktanya banyak orang yang sembuh hanya dengan minum teh. Sajikan satu gelas teh hangat, usahakan seduh teh yang bukan kantung dan masih berbentuk daun-daun teh. Seperti yang diulas sebelumnya, jika teh hijau memiliki manfaat membantu menenangkan.

Tertarik untuk mencoba green tea? mungkin Anda dapat mencoba teh hijau bubuk.

Menu