manfaat temulawak

Manfaat Temulawak

Oleh /

Temulawak adalah salah satu bahan ramuan alami yang kerap digunakan untuk menambah nafsu makan. Tanaman obat yang satu ini bisa dengan mudah Anda temukan sampai sekarang. Namun meskipun begitu, temulawak ternyata menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh Anda.

Temulawak yang dikombinasikan dengan herbal lain seperti kunyit bahkan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selengkapnya, berikut beberapa khasiat temulawak yang untuk kebugaran jasmani Anda:

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kanker merupakan pembunuh yang paling riskan di dunia. Oleh sebab itu, Anda patut waspada. Beruntunglah karena temulawak menawarkan jalan keluar yang aman bagi Anda. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya mampu memproteksi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan menghindarkan Anda dari pertumbuhan sel yang abnormal.

2. Mengobati Demam

Manfaat temulawak yang selanjutnya ialah meredakan demam. Seringkali Anda merasa khawatir saat tubuh si kecil panas dan tak kunjung turun. Kalau sudah begini, ada baiknya Anda mengurungkan niat dahulu memberikan buah hati Anda obat yang Anda beli dari apotek. Tak ada salahnya bukan jika Anda mencoba menghilangkan demam di tubuh mereka ini dengan temulawak.

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa menambahkan ramuan herbal tersebut dengan kunyit.

3. Menghilangka Nyeri

Nyeri barangkali sudah menjadi masalah klasik yang kerap Anda temui. Tidak hanya rasa sakit pada bagian tertentu saja, nyeri juga kadang dibarengi dengan peradangan, pusing kepala, dan menstruasi. Tapi sekali lagi Anda tak perlu buru-buru dan panik, ambilah temulawak untuk mengatasi permasalahan yang anda hadapi ini. Zat analgesik yang tersemat di dalam temulawak ditengarai mampu mengurangi nyeri secara efektif.

4. Menyembuhkan Flu Burung

Siapa sangka jika manfaat temulawak juga mampu menuntaskan penyakit yang pernah menjadi trending topik di Indonesia selama beberapa tahun yang lalu? Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Airlangga Surabaya menemukan bahwa keberadaan curcumin dalam temulawak mampu menurunkan kadar sitotoksin.

Sementara pada penderita flu burung, mereka mengalami kenaikan sitotoksin yang berpotensi merusak sel penderita.
Untuk memperoleh manfaat temulawak, ada dua resep yang bisa Anda aplikasikan:

  1. Rebus 30 gram temulawak, 60 gram krokot, 30 gram kunyit, dan sambiloto 15 gram dengan air sebanyak 600 ml. Pastikan anda telah mencuci bersih semua bahan sebelumnya. Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan air 200 ml saja.
  2. Kunyit 25 gram, temulawak 30 gram, sambiloto 15 gram, lidah buaya tanpa kulit 90 gram, dan 600 ml air. Biarkan sebentar sampai mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Saring lalu minum.

5. Menangkal Virus Dan Kuman

Kekebalan tubuh Anda memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan. Tubuh yang dibekali dengan sistem imunitas yang baik tidak akan mudah terserang kuman maupun virus yang membahayakan.

Ramuan herbal yang cukup jitu untuk Anda andalkan ialah temulawak. Rimpang ini mempunyai senyawa yang bersifat sebagai imonustimulan, yang mana akan bekerja melindungi tubuh dari penyakit dan mempertebal sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Meningkatkan stamina

Manfaat temulawak juga bisa Anda jadikan alternatif untuk memperkuat stamina. Temulawak yang dicampur dengan kunyit akan membuat tubuh Anda lebih bersemangat dan tidak gampang capek. Hal ini karena temulawak punya tonikum yang dapat mencegah tubuh agar tidak mudah lelah.

Adapun nilai plus lain yang bisa Anda peroleh dari temulawak ialah megobati radang lambung, sakit kuning, gangguan pada pencernaan, hepatitis, dan kolesterol tinggi.

Iklan

Tinggalkan Komentar

  1. luar biasa..terima kasih atas tulisan dan informasi nya
    .Terus menulis tentang manfaat dan bahaya tanaman herbal berikutnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *