Manfaat Terong Ungu

Terong merupakan salah satu sayuran yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Bentuknya lonjong dan berwarna ungu. Namun, terong ini juga memiliki variasi warna, yaitu ada yang berwarna hijau. Terong tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran saja, melainkan dapat memiliki banyak manfaat baik dibidang kesehatan maupun kecantikan.

Berdasarkan sejarahnya, terong berasal dari India yang kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Terong sangat mudah untuk dijumpai, harganya pun sangat terjangkau. Selain itu, terong juga kaya akan nutrisi dan senyawa aktif yang bagus untuk memelihara kesehatan anda.

Kandungan Senyawa Pada Terong Ungu

Berikut ini adalah beberapa kandungan nilai gizi dan senyawa yang terdapat di dalam terong ungu:

  1. Mengandung serat, protein, lemak, karbohidrat.
  2. Vitamin A, B, C, E dan vitamin K.
  3. Vitamin B1, B2, dan B3 yang mana ketiga vitamin tersebut dapat larut dalam air.
  4. Triptophan, folat
  5. Mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium.
  6. Senyawa nasunin yang merupakan antioksidan yang hanya di temukan pada kulit terong .

Manfaat Terong Ungu Dalam Bidang Kesehatan

1. Membantu menstabilkan asam lambung

Terong ungu dapat membantu mengontrol kadar asam lambung sehingga jumlahnya tidak berlebihan. Asam lambung sangat berbahaya saat jumlahnya melebihi batas normal. Hal ini dapat menimbulkan penyakit maag dan lain – lain.

2. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini pada umumnya ditandai dengan kulit menjadi lebih kusam, muncul keriput dan lain – lain. Kini terong ungu menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu anda untuk mencegah penuaan dini.  Kandungan senyawa dan nutrisi di dalam terong ungu menjadikannya sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Salah satu ciri dari proses pencernaan yang baik adalah terjadinya penyerapan zat – zat penting yang bersumber dari makanan yang anda konsumsi. Penyerapan gizi akan lebih baik saat organ – organ pencernan seperti lambung dan usus dapat bekerja normal.

4. Kaya akan protein.

Terong ungu banyak mengandung protein yang bagus untuk kesehatan otot. Protein memiliki banyak fungsi di dalam tubuh anda, yaitu untuk meregenerasi sel, sebagai alat transportasi di dalam tubuh, sebagai enzim dan lain – lain.

5. Meningkatkan ketajaman bola mata

Terong ungu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ketajaman bola mata sehingga dapat mencegah berbagai gangguan yang dapat membahayakan mata anda.

6. Mengatur kadar trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu lemak yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Selain itu, tingginya kadar trigliserida dapat menyebabkan terkena serangan jantung. Pada umumnya trigliserida meningkat akibat seseorang mengalami obesitas dan diabetes.

7. Meningkatkan fungsi otak

Senyawa nasunin yang terdapat dalam terong ungu dapat berfungsi sebagai pelindung membran sel saraf dan otak. Hal ini dapat mencegah terjadinya berbagai kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas.

8. Membantu memelihara kesehatan Tulang

Tulang membutuhkan berbagai macam mineral untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral tersebut antara lain adalah tembaga, magnesium, dan kalium. Selain itu, tulang juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang.

9. Membantu memelihara jantung

Adanya kandungan kalium pada terong ungu dapat membantu menstabilkan detak jantung sehingga mencegah anda terserang penyakit jantung.

10. Mengatur kadar gula dalam darah

Terong mengandung serat yang sangat banyak namun jumlah karbohidratnya rendah. Oleh karena itu, terong dapat digunakan untuk dikonsumsi mereka penderita diabetes. Hal ini dikarenakan senyawa pada terong dapat membantu mengatur glukosa dalam darah.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *